Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Berita Warganet – Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet. Untuk dapat mengakses internet kita membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Kali ini kita akan membahas perangkat lunak untuk mengakses internet.

Perangkat lunak yang harus disiapkan untuk mengakses internet bermacammacam sesuai dengan fungsinya. Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, beberapa perangkat lunak untuk akses internet sudah langsung terinstal di komputer. Perangkat lunak yang sudah tersedia seperti Internet Explorer untuk aplikasi browsing dan Outlook Express untuk aplikasi e-mail. Tetapi jika ingin menggunakan aplikasi lain, maka kalian harus menginstalnya sendiri.

Berikut ini adalah berbagai perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga :  Cara Terbaik Memilih Layanan VPN Yang Tepat

Perangkat Lunak Browser

Perangkat lunak yang paling penting adalah browser. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuka suatu halaman web yang berisikan teks, gambar, atau multimedia (gambar dan suara). Beberapa perangkat lunak browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer, Google chrome,  Mozilla Firefox, Opera, dsb.

Perangkat Lunak Chatting

Untuk melakukan komunikasi lewat internet, kalian membutuhkan suatu perangkat lunak chatting. Dengan perangkat lunak ini, kalian bisa berkomunikasi dengan siapapun yang ada di belahan bumi ini dengan pesan teks, suara, dan bahkan gambar berupa video. Beberapa perangkat lunak chatting yang sering digunakan adalah mIRC, Yahoo Messenger, MSN Messenger, dan ICQ.

Baca Juga :  Perangkat Lunak Komputer

Perangkat Lunak FTP

Dengan perangkat lunak ini, pemakai internet dapat mengirimkan (upload) dan mengambil (download) file dari komputer lain yang tersambung ke internet. Beberapa perangkat lunak FTP yang sering digunakan adalah WS-FTP, Go!Zilla, dan Cute-FTP.

Perangkat Lunak E-mail

Perangkat lunak ini memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat  melalui Internet. Tidak hanya berupa pesan teks, tetapi bisa juga mengirimkan tulisan indah dan gambar dalam waktu singkat (kurang dari 1 menit). Selain itu pengirim juga dapat menyertakan lampiran (attachment) berupa file atau grafik atau apa saja. Beberapa perangkat lunak e-mail yang sering digunakan adalah Eudora, Netscape Messenger, dan Microsoft mail (Outlook Express).

Selain perangkat lunak di atas, saat ini ada berbagai perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membantu kita saat menggunakan internet. Contohnya adalah Internet Download Manager, Flash Get, atau Download Accelerator Plus yang digunakan untuk men-download file-file di internet. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kita men-download file dengan waktu yang lebih cepat.

Baca Juga :  Harga Laptop 2 Jutaan

Baca Juga :