Frederich Silaban
Frederich Silaban

Kunci Jawaban “Kehebatan Seorang Arsitek”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Kehebatan Seorang Arsitek”. Bangunan-bangunan yang megah dan memiliki bentuk yang unik tidak lepas dari kehebatan seseorang yang berperan dalam merancang bangunan tersebut. Merancang bangunan merupakan profesi yang biasa disebut dengan Arsitek. Mari kita pelajari beberapa contoh bangunan yang megah dan juga bermmanfaat bagi kehidupan manusia di bawah ini!

 

Candi Borobudur

Sumber: www.id.wikipedia.org

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peristiwa Sumpah Pemuda

 

Waduk Jatiluhur

Sumber: www.id.wikipedia.org

 

Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik. Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah. Waduk ini juga sebagai pengendali banjir.

 

Jembatan Suramadu

Sumber: www.id.wikipedia.org

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat Madiun dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 23 halaman 185 Status Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Frederich Silaban

Sumber: www.id.wikipedia.org

Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah. Masjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961. Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

 

Ayo Berlatih!

Jawablah berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu miliki!

1.       Kehebatan lain seorang arsitek:

Mampu membuat gedung dengan desain yang unik namun tidak mengurangi fungsi serta keamanan gedung tersebut

2.       Jenjang pendidikan apa saja yang harus ditempuh untuk menjadi seorang arsitek?

Pendidikan minimal S1 jurusan Arsitektur dan juga dapat mengikuti kursus untuk meningkatkan keahliannya

3.       Keterampilan apa yang harus dimiliki seorang arsitek?

Merancang bangunan, menggambar bangunan, menghitung bahan yang dibutuhkan, dan memperkirakan dana yang akan dihabiskan untuk membangun sebuah gedung.

 

Baca Juga :  Apa Pengertian Arduino? Penjelasan Lengkap

Banyak sekali kehebatan dari seorang arsitek. Seorang arsitek bisa membangun waduk untuk dapat menampung air hujan sehingga ketika musim kemarau terjadi kita masih memiliki persediaan air untuk mengaliri sawah dan sebagainya. Jembatan yang dirancang seorang arsitek juga memudahkan kita ketika melakukan perjalanan menyeberang pulau atau tempat yang dipisahkan oleh perairan.

Setelah mengetahui betapa hebatnya kemampuan seorang arsitek apakah Sobat BW ada yang bercita-cita menjadi seorang arsitek? Apapun cita-cita Sobat BW semoga dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan ya.

Semoga bermanfaat ..