Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 Dengan Mudah – Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 – Microsoft OneDrive, adalah solusi penyimpanan dan berbagi berbasis cloud yang dimiliki oleh Microsoft, fitur ini akan aktif secara otomatis selama pengaturan awal atau “Out of Box Experience” (OOBE) di PC Windows.

OneDrive akan terikat dengan akun Microsoft yang kamu miliki kecuali kamu memilih konfigurasi yang berbeda. Meskipun ini adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk “dilupakan” selama penginstalan, atau kamu mungkin tidak ingin file yang kamu kerjakan di perangkat tersimpan di cloud di server Microsoft.

Baca Juga: Cara Cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check

Dan kamu mungkin lebih suka menyimpannya secara lokal di drive atau layanan pihak ketiga yang berbeda. atau alasan lain dimana kamu tidak ingin menyinkrokan file ke cloud. Maka ada Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 yang bisa kamu coba sob. Berikut ini adalah penjelasannya

Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11

Jika menurut kamu OneDrive tidak berguna untuk kebutuhan komputasi yang kamu lakukan. Kamu bisa menonaktifkannya dengan mudah kok. Misalnya, kamu mungkin lebih suka drive lokal dan menyimpan manajemen file di perangkat kamu sendiri. Atau, mungkin tidak memiliki sambungan jaringan terbatas atau terukur .

Baca Juga :  Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

Untungnya, dengan beberapa langkah, Kamu bisa menonaktifkan OneDrive di Windows 11, mencegahnya berjalan atau membuang-buang bandwidth jaringan.

Untuk mencegah OneDrive berjalan selama startup di Windows 11:

  1. Klik ikon OneDrive di baki sistem. Anda mungkin perlu mengeklik tanda panah di taskbar untuk menemukannya. (Pojok bawah)
  2. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas dan pilih Setting dari menu.
  3. Pastikan kamu memilih Setting dan Hapus centang opsi Start OneDrive automatically when I sign in to Windows di bagian menu General. Lalu klik OK

Baca Juga: Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, OneDrive tidak akan lagi diluncurkan secara otomatis saat kamu menyalakan PC. Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan sistem menu OneDrive, untuk menonaktifkan aplikasi startup di Windows 11 dengan men-disable opsi OneDrive.exe pada start up menu.

Cara Menonaktifkan OneDrive dengan Group Policy Editor

Metode lain yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan OneDrive jika menjalankan edisi Windows Pro, Enterprise, atau Education adalah dengan menggunakan Local Group Policy Editor . Namun yang perlu diperhatikan adalah Opsi ini tidak berfungsi pada edisi Home Windows 11. Cara menggunakan Group Policy di Windows 11 untuk menonaktifkan OneDrive adalah sebagai berikut

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk memunculkan kotak Run  .
  2. Ketik gpedit.msc dan klik OK atau tekan Enter
  3. Arahkan ke jalur berikut:
    Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > OneDrive
  4. Klik dua kali folder OneDrive dan klik dua kali kebijakan Prevent the usage of OneDrive for file storage
  5. Pilih tombol Disabled , klik Apply dan OK , dan keluar dari Group Policy Editor.
  6. Mulai ulang Windows 11 untuk memverifikasi OneDrive dinonaktifkan di PC kamu
Baca Juga :  Aplikasi Pinjol Yang Terdaftar OJK, Dengan Bunga Rendah

Baca Juga: Jawaban Membandingkan Dua Pamflet

Membatalkan Link Akun OneDrive

Selain mencegah OneDrive memulai, langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memutuskan tautan PC Anda. Setelah kamu memutuskan tautan komputer, komputer tidak akan lagi menyinkronkan file. Berikut ini adalah langkah untuk membatalkan tautan akun OneDrive di Windows:

  1. Luncurkan OneDrive di PC Anda, klik ikon roda gigi di pojok kanan atas, dan pilih Setting dari menu.
  2. Pilih tab Account yang ada di atas dan Klik pada pilihan tautan Unlink this PC.
  3. Verifikasikan bahwa kamu ingin memutuskan tautan akun di PC Anda dengan mengeklik tombol Unlink Account saat pesan verifikasi muncul.
  4. Setelah memutuskan tautan akun, ikon OneDrive akan tampak berwarna abu-abu dengan garis melalui ikon cloud. Arahkan mouse pada ke ikon, dan kamu akan melihat bahwa ada pesan OneDrive – Personal Not Signed in.
  5. Selanjutnya, jika ingin mangakses kembali, kamu harus masuk kembali ke akun OneDrive yang kamu miliki.

Baca Juga: Jawaban Membandingkan Informasi Lisan

Hapus instalan OneDrive di Windows 11

Cara lain untuk menyingkirkan OneDrive adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi. Menghapus instalannya sangat mudah dengan menggunakan aplikasi Pengaturan. Berikut ini adalah langkah untuk menghapus instalan aplikasi OneDrive di Windows 11:

  1. Tekan tombol Windows, pilih Setting dari menu Mulai atau gunakan pintasan keyboard tombol Windows + I
  2. Saat berada pada jendela Setting, klik tab Apps pada kolom kiri dan opsi Installed Apps di sebelah kanan
  3. Ketik OneDrive di bidang Pencarian di bagian atas, klik tombol tiga titik di sebelah kanan OneDrive, klik Uninstall , dan klik Uninstall lagi untuk memverifikasi.
Baca Juga :  Review Vivo X50 Pro+

Baca Juga: 10 Link Twibbon HUT Kota Tomohon 2023 ke-20, Cek Disini

Penutup

Demikianlah Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 yang bisa beritawarganet informasikan. Apakah kamu benar benar ingin menghapus aplikasi atau hanya memutuskan tautan PC kamu dari cloud. Dengan  menggunakan langkah-langkah di atas kamu bisa menghapus atau membatalkan tautan akun.

Namun, jika kamu menginginkannya kembali di masa mendatang, sebaiknya kamu memilih opsi batalkan tautan akun agar bisa masuk kembali nanti. Jika kamu ingin semua tanda itu hilang, hapus atau nonaktifkan melalui Kebijakan Grup.

Mungkin juga, Alasan lain kamu ingin menonaktifkan OneDrive di Windows 11 adalah karena kamu lebih suka menggunakan opsi pihak ketiga seperti Apple iCloud , Dropbox , atau Google Drive . Seperti OneDrive, layanan tersebut memungkinkan kamu untuk menyimpan dan berbagi file.