Breaking News
apa iti adobe creative cloud

Apa Itu Adobe Creative Cloud? Kamu Harus Tahu

Apa itu Adobe Creative Cloud, Semua Fitur Untuk Pekerja Kreatif – Sobat warganet tentunya sering mendengar produk produk aplikasi dari Perusahaan software terkemuka Adobe. Bahkan hamper semua Perangkat memiliki salah satu aplikasi yang dikembangkannya. Contohnya saja adalah Adobe reader yang biasanya digunakan untuk membuka dokumen berekstensi PDF. Atau Adobe Photoshop yang sobat warganet gunakan untuk editing foto. Nah kali ini berita warganet akan membahas tentang Adobe Creative Cloud. Salah satu fitur yang akan mempermudah pekerja kreatif dalam mengerjakan proyek  yang dikerjakan.

Apa itu Adobe Creative Cloud?

Adobe Creative Cloud, juga terkadang disebut Adobe CC atau CC. Adobe CC adalah seperangkat aplikasi perangkat lunak yang digunakan  pada perangkat computer Mac OS dan Windows. Aplikasi ini bisa dan mempermudah pekerjaan para profesional kreatif, desain, dan pemasaran untuk membuat konten untuk dicetak, membuta video, dan distribusi online.

Selain digunakan pada computer, ada beberapa aplikasi dari Creative Cloud yang juga tersedia di perangkat iOS dan Android. Program atau aplikasi yang ada pada Creative Cloud dapat digunakan dalam beragam aplikasi grafis dan desain, mulai dari membuat pamflet hingga brosur hingga video, situs web, presentasi, retouching fotografi, dan banyak lagi. Aplikasi yang ada tentunya tidak akan terdengar asing di telinga sobat warganet. Karena aplikasi Creative Cloud yang tersedia secara individual, atau sebagai bagian dari paket aplikasi memang banyak digunakan oleh pekerja kreatif.

Baca Juga :  Cartridge, Kartrid Tinta, Kartrid Printer, Kartrid Toner

Baca Juga : Download Twibbon Hari Bidan Nasional 2021

Untuk Apa Creative Cloud Digunakan?

Secara umum, Creative Cloud dapat digunakan untuk hampir semua proyek yang berhubungan dengan  bidang desain grafis, pengeditan video, pengembangan web, ataupun fotografi.  Pada saat ini Aplikasi Adobe Creative Cloud memang sudah banyak digunakan oleh para profesional di bidangnya terutama pekerja kreatif.

Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, yang merupakan alat pengeditan video non-linear banyak digunakan untuk mengedit berbagai macam fitur video. Adobe Photoshop yang juga banyak digunakan oleh studio foto yang bisa menghasilkan gambar terbaik yang akan dicetak atau di bagikan ke media social. Atau InDesign yang digunakan untuk membuat desain cetak, dan surat kabar. Serta masih banyak aplikasi lain yang bisa sobat warganet gunakan.

Apa yang Bisa Dilakukan Creative Cloud?

Adobe Creative Cloud adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menkolaborasikan ide kreatif yang mucul. Hal ini dikarenakan Creative Cloud mencakup hampir semua yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mengerjakan proyek kreatif. Mereka dapat mengerjakan  proyek termasuk pengeditan video, desain seluler, dan bahkan sampai penerbitan desktop sebuah situs . Menariknya, Dokumen dan proyek Creative Cloud juga dapat disimpan di cloud atau penyimpanan awan yang tersedia. File yang mereka simpan tersebut tersedia di perangkat apa pun yang mungkin dimiliki pengguna. Tentunya dengan koneksi internet aktif untuk membukanya. Bahkan mereka juga dapat membagikannya dengan orang lain.

Baca Juga :  Snapseed Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Tidak Anda Gunakan

Baca Juga : Infinix Hot 10 Play, Walaupun Murah Performa Lumayan

Berapa Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses Creative Cloud?

adobe cc

Biaya yang sobat butuhkan untuk berlangganan Creative Cloud juga sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan sobat warganet sendiri.  dari 140 ribu hingga 700ribu per bulan. Hal tersebut tergantung pada opsi berlangganan yang dipilih. Ada beberapa opsi berlangganan yang bisa sobat warganet pilih.Contohya adalah Paket Fotografi Seperti namanya.

