Kupu-kupu
Kupu-kupu

Kunci Jawaban Tempo Lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Tempo Lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”. Cita-cita yang Sbat BW impikan akan menjadi acuan kalian untuk terus belajar dan bekerja keras dalam mewujudkannya. Seperti cerita Siti dibawah ini yang bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Bagaimana cerita Siti untuk mewujudkan cita-citanya? Mari kita simak bersama.

Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.

Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 12 halaman 161 Benteng Fort Rotterdam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah. Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti! Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.

Ayo, nyanyikanlah!

Ayo Bernyanyi!

Nyanyikan lagu dibawah ini bersama-sama dengan temanmu.

Kupu-kupu

Bagaimana kamu menyanyikan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” tersebut?

Apakah kamu menyanyikan dengan cepat? Apakah kamu menyanyikan dengan lambat? Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?

Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau sumber air.

Coba bandingkan dengan lagu berikut!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Sebutkan Fungsi-Fungsi Sistem Operasi!

Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.

Istilah atau tanda tempo sebagai berikut.

No Istilah Keterangan
1 Largo Lambat sekali
2 Lento Lebih lambat
3 Adagio Lambat
4 Andante Sedang
5 Moderato Sedang agak cepat
6 Allegro Cepat
7 Vivace Lebih cepat
8 Presto Cepat sekali

 

Ayo Mengamati!

Amatilah kembali penulisan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.

1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”?

Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” adalah Lento (lebih lambat)

Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah Andante (sedang)

2. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” tersebut?

Perbedaan tempo pada lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah jika tempo lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” adalah lento (lebih lambat), sedangkan tempo pada lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah andante(sedang)

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 18 halaman 114 Teknologi Pendukung Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Tempo lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Lagu yang dinyanyikan menggunakan tempo akan lebih indah dan enak didengar. Cobalah Sobat BW nyanyikan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” dengan tempo yang sesuai dan dengan tempo yang sembarangan. Kalian bisa merasakan mana yang lebih indah dan enak didengarkan?

Semoga bermanfaat ya..

Pencarian Populer : tik tik bunyi hujan temponya