Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks deskripsi halaman 5 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII.

Jawaban yang disajikan terdapat dalam BAB 1, Jelajah Nusantara, buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII, yang merupakan bagian dari materi “Memahami Isi Teks Deskripsi”.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya sobat baca terlebih dahulu teks berjudul Pantan Terong. Setelah itu jawablah pertanyaan terkait teks tersebut sesuai dengan pemahaman sendiri. Berikut penjelasan selengkapnya, simak yuk !

Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi Halaman 5

Kegiatan 1:

Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Membaca

Rafa menghabiskan akhir pekan bersama keluarganya. Kali ini mereka berwisata ke sebuah puncak yang sedang populer di Aceh, yaitu Pantan Terong. Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya. Ia sering membacanya di internet. Kali ini ia dapat menyaksikan keindahan tempat ini dengan matanya sendiri. Setiba di rumah, ia pun segera menuliskan pengalamannya ini di blognya.

Baca Juga : Jawaban Menentukan Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Buku Drama

Pantan Terong  yang Instagramable

Pantan Terong adalah nama tempat wisata yang sedang populer di Kota Takengon. Akhirnya, aku menginjakkan kaki juga di sini. Kalau kalian berkunjung ke Aceh, sempatkan mampir juga ke bukit yang instagramable ini, ya. Aku jamin, kalian tidak akan merasa rugi!

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 7, Profil Pelajar Pancasila

Kami berangkat dari Banda Aceh pukul 01.00 siang. Pukul 08.00 malam kami tiba di rumah Paman di Kota Takengon. Setelah makan malam, Paman menyuruh kami bergegas tidur. Kami akan pergi segera setelah salat subuh. Siapa tahu kami bisa menyaksikan matahari terbit di Pantan Terong!

Kota Takengon masih gelap dan sepi saat kami berangkat pagi itu. Hanya dalam waktu 15 menit, kami sudah tiba di jalan mendaki ke arah puncak bukit. Wow, jalanan kecil itu menanjak dan curam dengan tikungan-tikungan yang tajam! Deg-degan sekali rasanya. Untung Paman lihai mengendarai mobil. Kata Paman, hanya mobil berkondisi prima yang bisa memanjat jalanan securam ini. Untung saja ketegangan itu segera berakhir. Sesampai di atas, Paman memarkir mobil di luar pagar dan kami pun masuk ke dalam.

Dari ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut, kami dapat melihat warna langit yang jingga terkena semburat sinar matahari di balik deretan gunung-gunung yang kokoh. Warna itu kontras sekali dengan perbukitan yang hijau, perkebunan, lembah-lembah yang sangat cantik, dan Kota Takengon yang terlihat kecil dari sini. Oh ya, kalian juga dapat melihat Danau Laut Tawar yang seperti berkilau diterpa sinar matahari pagi. Pokoknya rasa kantuk karena bangun pada pagi buta tadi sudah terbayar dengan pemandangan cantik ini. Kata Paman, kalian juga dapat menikmati pelangi yang muncul setelah hujan. Wah, aku jadi penasaran! Lain kali aku harus ke sini lagi.

Baca Juga : Jawaban Menemukan Nilai yang Terkandung dalam Buku Pengayaan

Nah, matahari sudah makin tinggi, waktunya untuk swafoto. Wah, banyak sekali latar yang dapat dipilih untuk swafoto! Ada ayunan di depan tulisan Pantan Terong yang dicat senada dengan warna bendera pusaka, merah dan putih. Apabila kalian berswafoto di sana, kalian akan mendapatkan latar lembah yang mengepung Kota Takengon di kejauhan. Keren, kan?

Baca Juga :  Apa Saja Langkah-Langkah yang Terdapat pada Algoritma Selection Sort?

Bagus, ya? Pasti kalian tidak tahu aku sedang menggigil kedinginan.

Setelah berswafoto, apa lagi? Di sini kalian pun dapat mencicipi aneka jenis sajian kopi asli Tanah Gayo. Kalian dapat memilih berbagai varian minuman kopi, seperti espresso, cappuccino, mochacino, hingga latte. Makin siang makin banyak pengunjung berdatangan. Matahari makin tinggi dan hawa sejuk memeluk kami. Angin yang bertiup memainkan rambut dan berputar di sekeliling tubuh membuat kami ingin berswafoto lagi dan lagi.

Sebelum pulang, ibuku membeli suvenir yang berbentuk kopi gayo. Katanya, kita harus membantu perajin lokal. Nah, tunggu apa lagi? Dengan mengunjungi Pantan Terong, kalian pun ikut mempromosikan wisata dan kerajinan lokal. Segera berwisata ke Aceh dan menikmati kecantikan Pantan Terong, ya!

Setelah membaca pengalaman Rafa, jawablah pertanyaan di bawah ini!

Baca Juga : Jawaban Menentukan Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Sebuah Buku Pengayaan (Nonfiksi)

  1. Apa objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa di atas?
  2. Di kota mana objek tersebut berada?
  3. Pada pengantar tulisan, mengapa disebutkan Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya?
  4. Tuliskan kembali dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut!
  5. _____________________________________________________
  6. _____________________________________________________
  7. Tempat wisata tak hanya menyuguhkan pemandangan yang instagramable, tetapi juga kisah di balik terbentuknya bentang alam, cerita di balik pembuatan cendera mata, serta makanan khas daerah tersebut. Kegiatan apakah yang pernah kalian lakukan saat berwisata selain mendokumentasikan keindahan tempat tersebut?
  8. “Jangan ambil apa pun selain foto, jangan bunuh apa pun selain waktu, dan jangan tinggalkan apa pun selain jejak kakimu,” merupakan ungkapan penting yang perlu dicamkan oleh pengunjung tempat wisata. Menurut kalian, apa maksud pernyataan tersebut?
Baca Juga :  Kunci Jawaban Lembar Kerja halaman 86 Hubungan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jawaban    :

  1. Objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa adalah Pantan Terong yang Instagramable.
  2. Objek tersebut berada di Kota Takengon, Aceh.
  3. Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya karena bukitnya indah dan instagramable.
  4. a. “Pokoknya rasa kantuk karena bangun pada pagi buta tadi sudah terbayar dengan pemandangan cantik ini.”
    b. “Wah, banyak sekali latar yang dapat dipilih untuk swafoto!”
  5. Selain mendokumentasikan keindahan tempat, saya juga melihat proses pembuatan kerajinan tangan yang khas, seperti pembuatan batik tulis.
  6. Pengunjung wisata tidak diperkenankan untuk mengambil apapun baik benda, hewan, atau tanaman di tempat tersebut, pengunjung juga tidak boleh merusak tumbuhan dan menyakiti atau bahkan membunuh hewan di tempat wisata, dan tidak boleh mengotori tempat wisata seperti membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya.

Kesimpulan

Baca Juga : Cara Mengubah Power Mode di Windows 11

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks deskripsi halaman 5 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Semoga pembahasan di atas dapat membantu sobat dalam belajar.

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak benar dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi yang dipublish pada Januari 14, 2023 di website Berita Warganet

Artikel Terkait