Cara Menghapus Akun Instagram Secara permanen

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen Terbaru – Tahun ini adalah tahun yang cukup mengejutkan dalam dunia media sosial. Salah satunya adalah Instagram, hampir sama dengan perusahaan induknya Facebook, media sosial ini memang tidak asing dengan skandal privasi yang aneh . Pada akhir 2018, dilaporkan bahwa ada celah keamanan di fitur Instagram melalui ‘Unduh Data Kamu’ , yang membocorkan kata sandi pengguna dalam teks biasa. Hal ini tentunya menjadi ironis, dikarenakan pada awalnya fitur diperkenalkan sebagai langkah untuk meningkatkan keamanan dan melindungi privasi dan data pengguna.

Setelah kebocoran kata sandi muncul, Instagram dengan cepat mengumumkan bahwa hanya sejumlah kecil pengguna yang berisiko dan masalah telah diselesaikan dengan cepat. Namun, ada beberapa hal dalam Instagram yang dianggap mengancam privasi penggunanya .  Misalnya, pengaturan default Instagram akan otomatis melacak lokasi pengguna , kecuali pengguna tersebut mematikannya secara manual. Data ini digunakan untuk menampilkan iklan yang relatif terhadap lokasi dimana pengguna menghabiskan banyak waktu. Selain itu,  Instagram membagikan aktivitas dalam aplikasi pengguna seperti suka, komentar, interaksi dengan cerita,dengan pengguna lain.

Lalu ada update layanan DM mereka yang datang di awal tahun 2018. Bukan hanya notifikasi ‘terlihat’ atau gelembung pengetikan yang membuat pengguna kesal, tapi notifikasi status aktivitas. Instagram sekarang memberi tahu pengguna ketika orang lain aktif, dan bahkan terakhir kali mereka aktif . Fitur ini adalah pengaturan default, tetapi dapat dinonaktifkan di bagian ‘Privasi dan Keamanan‘ pada pengaturan akun.

Baca Juga :  Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Nah, jika kamu ingin memang tidak ingin beerbagi beberapa hal dengan orang lain secara online, mungkin kamu pernah mempertimbangkan untuk menghapus atau menonaktifkan akun media sosial yang kamu miliki? Kali ini beritawarganet akan membagikan cara menghapus akun Instagram kamu secara permanen. Namun sebelumnya ada hal yang harus kamu pahami yaitu menonaktifkan akun dan menghapus akun, sehingga kamu bisa mempertimbangkannya dengan baik sebelum melakukan salah satu dari hal tersebut

Menonaktifkan vs Menghapus

Kamu dapat menonaktifkan dan menghapus akun Instagram Kamu secara permanen, tergantung pada keinginan kamu sendiri sob. Dengan Menonaktifkan akun, hal ini akan bersifat sementara , namun pada saat dinonaktifkan, baik akun , profil, pengikut, foto, suka, dan komentar akan disembunyikan dari pengguna lain. Dan untuk memulihkan semua informasi ini dan mulai menggunakan Instagram secara normal lagi, yang harus kamu lakukan hanyalah masuk kembali ke akun tersebut.

Sedangkan ketika kamu memilih untuk Menghapus akun Instagram, hal ini tidak bisa kamu batalkan  dan akun yang dihapus tidak dapat dipulihkan. Saat Kamu menghapus akun Instagram, semua data termasuk foto, pengikut, suka, dll. akan dihapus untuk selamanya . Dan jika nantinya Kamu ingin mendaftar ke Instagram lagi, Kamu tidak akan dapat menggunakan nama pengguna yang sama lagi, begitu pula orang lain.

Sudah dipikirkan baik baik? Jika kamu sudah mempertimbangkan kedua hal tersebut, berikut ini adalah Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Terbaru

Baca Juga :  5 Aplikasi Belajar Online Terbaik 2021

Menonaktifkan Akun Instagram

Pembaharuan terbaru, Kamu tidak bisa menonaktifkan Instagram melalui aplikasi, hal ini harus kamu lakukan melalui browser web di situs web Instagram. Jika Kamu ingin menghilang sejenak dari Instagram, Kamu dapat menonaktifkan akun dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk situs web Instagram , dan masuk ke akunmu dan klik ikon orang untuk membuka halaman profilmu.
  2. Kemudian pilih ‘ Edit Profil ‘, gulir ke bagian bawah halaman, dan klik ‘ Nonaktifkan sementara akun saya ‘.
  3. Kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan ‘ Mengapa Kamu menonaktifkan akun Kamu? ‘, kamu bisa memilih alasan dari menu drop down yang ada.
  4. Kemudian, masukkan kembali kata sandi dan pilih ‘ Nonaktifkan sementara akun ‘.
  5. Nah, sekarang Akun Instragram yang kamu miliki sudah dinonaktifkan dan akan disembunyikan dari pengguna lain. Hal ini akan berlaku hingga Kamu masuk kembali ke tersebut.

Sesuai kebijakan penggunaan Instagram, Kamu hanya dapat menonaktifkan akun Instagram seminggu sekali. Itu adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan akun Instagram yang bersifat sementara. Jika kamu memang ingin menghapus akun instagram, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini. Sebelum itu, kamu bisa loh mengunduh data Instagram yang kamu miliki dengan mengunduh data Instagram. Dengan langkah ini, Kamu bisa memiliki semua foto, video, dll. yang telah diposting dari waktu ke waktu. Karena setelah menghapus akun Instagram, semua data yang ada akan hilang selamanya dan tidak dapat diambil kembali. Berikut ini adalah cara mengunduh salinan data Instagram

Baca Juga :  Fenomena Matahari Terbit dari Barat Sempat Viral, Berikut Bantahan NASA

Mengunduh Data Instagram Kamu

  1. Buka profil Instagram Kamu dan pilih ‘Pengaturan ‘ (ikon roda gigi).
  2. Klik pada tab ‘ Privasi & Keamanan ‘ dan klik ‘ Minta Unduhan ‘.
  3. Masukkan alamat email yang digunakan untuk menerima tautan ke data Instagram, dan masukkan juga kata sandinya.
  4. Dalam 48 jam Kamu akan menerima email dengan tautan menuju data Instagram dengan judul ‘ Data Instagram Kamu ‘. Klik ‘Unduh Data’.

Jika kamu sudah benar-benar yakin inilah langkah langkah untuk menghapusakun instagram secara permanen

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Sama seperti menonaktifkan akun , ketika kamu ingin menghapus akun Instagram hanya dapat dilakukan melalui browser web . Untuk menghapus akun Instagram secara permanen, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke akun Instagram yang akan kamu hapus di situs web Instagram .
  2. Setelah masuk Buka halaman ‘ Hapus Akun Kamu ‘ Instagram . Pilih dari menu dropdown  alasanmu menghapus akun tersebut.
  3. Masukkan kata sandi Kamu dan klik ‘ Hapus akun saya secara permanen ‘.

Setelah mengklik tombol Hapus, maka Akun Instagrammu sekarang telah dihapus secara permanen. Itulah Cara Menghapus Akun Instagram Secara permanen. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah mempertimbangkannya baik-baik ya sob. Semoga bermanfaat!