SUV Unik dan Hebat, Simak Mobil dan Harga Land Rover Defender 2021

Berita Warganet – SUV Unik dan Hebat, Simak Mobil dan Harga Land Rover Defender 2021. Ada dua jenis bodi yang ada pada Land Rover Defender. Ada Land Rover Defender 110 dengan empat pintu dan sasis panjang.

Satu lagi, Land Rover Defender 90 dengan dua pintu, jarak sumbu rodanya lebih pendek, dan lebih murah.

Namun, faktor harga tak sepenuhnya jadi alasan memilih Land Rover Defender 90 ini. Alasan kuat lainnya, mobil ini sangat keren.

Secara naluriah, kita terdorong untuk memerhatikan sebuah mobil dengan bentuk yang tak lazim. Kita memandanginya lalu mendekatinya untuk memenuhi rasa ingin tahu.

Begitu pula dengan Land Rover Defender 90 ini yang terlihat seperti sebuah kotak yang dipakaikan roda lalu berjalan.

Kabin Depan Aneh

Mengatakan Land Rover Defender 90 2021 hanyalah versi dua pintu dari Land Rover Defender 110 empat pintu tidaklah salah.

Sejatinya, Land Rover Defender 90 2021 ini adalah SUV yang sama dengan versi 110. Baik dari segi desain maupun ukuran keseluruhannya.

Perbedaan hanya di antara ban depan dan belakang. Sepasang pintu hilang, dan Land Rover memperpendek jarak sumbu roda dari 302 sentimeter menjadi hanya 259 sentimeter.

Baca Juga :  McLaren 720S Terbaru, Lengkap Dengan Harga!

Menarik tapi sekaligus ada yang mengganggu. Pintu terlalu panjang dan bangku baris kedua kehilangan ruang kaki 6 sentimeter.

Kapasitas penumpang jadi terbatas dan ruang bagasi tidak banyak. Ini konsekuensi dari diperpendeknya jarak sumbu roda.

Meski demikian, jarak sumbu roda yang lebih pendek memberikan keajaiban untuk desain persegi.

Menghadirkan kendaraan dengan penampilan yang lebih tegak sekaligus menciptakan kuda-kuda yang lebih agresif.

Memindahkan gardan lebih dekat juga menyoroti overhang depan dan belakang yang sangat pendek.

Jarak sumbu roda yang sangat kecil, pintu besar, dan dipadukan dengan kemampuan off-road yang ekstrem. Defender 90 adalah Land Rover paling keren yang bisa kita beli.

Sejujurnya, satu-satunya hal yang kami tidak suka tentang tampilan Land Rover Defender 90 adalah pintunya yang terlalu panjang dan cukup berat dibandingkan dengan versi 110.

Land Rover Defender 90 tersedia dalam dua konfigurasi kabin. Lima tempat duduk dengan konsol tengah tetap.

Atau, sebagai enam tempat duduk dengan jump seat atau sandaran yang ditekuk. Saat ditegakkan, jadi satu kursi dengan lebar pas-pasan di kabin depan.

Baca Juga :  Simak Selengkapnya Spesifikasi, Interior dan Harga Chevrolet Trax Terbaru!

Awalnya terlihat unik tapi lama-kelamaan malah mengganggu. Pastinya, ruang duduk pengemudi dan penumpang di sampingnya jadi sempit.

Saat sandaran ditekuk, siku dua orang di depan akan sangat sering terantuk sandaran yang berubah menjadi konsol tengah besar tempat gelas.

Ukuran Dikorbankan tapi Bukan Performa

Sebelum kami mengendarai Land Rover Defender 90, perhatian kami tidak semata-mata pada ruang di kabin yang  menyempit.

Fokus kami pada pemotongan besar-besaran sumbu roda yang berpotensi mengacaukan rasa berkendara SUV yang sudah ada selama ini

Apalagi, Land Rover Defender 90 2021 ini hanya memakai suspensi udara dan bukan coil-sprung yang sudah terbukti mampu meredam hebat jalanan agak rusak.

Ya, memang ada penurunan kualitas pengendaraan tapi kecil karena suspensi mampu mengatur jeda yang lebih pendek antara benturan depan/belakang dengan baik.

Land Rover Defender 90 2021 ini masuk ke medan berat dengan tangguh. Suspensi udara mengisolasi kabin dengan baik.

Sementara, jarak sumbu roda yang lebih pendek memberi karakter mobil off-road ini lebih lincah dan lebih responsif saat menikung.

Kendati demikian, tetap ada pengaruhnya saat kita mengendarai mobil yang diperpendek sumbu rodanya.

Baca Juga :  Telah Rilis, Simak Harga Lexus ES Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Mesin Kuat

Land Rover Defender 90 2021 First Edition memakai mesin eksklusif P400. Ini mild-hybrid, turbocharged 3,0 liter straight-six.

Digunakan juga pada mobil lain di jajaran Jaguar Land Rover. Menghasilkan 395 tenaga kuda dan torsi 406 pon-kaki. Dicocokkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan yang licin, bobot 4.830 pon Defender 90 P400 bukanlah masalah kecil.

Bermodalkan torsi low-end kuat, Land Rover Defender 90 2021 ini dapat melibas lintasan berat dengan mudahnya. Ini pula salah satu keuntungan dari jarak sumbu roda yang pendek.

Akselerasi pun lumayan. Untuk 0-96 km/jam tuntas dalam 5,7 detik. Tak masalah jika masih kalah daripada Jeep Wrangler 392. Soalnya, itu jadi tugas Defender V8.

Lagi-lagi, ini keuntungan mobil yang bodinya dibuat lebih pendek karena bobotnya pun jauh lebih ringan daripada Land Rover Defender 110.

Untuk harga Land Rover Defender 2021 ini dibanderol mulai dari harga Rp 1,5 Miliar. Dan untuk harga Land Rover  Defender 2021 untuk tipe tertinggi dibanderol dengan harga Rp3 Miliar.

You May Also Like