Paket Fotografi memang dirancang khusus bagi para Fotografer atau pecinta dunia Fotografi. Jika berlangganan paket ini sobat akan diberi akses untuk menggunakan aplikasi Lightroom CC, Photoshop CC, dan ditambah dengan penyimpanan cloud 1 TB atau 20 GB dengan harga sekitar 150 ribu per bulan. Atau paket full dengan harga 700ribuan. Sobat akan dapat menggunakan semua akses ke seluruh koleksi lebih dari 20 aplikasi desktop dan seluler Creative Cloud.

Selain itu, jika sobat warganet biasa menggunakan Aplikasi Tunggal, Sobat juga dapat memilih satu aplikasi desktop Creative Cloud (seperti Photoshop CC, Illustrator CC, atau Adobe XD CC) dan penyimpanan cloud dengan harga sekitar 280 ribu per bulan.

Baca Juga : Berikut Kode Redeem ” Free Fire” Update 18 Juni 2021, Buruan Cek Sebelum Hangus!!

Selain paket fotografi, sobat juga dapat memilih paket Video untuk medapatkan akses menggunakan atau memilih aplikasi seperti Adobe Premiere Pro, Premiere Rush, After Effect dan aplikasi lainnya. Ada juga Paket Design Graphic untuk aplikasi Adobe Illustrator dan beberapa paket lain yang tersedia. Sobat warganet dapat mengakses langsung menuju halaman web Adobe Creative Cloud untuk informasi yang lebih rinci.

Baca Juga :  Berikut Sejarah Perkembangan TIK

Cara Mengunduh Adobe Creative Cloud

Setelah sobat warganet memilih dan membayar paket langganan yang sesuai. Sobat warganet akan dapat mengunduh aplikasi Adobe Creative Cloud yang disertakan dalam paket tersebut dari dasbor pada akun yang dimiliki. Misalnya jika sobat warganet membeli paket Fotografi, opsi akan tersedia di Adobe.com (setelah masuk) untuk mengunduh Lightroom CC dan Photoshop CC.

Fitur tambahan seperti font dari Adobe Typekit atau gambar bebas royalti dapat diakses langsung dari dalam aplikasi. Versi seluler dari aplikasi Creative Cloud juga tersedia pada perangkat seluler melalui Playstore atau iTunes dan selanjutnya masuk ke akun Creative Cloud.

Baca Juga : Harga Emas Batangan Antham 17 Juni Turun Drastis

Aplikasi yang termasuk Creative Cloud

Sobat warganet dapat memilih lebih dari 20 aplikasi berbeda yang ada pada Creative Cloud. Sobat warganet dapat membeli lisensi secara individual atau dalam paket lengkap. Aplikasi tersebut diantaranya adalah

