Jawaban Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

Jawaban Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

Jawaban Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi – Halo sobat, dalam artikel ini akan dibahas tentang jawaban mengenali tanda baca dalam teks deskripsi halaman 30 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah dan pahami terlebih dahulu tentang materi kegiatan 9 mengenali tanda baca dalam teks deskripsi. Setelah itu kerjakanlah tugas terkait dengan pemahaman sendiri. Untuk penjelasan selengkapnya mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi Halaman 30

Kegiatan 9:

Mengenali Tanda Baca dalam Teks Deskripsi

Baca Juga : Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 Dengan Mudah

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Misalnya:
  2. Ardi menikmati kopi gayo.
  3. Papandayan adalah salah satu gunung api aktif jenis strato dengan ketinggian 2.662 mdpl.
  4. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam.
  5. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Misalnya: Jakarta, Jalan Dago, Kabupaten Garut, Sungai Musi, Gunung Papandayan.
  6. Tanda Koma
  7. Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan. Misalnya: Ia membeli kopi, kain, dan tas sebagai oleh-oleh untuk para sahabatnya.
  8. Tanda koma dipakai sebelum kata penghubung seperti tetapi, melainkan, sementara dan sedangkan dalam kalimat majemuk setara. Misalnya: Lili mengambil foto, sementara Fajar memilih menikmati secangkir kopi.
  9. Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimatnya. Misalnya: Kalau lulus ujian, ayah akan mengajak saya ke Pulau Bali.
  10. Tanda koma dipakai di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat, seperti oleh karena itu, jadi, dengan demikian, sehubungan dengan itu, dan meskipun demikian. Misalnya: Gunung Papandayan telah meletus beberapa kali. Meskipun demikian, kawah hasil letusan dan hutan mati menjadi daya tarik wisata ini.
  11. Tanda koma dipakai sebelum dan/atau sesudah kata seru seperti o, ya, wah, aduh, hai. Tanda koma juga dipakai sebelum dan/atau sesudah kata sebagai sapaan, seperti Bu, Dik, atau Nak. Misalnya: Wah, indah sekali pemandangan di Pantan Terong! Kamu setuju kan, Nak?
Baca Juga :  Kunci Jawaban " Ir. Soekarno, Sang Proklamator"

4.Kata depan, seperti di, ke, dan dari, ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Misalnya:

  1. Di mana Toko Kopi Djawa?
  2. Dia ikut berlibur ke Yogyakarta.
  3. Ia berasal dari Kota Musik.

Sekarang kalian akan menyunting teks “Berkunjung ke Negeri di Atas Awan”. Cermatilah penggunaan huruf kapital dan tanda koma, lalu lengkapi dengan kata depan, ya!

Baca Juga : Jawaban Membandingkan Informasi Lisan

Berkunjung ke Negeri di Atas Awan

Selamat malam kakak-kakak selamat datang _____ desa denge. desa ini adalah desa terdekat _____ wae rebo. malam ini kalian akan menginap di sini, lalu besok pagi kita akan memulai perjalanan menuju wae rebo.

dalam perjalanan esok kita akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki. karena itu silakan kakak-kakak menyiapkan sebuah tas ransel yang berisi keperluan untuk menginap semalam. kenakan juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. karena sekarang sedang musim hujan sebaiknya kenakan celana training atau celana panjang untuk menghindari lintah. o ya jangan lupa juga untuk membawa jas hujan dan baju hangat karena malam ______ wae rebo pasti dingin. Untuk persiapan perlengkapan ada yang mau ditanyakan dahulu kak?

saya lanjutkan ke perjalanan kita esok ya. ______ denge kita akan naik mobil melewati jembatan yang melintasi sungai wae lomba. Setelah itu kita akan berjalan kaki kira-kira 3 jam lamanya sebelum tiba ______ poco roko atau pos 2. di sini kita akan beristirahat sebentar. lalu kita akan melanjutkan perjalanan melintasi hutan lebat menuju pos terakhir. di sini saya akan memukul kentungan sebagai tanda bahwa ada tamu yang akan berkunjung. kita akan menunggu sampai terdengar kentungan jawaban ______ wae rebo.

Baca Juga :  Jawaban Pronomina Dalam Teks “Membeli Tas”

setibanya _____ gerbang desa kita tidak boleh mengambil gambar atau melakukan apa pun sebelum menghadap kepala adat. maka kita akan langsung menuju _____ rumah gendang untuk mengikuti upacara adat waelu. upacara ini dipimpin oleh kepala adat sebagai ungkapan selamat datang kepada para wisatawan. selain penyambutan kita juga akan diberkati dengan doa-doa agar selamat aman dan tidak ada gangguan selama berkunjung ______ wae rebo. cukup jelas ya kak?

kakak-kakak akan menginap semalam ______ mbaru niang. kalian akan merasakan bagaimana kehidupan _______ wae rebo dengan bersosialisasi langsung dan mengikuti beberapa kegiatan khas wae rebo yaitu menanam dan mengolah biji kopi juga menenun songket.

Baca Juga : Jawaban Membandingkan Dua Pamflet

Jawaban :

Selamat malam Kakak-kakak selamat datang di Desa Denge. Desa ini adalah desa terdekat dari Wae Rebo. Malam ini kalian akan menginap di sini, lalu besok pagi kita akan memulai perjalanan menuju Wae Rebo.

Dalam perjalanan esok, kita akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki. Karena itu, silakan Kakak-kakak menyiapkan sebuah tas ransel yang berisi keperluan untuk menginap semalam. Kenakan juga pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Karena sekarang sedang musim hujan, sebaiknya kenakan celana training atau celana panjang untuk menghindari lintah. O ya, jangan lupa juga untuk membawa jas hujan dan baju hangat karena malam di Wae Rebo pasti dingin. Untuk persiapan perlengkapan ada yang mau ditanyakan dahulu, Kak?

Baca Juga :  Obyek material ilmu keolahragaan adalah

Saya lanjutkan ke perjalanan kita esok ya. Ke Desa Denge kita akan naik mobil melewati jembatan yang melintasi sungai Wae Lomba. Setelah itu kita akan berjalan kaki kira-kira 3 jam lamanya sebelum tiba di Poco Roko atau pos 2. Di sini kita akan beristirahat sebentar, lalu kita akan melanjutkan perjalanan melintasi hutan lebat menuju pos terakhir. Di sini saya akan memukul kentungan sebagai tanda bahwa ada tamu yang akan berkunjung. Kita akan menunggu sampai terdengar kentungan jawaban dari Wae Rebo.

Setibanya di gerbang desa kita tidak boleh mengambil gambar atau melakukan apa pun sebelum menghadap kepala adat. Maka kita akan langsung menuju ke rumah Gendang untuk mengikuti upacara adat Waelu. Upacara ini dipimpin oleh kepala adat sebagai ungkapan selamat datang kepada para wisatawan. Selain penyambutan kita juga akan diberkati dengan doa-doa agar selamat aman dan tidak ada gangguan selama berkunjung di Wae Rebo. Cukup jelas ya Kak?

Kakak-Kakak akan menginap semalam di Mbaru Niang. Kalian akan merasakan bagaimana kehidupan di Wae Rebo dengan bersosialisasi langsung dan mengikuti beberapa kegiatan khas Wae Rebo yaitu menanam dan mengolah biji kopi juga menenun songket.

Baca Juga : Jawaban Menilai Pamflet Wisata

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban mengenali tanda baca dalam teks deskripsi halaman 30 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Semoga pembahasan di atas dapat membantu sobat dalam belajar.

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak benar dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.