Apa itu VPN dan Bagaimana Cara kerjanya? Hal Yang Perlu Anda Tahu

Apa itu VPN dan Bagaimana Cara kerjanya? Hal Yang Perlu Anda Tahu – Baik Anda berada di kantor perusahaan atau rumah, atau dalam perjalanan, VPN tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi privasi dan keamanan Anda di internet. Baik Anda bekerja dari kantor tradisional, kantor rumahan, atau dalam perjalanan, VPN adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda sendiri di internet. Tetapi seberapa efektif VPN itu, dan apa yang terbzaik untuk Anda? Apa kerugian menggunakan VPN? Pertama kita Akan membahas Apa itu VPN?

APA ITU VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Tujuan  VPN adalah memberi Anda keamanan dan privasi saat Anda berkomunikasi melalui internet. Masalah yang utama jika bekerja dengan menggunakan internet pada dasarnya tidak aman. Ketika internet pertama kali dirancang, prioritasnya adalah untuk dapat mengirim paket (potongan data) seandal mungkin. Jaringan di seluruh negeri dan dunia relatif baru. Sebagian besar protokol inti internet (metode komunikasi) dirancang untuk mengatasi kegagalan, daripada mengamankan data.

Aplikasi yang biasa Anda gunakan, baik email, web, perpesanan, Facebook, dll., Semuanya dibangun di atas inti Internet Protocol (IP) itu. Meskipun beberapa standar telah dikembangkan, tidak semua aplikasi internet aman. Banyak yang masih mengirimkan informasi mereka tanpa keamanan atau perlindungan privasi apa pun.

Hal ini membuat pengguna internet rentan terhadap penjahat yang mungkin mencuri informasi bank atau kartu kredit Anda, pemerintah yang mungkin ingin menguping warganya, dan pengguna internet lain yang mungkin ingin memata-matai Anda karena berbagai alasan jahat.

VPN membuat terowongan pribadi melalui internet terbuka. Idenya adalah bahwa semua yang Anda kirim dienkapsulasi dalam saluran komunikasi pribadi ini dan dienkripsi – bahkan jika paket Anda dicegat – mereka tidak dapat diuraikan. VPN adalah alat yang sangat kuat dan penting untuk melindungi diri Anda dan data Anda , tetapi mereka memiliki batasan.

Baca Juga :  Mengenal Jenis dan Layanan VPN

BAGAIMANA CARA KERJA VPN?

Mari kita mulai dengan ide dasar komunikasi internet. Misalkan Anda sedang berada di meja Anda dan ingin mengakses situs web seperti beritawarganet.com. Untuk melakukan ini, komputer Anda memulai permintaan dengan mengirimkan beberapa paket. Jika Anda berada di kantor, paket tersebut sering kali melakukan perjalanan melalui sakelar dan router di LAN Anda sebelum ditransfer ke internet publik melalui router.

Begitu berada di internet publik, paket-paket itu berjalan melalui sekumpulan komputer. Permintaan terpisah dibuat ke serangkaian server nama untuk menerjemahkan nama DNS beritawarganet.com ke alamat IP. Informasi itu dikirim kembali ke browser Anda, yang kemudian mengirimkan permintaan, lagi, melalui sekumpulan komputer di internet publik. Akhirnya, itu mencapai infrastruktur beritawarganet, yang juga merutekan paket-paket itu, mengambil halaman web (yang merupakan sekumpulan elemen terpisah), dan mengirimkan semua itu kembali kepada Anda.

Setiap permintaan internet biasanya menghasilkan serangkaian peristiwa komunikasi di antara banyak titik. Cara kerja VPN adalah dengan mengenkripsi paket-paket itu di titik asalnya, seringkali menyembunyikan tidak hanya datanya tetapi juga informasi tentang alamat IP asal Anda. Perangkat lunak VPN di pihak Anda kemudian mengirimkan paket-paket itu ke server VPN di beberapa titik tujuan, mendekripsi informasi itu. Salah satu masalah terpenting dalam memahami batasan VPN adalah memahami di mana titik akhir server VPN berada.