Cara cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check

Cara Cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check

Cara Cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check – Microsoft sudah merilis OS Terbaru yang bisa kamu gunakan di perangkat yaitu Windows 11. Namun, mungkin saja ada yang masih menggunakan OS lama yaitu Windows 10 karena mereka tidak yakin apakah perangkat yang digunakan kompatibel dengan WIndows 11?

Apalagi dengan daftar panjang fitur baru dan update yang disertakan dengan sistem operasi, beberapa perangkat akan menghadapi masalah saat menjalankannya. Untungnya, kamu bisa menggunakan Aplikasi Microsoft’s PC Health Check untuk menentukan apakah komputer yang kamu gunakan cocok untuk menggunakan Windows 11.

Pertama dan terpenting, tidak memeriksa apakah PC yang kamu gunakan bisa menggunakan perangkat lunak apa pun sebelum menginstalnya adalah hal yang bisa berdampak buruk.

Baca Juga: Cara Menghapus Bloatware dari Windows 11 dan 10 dengan Mudah

Apalagi melakukan kesalahan ini dengan menginstall sistem operasi baru, hal itu akan membawa bencana pada perangkat. Jika kamu tidak yakin, Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memeriksa apakah perangkat kompatibel dengan OS

Baca Juga :  5 Daftar Aplikasi Survey Online Untuk Android Terbaik

Mengapa harus mengecek kompabilitas terlebih dahulu?

  • Untuk meminimalkan kelambatan dan menghindari fitur yang tidak berjalan dengan benar.
  • Untuk mencegah perangkat keras kamu rusak karena kelelahan.
  • Untuk menghindari membuang-buang waktu harus mengembalikan sistem yang terinstall ke OS yang lebih lama.
  • Untuk mengetahui seberapa efisien perangkat kamu akan berjalan setelah OS baru diinstal.

Baca Juga: Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi

Setelah membaca alasan diatas, tentunya kamu sekarang ingin megecek kompabilitas perangkat kamu dengan OS Windows 11 bukan? Jika tidak mengetahui langkahnya, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini:

Cara Cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check

Menggunakan aplikasi PC Health Check cukup mudah. Sebelum menerapkannya untuk pengujian kompatibilitas Windows 11, unduh perangkat lunak melalui tautan ini (terbuka di tab baru). Setelah kamu membuka penginstal, yang akan memandu kamu melalui proses instalasi.

Baca Juga :  Review Xiaomi Redmi Note 9T

Cara Membuka Pemeriksaan Kesehatan PC

Di Windows, gunakan Cari di bilah tugas untuk mencari “Pemeriksaan Kesehatan PC”, lalu pilih dari daftar hasil. Jika pembaruan Pemeriksaan Kesehatan PC tersedia, kamu dapat menginstalnya dengan cepat untuk versi terbaru.

Aplikasi PC Health Check memberi kamu info terkini tentang kesehatan perangkat Windows, membantu kamu mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja perangkat dan memecahkan masalah kinerja. Aplikasi ini diperbarui secara berkala berdasarkan umpan balik pelanggan untuk membantu kamu memaksimalkan PC Windows yang kamu gunakan.

Jika saat ini kamu menjalankan Windows 10, Pemeriksaan Kesehatan PC memberikan pemeriksaan kelayakan menyeluruh untuk perangkat guna memastikannya memenuhi  persyaratan sistem minimum Windows 11 . Kamu akan mendapatkan info tentang alasan perangkat memenuhi syarat atau tidak, serta info tentang apa yang dapat kamu lakukan jika perangkat tidak memenuhi persyaratan. 

Baca Juga: Jawaban Mengenali Gaya Penulisan pada Teks Deskripsi di Media Sosial

Jika kamu sudah selesai mengunduh dan menginstal aplikasi, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa kelayakan Windows 11:

Baca Juga :  4 Aplikasi Anti Virus Smartphone Terbaik Untuk Kamu

Cara Cek kompatibilitas Windows 11

  1. buka aplikasi Microsoft’s PC Health Check.
  2. Di dekat bagian atas aplikasi, Anda akan melihat bagian berjudul “Introducing Windows 11”. Di bagian ini, klik tombol “Check Now”
  3. Tunggu beberapa saat sementara aplikasi memeriksa kompatibilitas komputer kamu dengan OS baru. Setelah menunggu, akan muncul jendela yang menunjukkan apakah komputer yang kamu gunakan bisa  menjalankan Windows 11 atau tidak. 
  4. Klik tombol “Learn More” untuk mendapatkan informasi tambahan tentang hasil dan Windows 11. Tombol ini akan membuka tab browser yang mengarah ke halaman Microsoft Windows 11 yang menampilkan informasi secara lengkap

Baca Juga: Cara Mengatasi Windows 11 Can’t Connect To This Network

Itulah Cara cek kompatibilitas Windows 11 dengan Aplikasi Microsoft Health Check. Dengan memeriksa kompabilitas perangkat akan membuat kamu lebih yakin untuk mengunduh pembaharuan OS ke Windows 11. Atau jika tidak kompatibel, kamu bisa dengan miudah menentukan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!