Pinjaman Online
Pinjol

Berikut Daftar Pinjaman UMKM Online Dan Pemerintah

Beritawarganet.com – Berikut Daftar Pinjaman UMKM Online Dan Pemerintah. UMKM merupakan bagian penting dari ekonomi kerakyatan, Jika kita lihat berdasar data kementrian ukm untuk tahun 2018 sendiri tercatat 64,2 juta total unit usaha bergerak dari UMKM. Dari data tersebut 63, 3 juta didominasi unit usaha mikro. Maka dapat kita simpulkan bahwa Jumlah pengusaha yang paling banyak di Indonesia dari UMKM.

Data yang tercatat di OJK lebih banyak kendala penyaluran dalam pembiayaan jenis usaha UKM disebabkan masalah administratif, dan kebanyakan manajemen keuangan memang benar – benar dikelola secara manual oleh para pelaku ukm itu sendiri. Untuk mendukung keberlangsungan UKM pemerintah dan bank – Bank milik pemerintah gencar membuka program pinjaman dengan sistem KUR. Tercatat ada 3 Bentuk pinjaman yang sekarang ini ramai.

Baca Juga :  Pilih SEO atau PPC

KUR – Pemerintah saat ini terus meluncurkan Kredit Usaha Rakyat dengan proses kredit mudah, cepat dan ringan.

Pinjaman Mikro – Bank – bank kini banyak menyasar pelaku UKM dengan menawarkan produk pinjaman mikro, dengan tujuan dapat memenuhi kebutuahan pengsuaha kecil dan menengah.

Fintech – Pinjaman online dengan syarat mudah dan cepat banyak ditawarkan oleh Pinjol dengan tujuan pembiayaan bagi UMKM.

Daftar Pinjaman UMKM Online Dan Pemerintah

Berikut daftar Pinjaman UMKM dari pemerintah dan Fintech atau online

Baca Juga :  Twibbon Idul Adha 2021, Download Gratis !

Kredit Usaha Rakyat

dikutip dari duwitmu.com bahwa KUR adalah program pemerintah yang memberikan pinjaman untuk usaha dengan bunga kredit sangat rendah. Bunganya disubsidi pemerintah. Suku bunga yang berlaku untuk kredit KUR sebesar 7% efektif per tahun atau per bulannya 0,41% flat. KUR disalurkan oleh beberapa bank. Salah satu yang terbesar adalah KUR BRI.

KUR di Inodnesia dibagi menjadi 3 yaitu KUR Mikro, TKI dan Ritel

Fintech P2P

pinjaman online
pinjaman online

Sekarang, fintech P2P bisa membiayai usaha UMKM berdasarkan nilai tagihan tersebut. Disebutnya ‘Invoice Financing’. Invoice financing tidak membutuhkan jaminan. Yang menjadi jaminan adalah invoice tersebut. Nilai plafon pinjaman diberikan dari nilai invoice. Biasanya nilainya tidak 100% dari nilai invoice untuk menjaga dan mengelola resiko.

Baca Juga :  2022 BMW i4 Terungkap Dengan 523 Horsepower

Fitur pinjaman invoice financing adalah:

  • Plafon invoice financing hingga Rp 2 miliar
  • Pinjaman hingga 80% dari nilai invoice
  • Tanpa agunan
  • Tenor pinjaman dari 15-90 hari

Adapun Fintech P2P antara lain ( Modalku dan Investree )

Kredit Mikro

Kredit mikro adalah jenis pinjaman dalam plafon kecil untuk pengusaha.

Adapun Kredit Mikro yang ada sekarang ini yaitu dari Kredit mikro sampurna, Kredit Mikro Bank SInarmas,

BLT UMKM

BLT UMKM salah satu produk pemerintah, dalam bentuk bantuan langsung ke pengusaha UMKM. April 2021 ini pemerintah meluncurkan kembali BLT UMKM 1,2 Juta.

Itulah beberapa Daftar Pinjaman UMKM Online Dan Pemerintah.

Sumber : duitmu.com