6 Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Menggunakan Internet

Berita Warganet6 Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Menggunakan Internet. Tahukah Warganet setiap kegiatan yang Warganet lakukan di dunia maya itu akan terekam atau dikenal dengan jejak digital.

Representasi positif di dunia nyata adalah hal yang penting dengan representasi positif di dunia maya. Internet memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan komunikasi dengan keluarga, Warganet bahkan masyarakat luas di seluruh dunia.

Terkadang kita tidak memikirkan siapa saja yang dapat melihat update status kita, foto yang dibagikan atau komentar yang kita tuliskan.

Postingan dan komentar yang dianggap lucu atau baik bagi kita belum tentu bagi orang lain yang melihatnya. Perlu kita ingat bahwa jejak digital bias dilihat oleh orang lain yang bahkan belum pernah kita temui. Semua hal tentang kita yang diposting di internet belum tentu bisa dengan mudah kita hapus. Itulah pentingnya kita menjaga privasi, posting dan bagikanlah hal yang memang pantas kita bagikan. “Berfikirlah sebelum memposting”, itu adalah salah satu cara menghormati privasi diri sendiri dan juga orang lain. Beberapa hal yang harus kita jaga dengan hati-hati adalah:

1. Alamat Rumah
2. No Telepon/Ponsel
3. Surat Elektroik
4. Sandi media sosial
5. Username
6. Pekerjaan/sekolah dan dokumen penting.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari kita.

Berikut 6 Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Menggunakan Internet

  1. Niatkan penggunaan internet untuk menambah wawasan. Seperti yang kita ketahui selain dampak positif, terdapat pula dampak negatif dalam penggunaan internet. cobalah untuk meyakinkan niat bahwa internet itu digunakan untuk menambah wawasan sehingga tidak dilakukan untuk hal-hal negatif.
  2. Kenali berita, jangan mudah terprovokasi. Cerdas dalam menyikapi sebuah berita, berfikir kritis menanggapi segala sesuatu yang sedang viral. Jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita yang muncul di internet. terkadang berita hoax menyebar sangat cepat karena kita tidak berfikir kritis menyikapi hal tersebut. Kita bisa cek atau melaporkan berita hoax di alamat https://www.kominfo.go.id/content/all/laporan_isu_hoaks.
  3. Bimbingan orang tua terhadap anak dalam penggunaan internet. Saat ini bukan hanya orang dewasa atau remaja yang terbiasa mengakses internet, anak-anak pun mulai terbiasa dengan penggunaan internet. Maka dari itu perlu
    adanya bimbingan orang tua terhadap anak. Arahkan anak untuk mengenal konten konten yang dapat diakses oleh mereka, dan berikan pengertian terhadap beberapa konten yang tidak bisa diakses oleh mereka.
  4. Hindari perdebatan di media sosial, jalin silaturahmi baik. Berdebat di sosial media bukan lah sesuatu hal yang pantas kita lakukan. Hal ini merupakan sesuatu hal yang tidak bermanfaat untuk dilakukan didunia maya.
  5. Tidak memposting hal-hal yang bersifat pribadi. Kebanyakan orang sekarang sering sekali menjadikan dunia maya sebagai tempat dalam mencurahkan segala sesuatu, termasuk hal yang tidak semestinya orang lain
    tahu. Sebaiknya kita tidak melakukan hal ini, karena secara tidak langsung kita mengundang orang lain untuk mengetahui hal pribadi kita.
  6. Berhati-hatilah dalam berkomentar di dunia maya. Ketika kita mengomentari postingan orang lain, khendaknya kita memikirkan terlebih dahulu apakah komentar yang kita tuliskan itu baik atau tidak. Tidak menutup kemungkinan aka nada orang lain yang salah mengartikan atau merasa tersinggung dengan komentar yang kita tulis.
Baca Juga :  Mengukur Kecepatan Akses Internet