Mendapatkan Uang Melalui Affiliate Marketing Online

Mendapatkan Uang Melalui Affiliate Marketing Online

Mendapatkan Uang Melalui Affiliate Marketing Online – Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meraup cuan dari internet. Salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online adalah melalui Affiliate Marketing. Jadi, jika sobat warganet ingin mencoba affiliate marketing maka berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang menghasilkan uang secara online melalui Affiliate Marketing.

Apa itu program Affiliate Marketing online?

Affiliate Marketing online dapat didefinisikan sebagai mekanisme rujukan online di mana bisnis yang menjual produk atau layanan tertentu membayar kamu untuk merujuk pelanggan ketika kamu menggunakan situs web untuk menyoroti atau mempromosikan produk dan layanan mereka dengan hyperlink yang mengarahkan pelanggan ke situs web penjual dan mengarah ke penjualan yang sukses (konversi).

Situs web yang mempromosikan produk atau layanan orang lain disebut mitra afiliasi dari masing-masing penjual. Sebagai mitra afiliasi, jika situs web yang kamu miliki mulai mendapatkan rujukan yang sukses secara teratur, itu bisa menjadi sumber pendapatan online yang stabil dan signifikan bagi kamu loh.

Bagaimana cara kerja pemasaran afiliasi?

Ketika kamu ingin membeli outfit, smartphone atau barang lainnya yang kamu butuhkan, bagaimana kamu menemukan produk atau layanan terbaik yang tidak hanya memenuhi kebutuhan kamu tersebut, namun juga menawarkan harga dan nilai terbaik? Metode populer yang digunakan oleh banyak orang adalah melakukan pencarian online yang mengarahkan seseorang ke beberapa hasil pencarian.

Ada banyak situs web yang menawarkan informasi yang relevan dengan informasi dan rekomendasi unik mereka. Dengan produk atau layanan mereka yang terpilih dan direkomendasikan, situs web ini juga menawarkan tautan di bawah program pemasaran afiliasi untuk membelinya langsung dari penjual. Kebanyakan orang mempercayai beberapa atau situs web lain yang menawarkan informasi yang paling memuaskan dan sering berakhir mengklik tautan rujukan ini dan membeli produk dan layanan yang direkomendasikan. Mitra afiliasi akan mendapatkan renumerasi dari penjual untuk setiap rujukan yang berhasil terkonversi menjadi pembelian.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Transaksi dan Langkah - Langkah Menganalisis Transaksi

Biasanya, sebagian besar jaringan afiliasi membayar pada kisaran 5% – 15% dari konversi prospek yang sukses menjadi penjualan dari tautan tertentu. Namun, sejumlah besar penjual menawarkan komisi yang lebih rendah terutama di segmen produk yang sangat kompetitif. Sebagian besar penjualan dapat menyebabkan pembayaran satu kali, namun, beberapa rujukan dapat memperoleh pembayaran berulang berdasarkan jenis produk atau layanan yang dijual. Pembayaran berulang sebagian besar terjadi pada produk dan layanan berbasis langganan reguler.

Ketika jumlah komisi pada setiap penjualan tidak signifikan, penjual biasanya sudah menyimpan ambang batas minimum untuk melakukan pembayaran apa pun. Sebagai Mitra afiliasi kamu akan terus merujuk pelanggan dan komisinya terus terakumulasi sampai mencapai jumlah ambang minimum. Pembayaran dilakukan hanya setelah total penghasilan mencapai ambang minimum yang sudah disiapkan sebelumnya. Kamu bisa membacanya lebih lanjut disini

Jenis Affiliate Marketing Online

Ada banyak affiliate marketing yang bisa kamu coba jika memang tertarik untuk mendapatkan uang dari internet.

Web hosting adalah salah satu program pemasaran afiliasi yang paling menguntungkan. Industri fashion dan kesehatan adalah ceruk teratas yang memiliki remunerasi yang sangat menarik bagi afiliasi.

Salah satu contoh affiliate marketing adalah Web hosting. Ini adalah salah satu program pemasaran afiliasi yang paling menguntungkan. Industri fashion dan kesehatan adalah jenis affiliasi teratas yang memiliki remunerasi yang sangat menarik bagi afiliasi. Beberapa kategori niche lainnya  untuk pemasaran afiliasi yang ada diantaranya adalah 

  • Keuangan – Pinjaman, Investasi, Penyelesaian Utang, Kartu kredit, Hipotek, Bitcoin, NFT
  • Kesehatan dan Kebugaran – Alat Kebugaran, Yoga, Meditasi, Terapi Berat Badan, Kebugaran, Organik, Nutrisi, Vegan, Transplantasi Rambut, Bedah Kosmetik
  • Gaya Hidup – Fashion, Perhiasan, Kencan online
  • Tur dan Perjalanan – Perjalanan, Hotel, Tujuan, Tempat Makan, Tiket Kapal Pesiar, Maskapai Penerbangan, Kereta Api
  • Hobi dan Passion Fotografi, Trekking, Olahraga, Tiket Acara.
  • Rumah & Keluarga – Keamanan rumah, Kopi, Produk bayi, Anjing, Peralatan Elektronik
  • Teknologi – Perancangan web, pengembangan Web, Hosting web, WordPress, VPN, Game, Kupon Game
Baca Juga :  Royal Enfield Meteor 350 Akhirnya Resmi Mengaspal di indonesia, Begini Tampilan Motornya!

Dan masih banyak lagi jenis affiliate yang bisa sobat warganet coba dan banyak ditemukan di Internet.

Tips Mendapatkan Uang Melalui Affiliate Marketing

Untuk memulai affiliate marketing tidak sesulit yang kalian kira sob. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar sukses mendapatkan uang dengan menjalankan affiliate marketing diantaranya adalah

1. Membuat Review Produk

Sebelum membeli suatu barang atau menggunakan jasa, kebanyakan orang akan mencari review produk atau jasa yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan mereka akan meyakinkan diri untuk membeli produk dengan membaca review yang mereka temukan. Jadi buatlah review produk yang jujur dan berikan calon pembeli informasi yang ingin mereka dapatkan secara jujur.

2. Buat Review yang Menarik

Review yang kamu buat juga tidak cukup sob. Selain informatif, review yang kamu buat juga haruslah menarik dan kreatif. Kamu biisa memberikan pengalaman ketika menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu kamu juga bisa menambahkan gambar atau infografis agar calon pembeli mudah untuk mengenal produk yang ditawarkan. Semakin menarik review yang kamu buat, tentunya akan sangat berdampak pada keputusan mereka untuk membeli atau menggunakan produk.

Baca Juga :  Buruan Daftar! Agar Dapat Cairkan BLT UMKM 1,2 Juta

3. Perhatikan SEO

Agar produk yang kamu tawarkan bisa ditemukan oleh calon pembeli melalui review tentunya kamu harus bersaing melalui mesin pencari. Salah satu cara agar kalian memenangkan persaingan adalah dengan menggunakan SEO. Temukan kata kunci yang banyak dicari produk terkait yang akan Anda promosikan melalui kata kunci riset . Kemudian buat konten review sesuai kaidah SEO . Dengan begitu reviewmu bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diklik dan dibaca.

4. Pahami Target Pemirsa

Pahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk yang Anda promosikan. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka pikirkan mengenai produk yang kamu promosikan melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang kamu promosikan melalui review yang dibuat.

5. Fokus pada Niche Tertentu

Pilihan produk yang akan kamu promosikan sebaiknya juga disesuaikan dengan blog yang kamu miliki. Pilihan produk yang sesuai dengan niche/tema blog. Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu mereka lebih tidak percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu secara tidak langsung membangun narasi bahwa kamu ahli di bidang tersebut.

6. Berikan Call to Action

Tujuan utama dari mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang menggunakan kode referral yang kamu miliki. Hanya dengan kode rujukan tersebut perusahaan penyedia dapat mengidentifikasi jika orang-orang membeli melalui link yang kamu berikan.

Untuk melakukannya, kamu tentunya membutuhkan CTA atau Call to Action. Ajakan Bertindak adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini adalah menggunakan kode rujukanmu. CTA dapat berupa gambar, tombol atau teks.