Jawaban Tugas Kegiatan 2 Mengembangkan Teks Prosedur

Jawaban Tugas Kegiatan 2 Mengembangkan Teks Prosedur

Jawaban Tugas Kegiatan 2 Mengembangkan Teks Prosedur – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas kegiatan 2 mengembangkan teks prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah terlebih dahulu teks Empat Tips agar Tidak Iri kepada Orang Lain sehingga sobat dapat menjawab soal dengan mudah. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya mengenai jawaban tugas kegiatan 2 mengembangkan teks prosedur berikut ini.

Jawaban Tugas Kegiatan 2 Mengembangkan Teks Prosedur Halaman 28

Kegiatan 2

Mengembangkan Teks Prosedur dengan Memperhatikan Struktur dan Kaidahnya

Dalam mengembangkan teks prosedur, kita terlebih dahulu perlu mengetahui perbedaan atau persamaan yang ada di dalam teks yang berbeda. Hal tersebut merupakan tahapan membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.

Jika kita cermati, teks berjudul “Kiat Menata Rambut Pendek” memiliki kesamaan dengan teks sebelumnya yang berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin”, yaitu sama-sama berisi langkah-langkah melakukan sesuatu. Di dalamnya pun terdapat kata kerja imperatif.

Teks prosedur sekurang-kurangnya memiliki tiga macam, di antaranyaadalah se bagai berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Makna Puisi "Tanah Airku, Tanah yang Beragam"

1. Teks bertema kebiasaan hidup, misalnya kiat hidup sehat, kiat belajar menyenangkan, dan kiat sukses bertetangga.

2. Teks bertema aktivitas tertentu, misalnya cara membuat bolu kukus, cara menanam jagung hibrida, dan cara memelihara kucing.

3. Teks bertema penggunaan alat, misalnya cara penggunaan laptop, cara menghidupkan motor bekas, dan cara menggunakan pisau cukur.

Tugas 1

Memahami Isi Teks Prosedur

  1. Bacalah dengan cermat teks di bawah ini! Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang menyertainya!

Empat Tips agar Tidak Iri kepada Orang Lain

Pernahkah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain?

Mungkin ketika kita melihat orang lain sukses tetapi kita tidak, tiba-tiba terpikir pertanyaan berikut dalam pikiran, “Mengapa saya tidak seperti dia?” Pertanyaan menggugat seperti itu bisa terjadi secara terus-menerus dalam hal lainnya. Untuk mengatasi pemikiran-pemikiran tersebut, Anda bisa mengikuti tips yang dilansir dari Huingtonpost berikut ini.

Kenali Diri Sendiri

Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, memiliki tujuan, dan sebagainya. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Baca Juga :  Gambar Ucapan Dies Natalis ISI Yogyakarta ke-38 Tahun 2022

Setiap Orang Memiliki Kelebihan Masing-masing

Mungkin ada orang tua yang berkata, “Duduk tegak seperti saudaramu!” atau “Bersihkan kamarmu seperti kakakmu!” Perintah-perintah seperti itu membuat anak belajar untuk mengetahui apa yang dilakukannya dengan apa yang telah dilakukan orang lain. Akan tetapi, hal itu tidak akan berpengaruh ketika setiap manusia menyadari bahwa ia memiliki karunia yang berbeda.

Yang Penting Makna, Bukan Pengakuan

Ketika Anda menghabiskan hidup untuk mengejar pengakuan orang lain, boleh jadi itu akan membuat Anda merasa khawatir tentang siapa yang nantinya melewati Anda. Itu akan membuat Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Anda bekerja untuk mewujudkan impian, apa pun posisi Anda dalam suatu kekuasaan (jabatan), bukanlah masalah.

Meniru Orang Berhasil

Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik, coba evaluasi apa yang membuatnya berhasil, carilah cara untuk memasukkan sifat-sifat keberhasilannya dalam kehidupan Anda sendiri.

Setelah membaca teks di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Menjelaskan apakah teks di atas?

2. Teks tersebut berkategori apa: tentang kebiasaan, aktivitas tertentu, atau penggunaan alat? Jelaskan alasan-alasannya!

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila

3. Buktikan bahwa teks tersebut disusun secara kronologis!

4. Mungkinkah petunjuk-petunjuk tersebut kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

5. Bagaimana tingkat kebermanfaatan petunjuk itu bagi kamu sendiri?

Jawaban    :

  1. Teks di atas menjelaskan mengenai bagaimana cara agar kita tidak merasa iri terhadap orang lain.
  2. Teks di atas berkategori tentang kebiasaan, dimana dalam teks tersebut dijelaskan bagaimana cara agar kita tidak merasa dengan orang lain.
  3. Teks tersebut disusun secara kronologis terlihat dari penempatan atau urutan tips.
  4. Ya, mungkin sekali petunjuk-petunjuk tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Bermanfaat karena dengan teks tersebut kita dapat lebih mengenal atau mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas kegiatan 2 mengembangkan teks prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :