Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang

Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang – Walaupun memiliki banyak pesaing dan banyak laporan yang meyebutkan cela dari Aplikasi perpesanan yang satu ini. Namuin dominasi WhatsApp di sektor perpesanan instan tetap tak tertandingi. Selama bertahun-tahun, WhatsApp telah menambahkan beberapa fitur yang semakin memanjakan pengguna termasuk dukungan multi-perangkat. Namun, tetap saja aplikasi ini terus menghadapi beberapa masalah dan bug hingga saat ini. Di antaranya, masalah ‘kontak tidak muncul di WhatsApp’ yang banyak dialami oleh pengguna.

Kali ini beritawarganet akan memberikan informasi mengenai Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang. Kenapa sih hal ini bisa terjadi?

Dalam beberapa kasus, masalah terjadi setelah kamu memindahkan WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam kasus pertama, masalahnya bisa disebabkan karena bug dalam cara WhatsApp menyinkronkan kontak yang disimpan di ponsel kamu sob.

Baca Juga : Download Kalender 2023 Lengkap Semua Format, PDF, PNG, JPEG!

Masalah juga bisa terjadi pada perangkat yang baru saja diperbarui ke versi perangkat lunak baru. Hal ini memungkinkan ponsel atau aplikasi mengubah izin yang diberikan ke WhatsApp. Pokoknya, apa pun akar masalahnya, kamu bisa mencoba beberapa langkah yang bisa membantu kamu menyelesaikannya! Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba sendiri

Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang

Seperti disebutkan di atas, bergantung pada penyebab masalahnya, solusi untuk memperbaiki masalah ini berbeda-beda. Namun ada baiknya kamu cek kembali terlebih dahulu apakah kontak yang kamu maksud memang kamu simpan di ponsel kamu.

Baca Juga :  Review Poco M3

Mungkin saja, kamu memang belum menyimpan kontak dari temanmu di ponsel kamu saat ini. Jika kamu sudah mengeceknya dan memang kamu sudah menyimpan komtak mereka. Di bawah ini adalah beberapa solusi paling umum untuk masalah kontak yang hilang pada Whatsapp. 

Cek izin yang diberikan kepada WhatsApp

Android menjadi sangat aman selama bertahun-tahun. Konsekuensi yang tidak diinginkan dari hal ini adalah semua aplikasi sekarang memerlukan izin pengguna eksplisit untuk mengakses data yang disimpan di ponsel kamu Salah satunya juga adalah kontak pada Ponsel.

Baca Juga : Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka, Buka Sampai 20 Januari! Daftar Sekarang

Jika ponselmu tiba-tiba berhenti menampilkan nama kontak WhatsApp, ini adalah hal pertama yang perlu kamu coba lakukan. Yaitu dengan mengecek kembali izin yang diberikan pada Whatsapp. Untuk mengeceknya berikut ini adalah langkahnya 

  1. Buka  aplikasi Setelan .
  2. Ketuk Aplikasi  atau Manajemen aplikasi  ( Tergantung pada ponsel yang kamu gunakan ya sob)
  3. Ketuk daftar Aplikasi dan gulir ke bawah ke WhatsApp.
  4. Ketuk Izin .
  5. Pilih opsi Kontak .
  6. Pastikan kamu sudah memberikan akses ke kontak dalam opsi ini.
  7. Jika izin sudah diberikan, sebaiknya pilih Jangan izinkan  sekali lalu ketuk Izinkan  sekali lagi.

Setelah kamu mencoba langkah diatas, kamu bisa mencoba untuk membuka Aplikasi Whatsappmu dan mengcek apakah kontak pada Whatsapp sudah kembali atau masih hilang? Jika tidak, kamu bisa mencoba langkah kedua.

Segarkan kontak WhatsApp

Jika nama kontak pada Aplikasi Whatsaap masih tidak muncul setelah kamu memberikan izin. Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalajh dengan menggunakan opsi Segarkan kontak  di WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  1. Buka WhatsApp dan ketuk pada tombol obrolan yang ada di sudut kanan bawah.
  2. Ketuk   (tiga titik) di pojok kanan atas.
  3. Ketuk Segarkan
Baca Juga :  Review Vivo X50 Pro+

Baca Juga : Cara Membuat Label Undangan Presisi, Siap Print!

