Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka, Buka Sampai 20 Januari! Daftar Sekarang

Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka, Buka Sampai 20 Januari! Daftar Sekarang

Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka, Buka Sampai 20 Januari! Daftar Sekarang – Sobat warganet, Kampus Merdeka adalah salah satu bagian kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem. Kebijakan tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuannya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Saat ini, Ada banyak program unggulan Kampus Merdeka di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud) yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa loh. Salah satunya adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Kamu bisa mengikuti program tersebut melalui platform Kampus Merdeka Kemdikbud 2023.

Saat ini ada beberapa program magang merdeka yang sudah dibuka semenjak 15 Desember 2022 kemarin. Namun tenang saja, proses pendaftaran program ini akan dibuka sampai dengan tanggal 20 Januari nanti. Jadi kamu masih memiliki kesempatan untuk mengikuti program ini sob.

Baca Juga: Cara Download CarX Street di Android, Game Balap Open World Baru

Namun jika kamu masih bingung cara pendaftarnnya, tenang saja, beritawarganet sudah merangkumkan Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka. Jadi kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya!

Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka

Namun sebelum kamu mendaftar pada program Magang atau Studi Independen, pastikan sobat warganet sudah membuat akun Kampus Merdeka. Jika belum memiliki akun Kampus Merdeka kamu bisa mengikuti langkah berikut ini ya!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.7 halaman 144 dan 145 Percobaan Sumber Energi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Sebelum mendaftar pada program Magang atau Studi Independen, pastikan Anda sudah membuat akun Kampus Merdeka. Jika belum memiliki akun Kampus Merdeka, silakan ikuti panduannya dengan klik di sini. Jika sudah membuat akun kampus merdeka, Berikut cara mendaftar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat:

  • Pertama, Kunjungi website Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke akun kamu ya sob
  • Selanjutnya lakukan langkah berikut:
    • Jika ingin mendaftar ke program Magang, klik “Magang Bersertifikat” lalu klik “Cari Posisi Magang”.
    • Jika ingin mendaftar ke program Studi Independen, klik “Studi Independen Bersertifikat” lalu klik “Cari Kelas Studi Independen”.
  • Kamu bisa melihat kegiatan atau lowongan yang tersedia dan melakukan filter kegiatan yang diinginkan dengan klik “Tambah Filter”, kemudian klik “Cari”
  • Pilih salah satu kegiatan untuk melihat rinciannya dan mendaftar kegiatan tersebut. Yang perlu kamu perhatikan adalah Setiap Mahasiswa bsia melamar/mendaftarkan diri lebih dari 1 kegiatan! Namun setiap satu semester hanya bisa menerima & mengikuti 1 kegiatan saja.
  • Pada halaman ini kamu  bisa melihat rincian kegiatan seperti deskripsi proyek, kriteria peserta, profil perusahaan, dan informasi tambahan lainnya. Jika tertarik dan ingin mendaftar, kamu bisa klik pada tombol “Daftar”. Catatan: Tombol “Daftar” akan non aktif jika periode rekrutmen dari Mitra sudah ditutup atau jumlah kuota sudah terpenuhi.
  • Setelah klik daftar, akan muncul formulir dan kolom yang perlu kamu isi untuk pendaftaran. Jika sebelumnya Kamu telah melengkapi halaman profil, maka kolom-kolom di yang ada akan otomatis terisi menyesuaikan yang telah kamu lengkapi
Baca Juga :  Soal PTS / UTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Pengantar Kerja Kelompok

Unggah Dokumen

Mahasiswa akan diminta untuk mengunggah dokumen berikut:

Wajib

  • Curriculum Vitae
  • Transkrip Nilai
  • Surat Rekomendasi
  • Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
  • Foto atau scan KTP Anda

Masing-masing dokumen dalam format PDF, maksimal 2 MB

Opsional

Sertifikat pengalaman organisasi
Dokumen tambahan

Setelah mengisi, dan mengunggah dokumen, langkah selanjutnya adalah klik ‘Selanjutnya’

Informasi Pribadi

Kamu akan diminta untuk memasukkan data pribadi, yaitu Agama dan Asal SMA. Kemudian klik “Selanjutnya”.

Baca Juga: Jawaban Mendata Informasi dalam Teks Sejarah

Kontak Pribadi

Kamu juga diminta untuk melengkapi kontak pribadi yang terdiri dari:

  • Email kampus, (Isi dengan email pribadi kamu yang terdaftar di kampus)
  • Nomor ponsel (Pastikan memasukkan nomor ponsel kamu yang aktif)
  • Alamat domisili ( Isi dengan alamat tinggal kamu sekarang)
  • Alamat KTP (Isi sesuai alamat yang tercantum pada KTP)

Kemudian klik “Selanjutnya”.

Kontak Darurat

Kamu juga akan diminta untuk melengkapi kontak yang dapat dihubungi jika terjadi hal yang bersifat darurat diantaranya adalah

  • Nama
  • Hubungan dengan Mahasiswa
  • Nomor telepon

Kemudian klik “Selanjutnya”.

Baca Juga: Oliebollen Viral di Belanda Tiap Akhir Tahun, Ada di Indonesia?

Akun Media Sosial

Kamu bisa melengkapi informasi akun media sosialmu yaitu:

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
Baca Juga :  Kunci Jawaban Konservasi Elang

Kemudian klik “Selanjutnya”.

  • Setelah mengisi data data diatas, Kamu bisa cek kembali kelengkapan data diri, pastikan seluruh informasi yang tertera di laman ini sudah benar dan sesuai. Apabila ada kesalahan di data akademik, segera hubungi sekretariat kampus, Kamu masih tetap bisa melanjutkan pendaftaran, tapi perbedaan data mungkin akan berpengaruh ke proses rekrutmen
  • Setelah itu, kamu akan masuk ke langkah terakhir, yaitu Ringkasan Kegiatan dan Pernyataan Kesanggupan & Komitmen. Silakan baca dan pahami.
  • Terakhir, jika kamu sudah setuju dengan tiap butir Pernyataan Kesanggupan & Komitmen, berikan tanda centang pada setiap pernyataan. Setelah itu klik ‘Daftar’.
  • Pendaftaran terkirim!

Baca Juga: Download Kalender 2023 Lengkap Semua Format, PDF, PNG, JPEG!

Mitra perusahaan akan memeriksa dokumen pendaftaran kamu. Kamu bisa cek status pendaftaranmu DISINI

Kamu bisa melihat lowongan magang kampus merdeka pada halaman Magang Kampus Merdeka. Salah satunya yang saat ini dibuka adalah aragon Corp membuka lowongan magang Paragon Internship Program 4.0. Pendaftaran dibuka secara daring hingga 20 Januari 2023 bagi mahasiswa dengan kuota 279 peserta.

Paragon Internship Program (PIP) adalah program magang di PT Paragon Innovation and Technology selama 4 bulan yang bekerja sama dengan Kampus Merdeka.Paragon sendiri merupakan perusahaan yang menaungi brand Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Crystallure, Instaperfect, Labore, Biodef, Tavi, hingga Wonderly.

Itulah Cara Daftar Program Magang Kampus Merdeka yang bisa beritawarganet informasikan untuk kamu sob. Yuk buruan daftar sebelum kuota magang habis atau pendaftarannya ditutup.