Jawaban Post Tes Modul 1 Memahami Murid

Jawaban Post Tes Modul 1 Memahami Murid

Daftar Isi

Jawaban Post Tes Modul 1 Memahami Murid – Sobat warganet, Ragam strategi dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat dilakukan dengan melakukan penyesuaian kebutuhan murid terhadap rencana pembelajaran yang telah disusun. Dalam modul ini kita akan belajar rangkaian proses bagaimana mengatasi tantangan akan perbedaan kebutuhan dan kemampuan murid, sehingga murid tetap mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 13 halaman 42 Produk Daerah IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar materi yang harus dipelajari adalah Pemetaan Murid, Identifikasi Kebutuhan Murid, Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SD dan Manajemen Kelas. Setelah mempelajari materi tersebut, barulah sobat warganet bisa mengerjakan soal post test modul 1 Memahami Murid. Soal post test yang ada bisaanya akan diacak dan memiliki nomer yang berbeda pada tiap akun. Namun akan memiliki soal yang sama. Dan berikut ini adalah soal yang ada pada modul 1.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.4 Kelas 8 Halaman 228

Asesmen Awal Pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan potensi murid. Manakah penggunaan yang paling tepat atas data yang diperoleh dari asesmen awal pembelajaran?

Jawaban : A. Sebagai rujukan untuk merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid

Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid.

Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid.

Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran.

  1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.
  2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.
  3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
  4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan
  5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.
Baca Juga :  Kunci Jawaban "Perjuangan Mahapatih Gajah Mada"

Jawaban yang tepat adalah:

Jawaban : B. 1, 3, 4

Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu kata ‘IBU’, membacakan, lalu mengeja kata pada kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal. Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?

Jawaban : B. Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:

Jawaban : A. Bakat murid

Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?

Jawaban  : A. Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.

Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.

Jawaban : A. Benar

Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?

Jawaban : B. Modifikasi produk akhir

Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:

  1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.
    2. Menentukan capaian yang sama untuk seluruh murid di kelas.
    3.            Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
    4.            Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.
    5.            Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.
    Strategi yang tepat adalah…

Jawaban : A. Nomor 1 dan 3.

Demikianlah Jawaban Post Tes Modul 1 Memahami Murid yang dapat beritawarganet berikan. Semoga dapat membantu sobat guru dalam menyelesaikan pelatihan mandiri yang ada pada Platform Merdeka Mengajar. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga