Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi

Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi

Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang jawaban menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi halaman 11 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII.

Baca dan pahami materi di bawah tentang memahami unsur Bahasa dalam teks deskripsi. Kemudian jawablah soal tentang membuat kalimat perincian.

Jawaban ini dibuat untuk mempermudah sobat dalam belar. Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Jawaban Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi Halaman 11

Memahami Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha menggambarkan kesan dari hasil pengamatannya terhadap suatu objek kepada pembaca. Berikut adalah ciri dan tujuan teks deskripsi.

Baca Juga : Jawaban Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 3 Silsilah Keluarga IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

(1) Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana tertentu.

(2)Melibatkan pancaindra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan) untuk menggambarkan objek.

(3) Bertujuan agar pembaca seolah-olah dapat melihat atau merasakan sendiri objek yang dideskripsikan.

(4) Menjelaskan ciri-ciri objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita berkomunikasi menggunakan deskripsi. Tujuannya adalah menciptakan imajinasi pembaca sehingga ia seolah-olah melihat, mengalami, dan merasakan sendiri apa yang dialami oleh penulisnya.

Teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan objek dengan cara melukiskan objek dari sudut pandang penulis. Melalui teks deskripsi, pembaca atau pendengar dapat membayangkan bentuk, rasa, rupa sebuah benda, atau suasana sebuah tempat atau peristiwa sehingga mereka akan lebih mudah memahami dan tertarik dengan penjelasan kita.

Isi teks deskripsi menggambarkan suatu objek secara konkret atau nyata; benar-benar ada (berwujud, dapat dilihat, diraba, dan sebagainya). Lalu, objek tersebut dilukiskan secara lebih jelas menggunakan kalimat perincian; yaitu kalimat yang menyebutkan atau menguraikan suatu objek sampai ke bagian yang sekecil-kecilnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsur-Unsur Budaya

Baca Juga : Jawaban Mengenali Gaya Penulisan pada Teks Deskripsi di Media Sosial

kata konkret + kalimat perincian

Kata konkret adalah kata yang mudah diserap pancaindra. Misalnya, buku, meja, rumah, kuda. Untuk mencapai tujuan teks deskripsi, kita harus melukiskan bagian-bagian yang penting sedetail mungkin dengan menggunakan kalimat perincian. Misalnya, jika kita melukiskan betapa indahnya laut dalam di Wakatobi, kita harus memerinci situasi di dalam laut yang indah itu selengkap-lengkapnya sehingga pembaca dapat membayangkan bagaimana jika dia sendiri yang sedang menyelam di Wakatobi. Apakah terumbunya yang cantik, ikan-ikannya yang beraneka ragam, atau hal lain?

Kegiatan 4

Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi

Bandingkan dua gambar berikut. Menurutmu, deskripsi mana yang membuatmu ingin mencicipi kue balok ini?

  1. Ayo, membuat kalimat perincian! Kalian dapat menuliskan kembali kalimat deskriptif yang berisi penjelasan perinci dari wacana “Menyelisik Ragam Bahasa dalam Teks Deskripsi”.

Jawaban :

Kalimat Kalimat Perincian
 

Kami berangkat pagi sekali.

Kota Takengon masih gelap dan sepi saat kami berangkat pagi itu.
Pemandangan matahari terbit di Pantan Terong sangat cantik. Saat tiba di Pantan Terong matahari telah terbit memancarkan sinarnya.
Danau Laut Tawar indah sekali pada pagi hari. Kami menikmati keindahan Danau Laut Tawar bersama keluarga di pagi hari saat matahari bersinar terang.
Jalan ke arah bukit Pantan Terong mengerikan. Meskipun jalanan ke arah Pantan Terong menanjak dan curam, kami menikmati perjalanan tersebut.
Ada banyak latar indah untuk berswafoto di Pantan Terong. Tidak hentinya kami berswafoto untuk mengabadikan indahnya pemandangan Pantan Terong.

Kesimpulan

Baca Juga : Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi halaman 11 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Semoga pembahasan di atas dapat membantu sobat dalam belajar.

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak benar dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.