Begini Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Berita Warganet – Begini Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum. Cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum sebenarnya mudah saja. Paling penting adalah Anda mengetahui dan mengerti seluruh langkahnya dengan tepat.

Permasalahan ini memang cukup membahayakan kinerja mesin mobil. Ketika aki kering sudah tidak bisa menyimpan setrum, maka komponen kelistrikan dalam mobil tak mendapatkan asupan listrik yang sesuai.

Penasaran bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini? Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Bagi yang belum mengetahuinya, cairan di dalam aki kering berwujud gel. Penguapan gel ini termasuk sangat minim.

Bahkan walaupun menguap, maka uap tersebut tidak dibuang keluar, melainkan tetap di wadah itu. Cara kerja ini membuat volume aki kering tetap terjaga tanpa perlu perawatan khusus.

Fungsi aki sendiri cukup banyak. Dimulai dari mengatur pengapian hingga menunjang daya listrik berbagai komponen sistem kelistrikan mobil. Namun kalau sudah tidak bisa menyimpan setrum, pasti sangat menyulitkan Anda. Oleh karena itu, yuk ikuti cara memperbaiki masalah ini.

Baca Juga :  5 Mobil Tercepat 2021 di Dunia, dari Bugatti sampai Lamborghini

1. Lepaskan/Putuskan Hubungan Arus Aki

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan sekaligus memutuskan hubungan arus aki.

Caranya dengan melepaskan kedua kabel, masing-masing dari positif baru ke negatif. Lakukan langkah ini secara hati-hati agar tidak ada masalah arus pendek. Jika sudah melepaskan kedua kabel, keluarkan aki kering dari boksnya.

2. Buka Penutup Aki

Sekarang Anda bisa membuka penutup aki. Sekaligus juga buka penutup karetnya. Jika semuanya sudah terbuka, maka Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Isi dengan Air Zuur

Langkah berikutnya adalah mengisi aki kering dengan air zuur. Anda harus membeli air zuur terlebih dulu. Pastikan air yang Anda beli sudah benar agar tidak merusak aki ini. Tidak hanya membutuhkan air zuur, alat untuk mengisinya berupa suntikan juga harus dimiliki.

Baca Juga :  Harga Lexus LM Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Anda bisa langsung memasukkan air zuur ke suntikan. Selanjutnya suntikkan air zuur ke lubang aki. Pastikan volume pengisian di antara batas yang tepat.

Kalau terlalu banyak, maka dapat muncul kerusakan lainnya pada aki. Tentu saja Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan? Inilah mengapa proses pengisian air zuur ke dalam aki harus dalam takaran yang tepat.

4. Tutup Aki Kembali

Sekarang tutup aki kembali secara rapat. Pastikan penutup karetnya telah menutup aki dengan sempurna supaya tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

Baca Juga :  Banyak Yang Tidak Tahu Asal Mula Semua Kendaraan 4x4, Ini Dia Nenek Moyangnya Willys MB, Simak Selengkapnya!

5. Pasang Kabel Aki

Anda bisa memasang kembali kabel aki. Sama seperti langkah pertama, proses pemasangan harus berjalan dengan hati-hati agar tidak menciptakan arus pendek. Pastikan kabel positif dan negatif terpasang dengan sempurna agar arus listrik dapat mengalir maksimal.

6. Coba Hidupkan Mesin

Langkah terakhir yang Anda lakukan adalah menghidupkan mesin mobil. Dalam penghidupan mesin ini, pastikan RPM stationer mesin tidak berada di bawah 600 RPM.

Jika RPM berada di bawah 600, maka pengisian daya aki masih belum maksimal. Sebaliknya, jika sudah di atas 600 RPM, Anda telah berhasil memperbaiki masalah ini

Jadi, itulah cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum. Namun jika memang masalah ini masih belum bisa diperbaiki, Anda dapat langsung mengunjungi bengkel terdekat.