Jawaban Definisi Hikayat

Jawaban Definisi Hikayat

Jawaban Definisi Hikayat – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban mencari definisi hikayat yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 54 Kurikulum Merdeka.

Jawaban Definisi Hikayat Halaman 54

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, baca terlebih dahulu mengenai arti kata hikayat sehingga sobat dapat membuat definisi hikayat dengan kata-kata sendiri.

Baca Juga :  Jelaskan Mengelola Perangkat Keras dan Periferal, Penjelasan Lengkap Fungsi Sistem Operasi!

Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya mengenai jawaban definisi hikayat berikut ini.

Pada bab ini, kalian akan belajar mengidentifikasi karakteristik hikayat dan nilai-nilai yang terkandungdi dalamnya. Selanjutnya, kalian akan belajar menggunakan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat untuk membuat cerita pendek.

Mendiskusikan definisi hikayat sebagai pijakan dasar.

Seperti yang sudah disampaikan di halaman awal bab ini, kalian akan mempelajari hikayat. Sebelum kalian mempelajari lebih lanjut tentang hikayat, pelajarilah pengertian hikayat dari beberapa sumber berikut.

Kata hikayat diturunkan dari kata bahasa Arab “haka” yang mempunyai arti: menceritakan, menirukan, mewartakan, menyerupai, berkata, meneruskan, dan melukiskan (Baried dkk,1985, 9).

Baca Juga :  Kunci Jawaban EVALUASI halaman 208 Ilmu Ekonomi IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Sastra hikayat ialah sastra lama yang ditulis dalam Bahasa Melayu. Sebagian besar kandungan ceritanya berkisar dalam kehidupan istana. Unsur rekaan merupakan ciri menonjol dan pada lazimnya mencakup bentuk prosa yang panjang (Baried, 1985, 9).

Hikayat ialah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifatsifat itu. Hikayat dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta

(https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Hikayat).

Dari informasi di atas, buatlah definisi hikayat dengan kata-katamu sendiri. Pembuatannya dapat dilakukan berdasarkan sumber-sumber yang kalian dapatkan.

Jawaban :

Baca Juga :  Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan

Hikayat adalah sastra lama yang menceritakan tentang kehebatan dan kepahlawanan orang ternama dengan segala kesaktian dan keanehan yang dimiliki.

Hikayat merupakan sastra lama yang ditulis dalam bahasa melayu, berbentuk prosa yang berisi cerita dan dibaca sebagai penyemangat,pelipur lara dan juga sebagai peramai dalam pesta.

Kesimpulan

Itulah jawaban definisi hikayat yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 54 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :