Land Rover Defender 90 : Mobil Defender SUV ber Bodi Pendek yang Unik tapi Gahar

Berita warganet – Land Rover Defender 90 : Mobil Defender SUV ber Bodi Pendek yang Unik tapi Gahar. Ada dua jenis bodi yang ada pada Land Rover pada seri Mobil Defender. Ada Land Rover Defender 110 dengan empat pintu dan sasis panjang.

Satu lagi, Land Rover Mobil Defender 90 dengan dua pintu, jarak sumbu rodanya lebih pendek, dan lebih murah.

Namun, faktor harga tak sepenuhnya jadi alasan memilih Land Rover Defender 90 ini. Alasan kuat lainnya, mobil defender ini sangat keren.

Secara naluriah, kita terdorong untuk memerhatikan sebuah mobil dengan bentuk yang tak lazim. Kita memandanginya lalu mendekatinya untuk memenuhi rasa ingin tahu.

Baca Juga :  Mercedes Maybach S-Class Editon 100 Bermesin V12

Begitu pula dengan Land Rover Mobil Defender 90 ini yang terlihat seperti sebuah kotak yang dipakaikan roda lalu berjalan.

Jarak sumbu roda yang sangat kecil, pintu besar, dan dipadukan dengan kemampuan off-road yang ekstrem. Mobil Defender 90 adalah Land Rover paling keren yang harus kita miliki.

Kabin Bagian Depan Mobil Defender Aneh

Mengatakan Land Rover Mobil Defender 90 hanyalah versi dua pintu dari Land Rover Mobil Defender 110 empat pintu tidaklah salah.

Sejatinya, Land Rover Defender 90 ini adalah SUV yang sama dengan versi 110. Baik dari segi desain maupun ukuran keseluruhannya.

Perbedaan ada di antara ban depan dan belakang. Sepasang pintu hilang, dan Land Rover memperpendek jarak sumbu roda dari 302 sentimeter menjadi hanya 259 sentimeter.

Baca Juga :  Harga Pajero Sport 2022 Terbaru, 500 - 700 Jutaan

Menarik tapi sekaligus ada yang mengganggu. Pintu terlalu panjang dan bangku baris kedua kehilangan ruang kaki 6 sentimeter.

Kapasitas penumpang jadi terbatas dan ruang bagasi tidak banyak. Ini konsekuensi dari diperpendeknya jarak sumbu roda.

Meski demikian, jarak sumbu roda yang lebih pendek memberikan keajaiban untuk desain persegi.

Menghadirkan kendaraan dengan penampilan yang lebih tegak sekaligus menciptakan kuda-kuda yang lebih agresif.

Memindahkan gardan lebih dekat juga menyoroti overhang depan dan belakang yang sangat pendek.

Sejujurnya, satu-satunya hal yang kami tidak suka tentang tampilan Land Rover Mobil Defender 90 adalah pintunya panjang dan cukup berat dibandingkan dengan versi 110.

Land Rover Mobil 90 tersedia dalam dua konfigurasi kabin. Lima tempat duduk dengan konsol tengah tetap.

Baca Juga :  Toyota 86 Generasi Baru dengan Seri Sebelumnya, Begini Komparasinya!

Atau, sebagai enam tempat duduk dengan jump seat atau sandaran yang ditekuk. Saat ditegakkan, jadi satu kursi dengan lebar pas-pasan di kabin depan.

Awalnya terlihat unik tapi lama-kelamaan malah mengganggu. Pastinya, ruang duduk pengemudi dan penumpang di sampingny jadi sempit.

Saat sandaran ditekuk, siku dua orang di depan akan sangat sering terantuk sandaran yang berubah menjadi konsol tengah besar tempat gelas.

Ukuran Mobil Defebder Dikorbankan tapi Bukan Performa

Sebelum kami mengendarai Land Rover Defender 90, perhatian kami tidak semata-mata pada ruang di kabin yang bakal menyempit.

Fokus kami pada pemotongan besar-besaran sumbu roda yang berpotensi mengacaukan rasa berkendara SUV yang sudah ada selama ini

Apalagi, Land Rover Defender 90 ini hanya memakai suspensi udara dan bukan coil-sprung yang sudah terbukti mampu meredam hebat jalanan agak rusak.