Acrobat :  memungkinkan pengguna untuk membuat, melihat, dan mengedit dokumen dalam format PDF. Acrobat sendiri terbagi menjadi dua komponen utama – Acrobat Professional atau Professional Extended (keduanya memungkinkan pengguna untuk membuat file PDF) dan Reader (yang memungkinkan pengguna untuk membaca file PDF).
After Effects :  adalah rangkaian grafis gerak dan pengomposisian digital.
Animate :  memungkinkan pengguna untuk mendesain animasi interaktif dengan teknik animasi vektor. Jenis animasi yang dibuat menggunakan Animate dapat dipublikasikan ke platform seperti Adobe Flash dan Adobe AIR, serta dalam format HTML5 dan WebGL.
Flash Builder :  lingkungan pengembangan terintegrasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Internet yang kaya, bersama dengan aplikasi desktop lintas platform, yang berjalan pada platform Adobe Flash.
Scout :  alat yang digunakan untuk membuat profil file SWF berbasis Flash.
Audition :  adalah editor audio digital Adobe. Perhatikan bahwa banyak kemampuan dari solusi Adobe sebelumnya, Soundbooth, telah diluncurkan ke Creative Cloud melalui Adobe Audition.
Bridge :  program organisasi yang menghubungkan berbagai bagian Creative Cloud bersama-sama.
Dreamweaver :  aplikasi pengembangan web kode/GUI.
Illustrator :  editor grafis vektor dan aplikasi ilustrasi. Illustrator dipandang sebagai produk pendamping Adobe Photoshop. Illustrator dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti pengaturan huruf, pembuatan logo, dan bidang serupa dalam area desain grafis yang lebih luas.
InCopy :  Pengolah kata yang digunakan untuk menulis cerita dan artikel yang nantinya akan dimasukkan ke dalam tata letak halaman, dibuat menggunakan InDesign
InDesign :  alat penerbitan desktop. Ini digunakan untuk membuat berbagai jenis materi seperti brosur, pamflet, poster, presentasi, buku (baik cetak maupun eBook), majalah, dan bahkan surat kabar. itu juga dapat digunakan untuk menerbitkan konten yang dirancang untuk perangkat tablet dengan bantuan Adobe Digital Publishing Suite.
Media Encoder :  alat untuk membantu mengeluarkan file video ke dalam format yang diinginkan.
Prelude :  alat untuk mengimpor dan mencatat media tanpa pita.
SpeedGrade :  alat untuk melakukan koreksi warna pada proyek yang dimulai di Premiere.
Dimensi :  cara bagi pengguna untuk membuat dan merender gambar 3D.
Muse :  memungkinkan desainer untuk membangun situs web tanpa perlu menulis kode yang rumit.
Photoshop :  editor gambar dan raster-grafis yang kuat. Photoshop mencakup banyak alat berbeda yang dapat digunakan untuk memanipulasi aspek apa pun dari foto digital seperti melukis, menggambar, mengukur dan navigasi, memilih, mengetik, dan retouching. Photoshop juga memungkinkan untuk grading warna dan adustments tingkat lanjut, cropping dan banyak lagi.
Photoshop Lightroom :  pengolah foto dan alat pengorganisasian gambar.
Premiere Pro :  solusi pengeditan video non-linear waktu nyata.
Behance :  layanan online berbasis media sosial yang dirancang bagi para profesional kreatif untuk membantu mereka membangun portofolio proyek.
Story Plus :  aplikasi berbasis Internet untuk penulisan skenario dan pra-produksi yang dirancang untuk mereka yang berkecimpung dalam industri film dan televisi. Story Plus terintegrasi ke dalam aplikasi Premiere Pro lain yang disertakan.
Spark :  serangkaian alat penceritaan visual yang mencakup Spark Video, Spark Page, dan Spark Post. Perhatikan bahwa dua aplikasi – Adobe Encore (dirancang untuk pembuatan disk video) dan Adobe Fireworks (editor gambar berbasis web) keduanya telah dihentikan oleh Adobe, tetapi masih tersedia sebagai unduhan untuk pengguna Creative Cloud. Creative Cloud juga menawarkan aplikasi seluler yang kompatibel dengan platform iOS dan Android. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada yang seperti
Adobe Capture CC :  ini dapat digunakan untuk mengubah gambar menjadi tema warna, pola, atau kuas unik. Capture dipecah menjadi serangkaian aplikasi yang lebih kecil termasuk Color CC, Shape CC, Hue CC, dan Brush CC.
Adobe Comp CC :  alat yang digunakan untuk tata letak perangkat lunak dan pembuatan desain. Perhatikan bahwa Adobe Comp CC hanya tersedia untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS, termasuk Apple iPhone serta iPad dan iPad Pro.
Illustrator Draw :  aplikasi menggambar vektor.
Photoshop Sketch :  aplikasi yang digunakan untuk menggambar ekspresif.
Adobe Preview CC :  aplikasi yang dirancang untuk melihat pratinjau desain seluler.
Adobe Premiere Clip :  versi seluler Adobe Premiere yang dirancang untuk proyek berbasis klip yang lebih kecil.
Adobe Photoshop Mix :  solusi yang menghadirkan pengeditan gambar berbasis lapisan ke perangkat seluler.
Adobe Photoshop Fix :  alat untuk restorasi gambar, retouching dan koreksi warna.
Lightroom Mobile :  versi seluler dari editor gambar Photoshop Lightroom berbasis desktop.
Baca Juga :  Aplikasi desktop Microsoft 365 Dan 10 Edisi Yang Tersedia

jadi setelah mengetahui apa itu Adobe Creative Cloud, apakah sobat ingin menggunakannya? Atau masih ragu? Sobat dapat mencobanya terlebih dahulu pada halaman resminya.