Angkutan Unik Indonesia, Nomor 6 bikin Kangen

Angkutan Unik Indonesia, Sudah Pernah Naik Belum? – Keragaman budaya yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya. Mulai dari rumah adat, pakaian hingga kuliner begitu beragam di Indonesia. Namun selain itu, keunikan yang ada juga terlihat pada jenis angkutannya loh. Nah kali ini beritawarga akan membagikan informasi mengenai 7 angkutan unik Indonesia yang wajib sobat warganet coba ketika liburan di beberapa daerah ini.

baca juga : Twibbon Hari Angkutan Nasional 2021

Jika warganet memiliki hobi traveling keliling Indonesia, sobat warganet akan menemukan beragam keunikan di tiap tiap daerah yang ada di Indonesia. Apakah di tiap daerah sobat juga memperhatikan keunikan ragam transportasi yang ada? Sebut saja becak yang mudah sekali ditemukan di semarang. Kendaraan yang di jalankan dengan tenaga manusia ini siap untuk mengantarkan sobat keliling menikmati keindahan kota semarang.

Baca Juga : Daftar Harga Bus Diatas 1 Milyar

Baca Juga :  Twibbon Hari Palang Merah Internasional 2021, World Red & Red Crescent Day

Namun, selain becak ada beragam angkutan unik Indonesia di daerah lainnya. Mungkin saja sobat pernah menaikinya dan akan membawa sobat mengingat kembali kenangan masa lalu. Hal ini dikarenakan angkutan unik Indonesia ini segkutananmakin tergerus oleh kendaraan modern yang ada. Langsung saja berikut ini daftar transportasi unik yang ada di Indonesia.

7 Angkutan Unik Indonesia

1. Cidomo

Gerobak mini yang juga ditarik oleh kuda berukuran mini ini bisa sobat warganet temukan di daerah Lombok, Nusa Tenggara. Cidomo adalah salah satu Angkutan Unik Indonesia yang masih eksis. Cidomo masih dipertahankan untuk melengkapi sektor wisata di Lombok yang tak kalah menariknya dari daerah lain di Indonesia.

Baca Juga Jenis Angkutan Umum Menurut UU No 22 Tahun 2009

2. Andong

Nah, kalau cidomo adalah gerobak yang ditarik oleh kuda mini, di Yogyakarta juga punya nih angkutan tradisional yang masih bisa sobat warganet temukan. Namanya adalah Andong

Saat berlibur di Yogyakarta, sobat harus dan wajib mencoba keliling kota Yogyakarta dengan menaiki Andong. Andong sendiri adalah angkutan unik Indonesia yang berupa kereta yang ditarik oleh kuda. Yang menjado ciri khas dari andong adalah jumlah roda yang ada di kereta. Andong memiliki roda berjumlah 4 buah.

Baca Juga :  Twibbon Hari Keluarga Nasional 2021, Gratis Download !!

3. Becak

Kalau nama becak pasti sobat warganet sudah tidak asing lagi. Kalian bisa dengan mudah menemukan transportasi unik ini ketika liburan di Semarang. Kalian bisa menyewa kendaraan ini untuk liburan keliling Lawang Sewu atau sekitaran Kota Lama Semarang.

Angkutan unik yang berupa sepeda dengan modifikasi bak berada di depan ini memiliki 3 roda. Selain di semarang, transportasi tradisional ini juga mudah sobat warganet temukan di daerah jawa tengah dan DIY.

4. Helicak

Helicak adalah singkatan dari helicopter dan becak. Becak yang dimodifikasi dari skuter Lambretta ini memiliki Bentuk yang mirip dengan helikopter. Angutan Unik Indonesia ini mulai beroperasi di Jakarta pada Maret tahun 1971 pasa saat pemerintahan Gubernur Ali Sadikin.

Kendaraan unik ini bisa memuat sampai 2 orang penumpang dewasa di dalam kabinnya.

Sayangnya kendaraan ini dilarang beroperasi lagi pada tahun 1987. Hal ini dikarenakan jika terjadi kecelakaan penumpanglah yang akan menjadi korban terlebih dahulu.

Baca Juga :  Daftar 3 Bansos yang Akan dibagikan Maret 2021

5. Bentor

Becak motor atau bentor juga salah satu kendaraan modifikasi yang digunakan untuk angkutan umum. Bentor sendiri dapat sobat warganet temukan pada saat liburan ke Medan.

6. Bemo

Generasi 90’an mungkin masih mengingat kendaraan yang satu ini. Bemo adalah kendaraan yang bisa ditemukan di Jakarta pada masanya. Kendaraan ini menyerupai mobil namun memiliki tiga roda. Berbeda dengan bajaj, Bemo sendiri cenderung lebih besar dan dapat memuat 5- 7 orang.

7.Perahu Klotok

Angkutan unik Indonesia ini bisa sobat temukan di Banjarmasin. Namanya adalah perahu klotok. Sobat warganet dapat menyusuri wisata sungai di sana dengan menggunakan perahu klotok ini loh.
Dengan kapal klotok, sobat akan diajak mengarungi Sungai Martapura menuju Pasar Terapung di Lok Baintan.
Sepanjang jalan sobat akan dimanjakan dengan latar foto yang ciamik.

Itulah 7 angkutan unik Indonesia yang memiliki ke khasan sendiri. Sobat warganet sudah pernah mencobanya belum?