Kunci Jawaban “Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan”

keragaman

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan”. Sobat BW tidak semua orang yang dalam mengejar mimpinya akan melalui jalan yang mulus tanpa rintangan. Banyak diantara mereka yang mengalami kegagalan terlbih dahulu, tetapi mereka tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras dalam meraih mimpi-mimpi mereka. Seperti cerita beberapa tokoh berikut ini, mari kita simak kisahnya!

 

Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan

Michael Jordan, Pemain Basket Dunia

Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan berlatih.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda Penguapan

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”

Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik

Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.

Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.”

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2 halaman 143 Pengaruh Kebudayaan Hindu-Budha IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Sumber: www.life.com dengan penyesuaian

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?

Mimpi Michael Jordan adalah menjadi pemain basket, sedangkan mimpi Thomas Alva Edison adalah menjadi ahli sains

2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?

Kegiatan yang sering dilakukan oleh kedduanya adalah berlatih. Michael Jordan terus berlatih basket dengan giat, sedangkan Thomas melakukan berbagai macam percobaan

3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?

Michael dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya, sedangkan Thomas sempat dikelurkan dari sekolah dan dia belajar melakukan percobaan. Beribu-ribu dia gagal percobaan, dua ribu kali dia mencoba kembali

4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?

Michael berusaha dengan usaha yang keras dalam berlatih basket, sedangkan Thomas mencoba dan terus berusaha melakukan penelitiannya

 

Ayo Mengamati!

Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menghargai Kegiatan Ekonomi

Perhatikan gambar berikut!

keragaman

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

Ayo Berdiskusi!

Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!

1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?

Keragaman orang yang ada disekitar saya sangat beragam karena banyak pendatang dari berbagai daerah. Ciri-ciri fisik berdasarkan suku asal dapat dilihat dari warna kulit dan perawakan

2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?

Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia

3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?

Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat disekitar kita adalah agar dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan menjalin komunikasi yang lebih baik

 

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Mereka yang pantang menyerah dan terus bekerja keraslah yang akan menemui kesuksesan di masa depan. Sobat BW jangan mudah putus asa dalam mengejar cita-cita ya, agar kalian sukses di kemudian hari.

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like