Pengertian serta Penjelasan Apa itu NFT Sebenarnya

Pengertian serta Penjelasan Apa itu NFT Sebenarnya

Berita Warganet – Pengertian serta Penjelasan Apa itu NFT Sebenarnya. NFT atau kepanjangan dari Non-fungible Token ini merupakan sebuah jenis aset digital yang bisa Sobat jual dan beli secara online.

Pengertian NFT (Non-Fungible Token)

Pengertian NFT sendiri merupakan Token yang tidak dapat dipertukarkan dalam Bahasa Inggris berarti Non-Fungible Token atau NFT, ini merupakan berkas digital yang identitas serta kepemilikannya unik diverifikasi pada blockchain atau buku besar digital.

NFT umumnya dibuat dengan mengunggah berkas, seperti halnya karya seni digital, ke pasar lelang. Dengan ini membuat salinan berkas, yang direkam sebagai NFT pada blockchain.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Saham Bagus untuk investasi jangka Panjang

Sementara berkas digital itu sendiri dapat dibuat tanpa batas, NFT yang mewakili berkas digital dilacak pada blockchain dan memberikan bukti kepemilikan kepada pembeli.

Blockchain seperti Ethereum dan Flow masing-masing memiliki standar tokennya sendiri untuk menentukan penggunaan NFT mereka.

Dilansir dari Forbes, NFT merupakan aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam gim, dan video. NFT adalah bagian dari blockchain dan diperjualbelikan secara online.

Namun, berbeda dengan mata uang kripto lainnya, suatu NFT tidak dapat ditukarkan dengan NFT lain dengan nilai yang sama. Sebab, setiap NFT memiliki identitas serta keunikannya masing-masing. Jadi, memiliki nilai yang berbeda.

Baca Juga :  Ebook Trading Forex Gratis

Bagaimana Cara Membeli NFT

Sobat bisa melakukan transaksi atau pembelian NFT ini biasanya menggunakan token Ethereum atau mata uang kripto lainnya yang mendukung. Setiap transaksi tercatat dengan rinci dalam sistem blockchain.

Hal yang pertama dan harus dilakukan agar bisa membeli sebuah NFT adalah Sobat harus memiliki dompet digital yang memungkinkan untuk menyimpan NFT dan mata uang kripto.

Setelah itu, pastinya Sobat harus memiliki mata uang kripto yang bisa untuk membeli, seperti Eterium itu tadi. Pembelian kripto dapat dilakukan melalui platform jual beli serta transaksi bisa menggunakan kartu kredit. Ini tergantung platform mana yang Sobat gunakan.

Baca Juga :  Indikator Trading Efektif yang Harus Diketahui Setiap Trader

Namun, perlu Sobat ketahui NFT sepenuhnya didasarkan pada kesediaan orang yang membayar aset tersebut. Bisa dibilang, NFT akan bernilai apabila didorong dengan permintaan yang tinggi.

Apabila Sobat ingin menjual kembali NFT yang telah dibeli, namun permintaannya rendah, harga NFT milik Sobat akan turun atau bahkan tidak dapat dijual.

Oleh karena itu, sama dengan investasi apapun yang ada, Sobat harus melakukannya secara hati-hati, masuk ke dalam dunia NFT harus melakukan riset yang dalam terlebih dahulu dan pahami risikonya. Termasuk risiko kehilangan seluruh uang yang telah Sobat investasikan.