Perangkat keras untuk akases internet

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Berita Warganet- Perangkat Keras Akses Internet – Untuk dapat mengakses internet kita membutuhkan perangkat keras dan lunak. Kali ini kita akan membahas tentang perangkat keras untuk dapat mengakses internet.

Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer (personal komputer, laptop, notebook, atau netbook) yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya. Perangkat keras komputer biasa disingkat menjadi IPOS (Input Process Output Storage) yang berarti perangkat input, proses, output, dan penyimpanan.

  1. Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data dan instruksi, seperti keyboard, mouse, dan scanner.
  1. Perangkat proses adalah perangkat yang berfungsi mengolah data berdasarkan instruksi yang diterima, contohnya CPU.
  1. Perangkat output adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data seperti monitor, printer, infokus, dan lain-lain.
  1. Perangkat penyimpanan adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data seperti RAM, harddisk, CD, disket, flash disk, dan lain-lain.

Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut.

  • Prosesor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Prosesor minimal yang dibutuhkan adalah Pentium III 500 Mhz.
  • RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal yang dibutuhkan adalah 256 MB.
  • Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal yang dibutuhkan adalah 20 GB.
  • VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Memori VGA card minimal yang dibutuhkan adalah 4 MB.
  • Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
Baca Juga :  Langkah – langkah Menggunakan Microsoft Outlook

Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi (digital) ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis.

  1. Modem Dial-up Modem dial-up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial-up ada dua macam, yaitu:
  • Modem Internal. Modem internal merupakan modem yang dipasang di dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Untuk mulai mengakses internet, modem internal ini dihubungkan ke saluran telepon menggunakan kabel. Kecepatan rata-rata modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
  • Modem Eksternal. Modem eksternal merupakan modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan dengan komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
  1. Modem Kabel Modem kabel (cable modem) adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial-up atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider).
  1. Modem ADSL. ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal saluran telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu.
Baca Juga :  Manfaat Layanan Internet Bagi Siswa

Saluran telepon

Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel, maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

Handphone

Dengan menggunakan handphone yang bisa digunakan sebagai modem, kalian dapat langsung terhubung ke internet tanpa harus menggunakan saluran telepon. Handphone yang digunakan harus mendukung teknologi WAP, GPRS, EDGE, 3G, atau 3,5G, serta sebuah SIM card dari operator selular penyedia layanan teknologi tersebut. Untuk menghubungkan handphone ke komputer dapat digunakan kabel data, infra merah, atau bluetooth.

WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk transmisi data. Untuk menggunakan teknologi ini, kalian harus menggunakan sebuah komputer, laptop, notebook, netbook, PDA, ataupun handphone yang sudah disematkan perangkat WiFi di dalamnya (biasanya berupa kartu). Sedangkan untuk personal komputer yang belum terdapat perangkat WiFi di dalamnya dapat menggunakan perangkat WiFi eksternal berupa WiFi router. Tentunya untuk dapat terhubung ke internet, kita harus berada pada wilayah jangkauan sinyal WiFi yang disebut dengan hotspot.

PErangkat Tambahan untuk Akses internet

Perangkat tambahan untuk akses internet antara lain sebagai berikut.

  1. Webcam. Webcam (web camera) merupakan kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. Webcam biasanya beresolusi VGA 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1,3 Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai webcam. Manfaat webcam adalah penggunanya dapat langsung bertatap muka dengan lawan bicaranya di komputer yang berbeda dan juga bisa mengetahui aktivitas lawan bicaranya saat itu juga.
  1. Headset. Headset adalah gabungan headphone dan mikrofon. Alat ini digunakan untuk berkomunikasi melalui perangkat komunikasi atau komputer misalnya dengan VoIP (Voice Over Internet Protocol). Teknologi headset juga sudah merambah dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular. Headset untuk mengakses internet digunakan pada saat chatting. Pengguna yang terkoneksi ke internet dapat melakukan pembicaraan menggunakan headset mikrofon ke pengguna lain yang tergabung dalam jaringan tersebut.
Baca Juga :  7 Aplikasi Pengganda Akun Dan game Terbaik 2021