Butuh beberapa detik bagi WhatsApp untuk memindai daftar kontak kamu dan mungkin akan mengembalikan nama kontak yang tadinya hilang pada Whatsapp. Nah, jika kedua solusi diatas, tidak cukup untuk mengembalikan kontak Whatsapp kamu yang hilang.

Kamu bisa mencoba Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang dengan langkah yang sedikit lebih ekstrim sob. Namun cara ini bisa jadi memperbaiki permasalahan kamu. Yuk kita cek

Paksa Sinkronisasi WhatsApp

Seperti disebutkan diatas, jika kedua opsi tidak bisa memperbaikinya. Kamu bisa menggunakan Sinkronisasi Paksa Whatsapp. Berikut ini adalah langkahnya

  1. Buka  aplikasi Pengaturan  di ponsel kamu
  2. Pilih  Pengguna dan akun  atau Kata sandi dan akun .
  3. Pilih WhatsApp dari daftar lalu ketuk Sinkronisasi akun .
  4. Ketuk tombol sakelar di sebelah kontak untuk memaksa ponsel melakukan sinkronisasi kontak.
  5. Periksa apakah kontak muncul kembali di WhatsApp.

Baca Juga : Cara Membuat Garis Mengikuti Foto Di Photoshop Untuk Thumbnail Youtube

Hapus akun WhatsApp

Jika dengan melakukan WhatsApp Sync tidak juga memecahkan masalah yang ada, langkah selanjutnya bisa dibilang cukup ekstrim sob yaitu dengan penghapusan akun WhatsApp dari ponsel. Namun, sebelum melanjutkan lebih jauh, pastikan kamu sudah mencadangkan semua obrolan ke Google Drive. 

Setelah berhasil mencadangkan obrolan WhatsApp, buka menu yang sama seperti sebelumnya (kata sandi dan akun). Namun kali ini kamu pilih opsi Hapus akun .

Baca Juga :  3 Jenis Hak Cipta Copyright di Dunia Digital

Selanjutnya, kamu akan menerima peringatan yang mengatakan melakukan ini akan menghapus semua pesan, kontak, dan data lainnya. Tenang saja, Jika kamu sudah mencadangkan obrolan ke Google Drive, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang hal ini. Klik pada pilihan Hapus akun .

Setelah ini selesai, penginstalan WhatsApp di ponsel kembali seperti baru dan kamu bisa mencoba menyiapkan akun lagi. Setelah mengaturnya, tunggu beberapa saat hingga WhatsApp menyinkronkan kontak dan memulihkan semua pesan dari Google Drive sebelum menggunakannya secara normal. Sekarang cek kembali kontak Whatsappmu apakah sudah kembali dan tidak ada kontak yang hilang?

Baca Juga : Jawaban Menjelaskan Makna Kias dalam Teks Cerita (Novel) Sejarah

Uninstall/Reinstall WhatsApp

Jika semua metode yang ada diatas masih belum juga mengatasi masalah kontak whatsapp yang hilang alias gagal, opsi terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan menghapus dan menginstal ulang WhatsApp di perangkat kamu.

Namun, sebelumnya cek pada google play store terlebih dahulu, apaka kamu saat ini menggunakan versi baru WhatsApp tersedia untuk diunduh? Jika belum, Pastikan kamu menginstal update versi terbaru terlebih dahulu dan periksa apakah masalahnya telah teratasi. Jika kamu sudah menggunakan versi terbaru, dan kontakmu masih belum kembali saatnya untuk menginstal ulang sepenuhnya. 

Penutup

Kontak yang hilang pada aplikasi Whatsapp memang bisa jadi sangat menjengkelkan. Terkadang kita baru menyadari hal ini pada saat saat yang kita butuhkan. Namun, kamu bisa mencoba beberapa Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Mungkin dari beberapa solusi diatas bisa mengatasi masalah kamu ya sob. Semoga bermanfaat!

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Memperbaiki Kontak WhatsApp yang Hilang yang dipublish pada Januari 3, 2023 di website Berita Warganet

Artikel Terkait