Breaking News
arti bitcoin

Pengertian Bitcoin dan Penjelasanya

Beritawarganet.com – Belakangan ramai banyak orang membicarakan tentang bitcoin, apa si sebenarnya bitcoin itu dan seperti apa bitcoin sebenarnya. Berikut pengertian dan penjelasan singkat terkait bitcoin.

namun sebelum detail membahas pengertian bitcoin kita cek dulu sejarah singkat bitcoin, dikutip dari pintu.co.id dijelaskan sejarah bitcoin bahwa Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto merupakan sebuah mata uang baru – tepatnya, mata uang crypto – yang terdesentralisasi. Artinya, tidak seperti mata uang yang kita biasa gunakan, Bitcoin tidak dikendalikan oleh siapapun, entah itu oleh pemerintah atau bahkan Satoshi Nakamoto sendiri.

Dengan Bitcoin, siapapun tidak perlu lagi khawatir untuk mengirim uang. Transaksi antar negara lebih mudah dan cepat ketimbang menggunakan kartu kredit dan transfer antarbank. Transaksi ini pun direkam di dalam blockchain; semacam sebuah buku besar yang mencatat seluruh transaksi penting .

Baca Juga :  Review Nubia Red Magic 5S

Baca Juga : Berikut Harga Emas Antam Hari Ini 3 Mei 2021

Apa itu Bitcoin?

arti bitcoin

Bitcoin adalah kelas aset baru yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai dan juga dapat dikirim ke siapa saja di dunia kapan saja. Bitcoin adalah salah satu bentuk uang digital, tetapi tidak dikeluarkan atau dikendalikan oleh pemerintah pusat mana pun. Bitcoin dikelola oleh serangkaian komputer di seluruh dunia yang membentuk jaringan keuangan terdesentralisasi. Perangkat lunak Bitcoin adalah Open Source, yang berarti siapa pun di seluruh dunia dapat menjalankan server Bitcoin dan berpartisipasi dalam jaringan.

Baca Juga :  Microsoft 365 Bussines Edition, Ketahui 5 Layanan Yang Ada

Bitcoin dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran “Satoshi Nakamoto”. Tidak seperti uang pemerintah seperti dolar atau euro, Bitcoin memiliki persediaan terbatas. Hanya akan ada 21 juta Bitcoin di dunia ini. Inilah yang membuat Bitcoin unik – Bitcoin adalah aset digital langka pertama yang penawarannya tidak dapat ditingkatkan / dicetak seperti uang.

Mengapa Bitcoin berharga?

Bitcoin berharga karena Bitcoin tidak membutuhkan perantara. Siapapun dapat mengirim dan menerima Bitcoin kepada siapapun di dunia tanpa membutuhkan perantara melalui koneksi internet. Bitcoin tahan sensor, artinya tidak ada yang bisa melarang transaksi Bitcoin. Bitcoin juga terdesentralisasi, yang berarti siapa pun dapat berpartisipasi menjadi bagian dari jaringan. Setiap transaksi Bitcoin dicatat secara terbuka sehingga setiap orang dapat memvalidasi setiap transaksi. Bitcoin juga dijamin dengan kriptografi yang tidak dapat ditembus, menjadikannya jaringan moneter terkuat di dunia.

Baca Juga :  Teknis Pemupukan Tanaman, Agar Tumbuh Maksimal

Mengapa orang berinvestasi dalam Bitcoin?

Banyak orang berinvestasi dalam Bitcoin karena mereka memandang Bitcoin sebagai saham berharga dan melindungi properti mereka dari inflasi. Bitcoin memiliki nilai yang mirip dengan emas karena langka dan sulit untuk diproduksi. Tapi Bitcoin sebenarnya lebih baik dari emas. Tidak seperti emas, Bitcoin dapat dikirim 24/7 ke seluruh dunia dan hampir tidak ada biaya untuk memindahkannya. Karena kelangkaan, keamanan, likuiditas tinggi, dan ketersediaan global, orang percaya bahwa harga Bitcoin akan naik seiring waktu dan dapat menjadi mata uang alternatif di masa depan.