Perhatikan, Tips dan Cara Pindah Gigi Mobil Matic Saat Berkendara

Berita Warganet – Perhatikan, Tips dan Cara Pindah Gigi Mobil Matic Saat Berkendara. Transmisi otomatis memang menawarkan anda kemudahan kepada pengguna selama mengendarai mobil. Dengan perpindahan gigi yang lebih cepat karena tidak adanya proses menginjakkan pedal kopling, makin banyak yang memilih mobil dengan transmisi otomatis.

Namun tetap ada beberapa informasi yang harus anda perhatikan sebagai pengguna mobil matic yang wajib diketahui mengenai cara pindah gigi mobil matic pada saat anda berkendara. Simak tips cara pindah gigi mobil matic dari Auto2000 melalui Berita Warganet sebagai berikut.

Pastikan Posisi Gigi P Saat Parkir

Banyak orang yang salah kaprah dengan keberadaan gigi P (Parking) dalam transmisi otomatis apalagi saat cara parkir paralel.

Ketika sudah berada dalam posisi parkir yang rapi, Anda sebaiknya langsung mengubah gigi ke posisi P. Banyak kesalahan pengendara mobil otomatis yang malah memposisikan gigi ke N lalu mengaktifkan Parking Brake. Sudah jelas ada perbedaan prinsip kerja di antara gigi N dan P.

Ketika Anda memutuskan memarkir mobil lalu mengubah gigi ke posisi N dan mengaktifkan Parking Brake, yang bekerja bukanlah sistem gearbox, melainkan kampas rem. Jadi kampas rem akan menjepit piringan disc brake. Inilah yang akhirnya membuat mobil tidak bergerak.

Baca Juga :  Review Interior dan Spesifikasi Lengkap, Harga Jeep Compass 2022!

Namun yang seharusnya dilakukan adalah memasukkan ke gigi posisi P karena sistem gearbox akan memberikan ganjalan pada gigi-gigi roda sehingga membuat mobil tak dapat bergerak. Tentu saja ini adalah cara paling benar.

Waspada Jalanan Menanjak dan Turunan

Dalam jalanan menanjak dan turunan, coba praktikkan cara ini. Ketika Anda membutuhkan akselerasi lebih tinggi saat menanjak, ubah posisi gigi D ke D-3, D-2, atau L tanpa menginjak rem.

Baca Juga :  Harga Corolla Cross 2022 Terbaru, Spesifikasi Lengkap dan Interior!

Penempatan gigi ini akan memberikan akselerasi mobil sesuai kebutuhan tanpa takut terjadi kerusakan pada gearbox. Kemudian kalau sudah melewati jalanan menanjak, kembali posisikan gigi D.

Cara di atas juga dapat Anda lakukan ketika melewati jalanan turunan. Posisikan gigi ke D-3 atau D-2 agar mendapatkan engine brake yang baik.

Cara ini membuat mobil tidak meluncur secara berlebihan serta penggunaan rem tak akan membuat kampas menjadi terlalu panas. Setelah melalui jalanan turun, ganti kembali ke posisi D.

Pindah ke Gigi N Ketika di Lampu Merah

Cara pindah gigi mobil matik saat jalan yang lainnya adalah selalu memindahkan ke gigi N saat berada di lampu merah.

Kebiasaan buruk yang dilakukan ketika berhenti di lampu merah adalah posisi gigi tetap di D sambil menginjak pedal rem agar tidak bergerak. Cara ini malah memperpendek usia gearbox mobil Anda.

Baca Juga :  1 Liter = 10 Tiang Listrik, Konsumsi BBM Bugatti Chiron Pur Sport Boros!

Selain itu, dapat mengikis kampas rem dengan lebih mudah. Usia pemakaian sudah paling lebih pendek dari yang seharusnya.

Padahal yang paling benar adalah memindahkan ke gigi N sambil menginjak pedal rem. Jika memang kondisi jalan sedang menanjak atau turunan, Anda dapat mengaktifkan fitur Parking Brake.

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mundur

Anda juga perlu memastikan mobil berhenti sebelum bermanuver mundur. Jadi saat ingin mundur, injak pedal rem, pastikan mobil berhenti, cek kondisi di belakang apakah aman, baru pindah ke gigi R. Sebaliknya juga begitu.

Ketika ingin kembali melaju ke depan setelah mundur, pastikan mobil berhenti dengan injak pedal rem, lihat kondisi di depan, baru pindah ke gigi D. Cara ini membuat usia pemakaian gearbox lebih baik lagi.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Perhatikan, Tips dan Cara Pindah Gigi Mobil Matic Saat Berkendara yang dipublish pada Maret 14, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait