Aplikasi-Aplikasi Internet pada Linux

Berita Warganet– Aplikasi-Aplikasi Internet pada Linux. Aktifitas dasar pengguna Internet adalah browsing atau berpindah-pindah dari website satu ke website lain untuk mencari informasi. Karena itu setiap pengguna Internet membutuhkan perangkat lunak untuk melihat halaman web. Perangkat lunak semacam itu disebut browser.

Mozilla

Sistem operasi Linux menyediakan banyak aplikasi browser yang dapat Anda gunakan, di antaranya Mozzila Firefox, Opera for Linux, Galeon, dan Konqueror. Sebelum bernama Firefox, browser ini pernah memiliki nama Phoenix dan Mozilla Firebird. Mozilla Firefox versi 1.0 dirilis pada tanggal 9 November 2004 dan mendapat sambutan baik dari masyarakat pengguna Internet karena fitur-fiturnya yang unik.

Fitur populer Mozilla Firefox adalah pemblokir pop-up (pop-up blocker) yang terpasang langsung pada browser tanpa harus kita install. Pop-up adalah iklan yang muncul bersamaan dengan terbukanya halaman web. Pemakai Internet sering kali tidak membutuhkan iklan-iklan seperti itu. Mozilla Firefox secara otomatis akan menangkal iklan-iklan yang tidak diinginkan pengguna Internet. Selain memiliki fitur pemblokir pop- up, Firefox juga sanggup dapat membuka beberapa halaman web sekaligus tanpa harus membuka jendela baru. Anda cukup menggunakan menu New Tab atau menekan tombol Ctrl + T untuk membuka halaman web baru di sebelah kanan halaman web yang sudah terbuka.

Galeon

Browser Galeon biasanya disertakan dalam paket GNOME. Browser ini sebenarnya tidak berbeda dengan browser-browser lain. Namun, tampilan Galeon yang sederhana membuatnya mudah digunakan. Untuk membuka browser Galeon, Anda dapat memilih menu Application → Internet → Galeon. Setelah jendela Galeon terbuka, Anda tinggal memasukkan alamat website ke dalam address bar, kemudian menekan <enter>. Galeon memiliki banyak fitur yang menarik. Browser ini mendukung adanya New Tab.

Baca Juga :  Twibbon Tidak Mudik Lebaran 2021, Gratis dan Keren Abis!!

Artinya, dalam satu jendela Galeon, Anda dapat membuka beberapa halaman web sekaligus. Bagi pengguna Internet yang sering menggunakan search engine Google untuk mencari informasi, Galeon menyediakan menu Google Search di bagian atas. Tomboltombol standar seperti Back untuk kembali ke halaman web sebelumnya, dan Forward untuk beralih ke halaman selanjutnya juga tersedia. Bahkan, Galeon dapat menampilkan halaman web secara fullscreen sehingga tampilan halaman web tersebut lebih jelas.

Evolution Mail

Anda dapat mengirim dan menerima e-mail melalui dua macam cara. Cara pertama adalah menggunakan web browser. Cara yang kedua adalah menggunakan software khusus untuk e-mail yang disebut e-mail client.

Perbedaan antara mengirim e-mail melalui web browser dan mengirim e-mail dengan aplikasi e-mail client terletak pada aplikasi yang digunakan dan metode koneksinya. Untuk mengirim e-mail melalui web browser, Anda harus masuk ke dalam halaman web yang menyediakan layanan e-mail, misalnya http://mail.google.com, http://mail.telkom.net, http://mail.yahoo.com. Setelah Anda login dan memasukkan password, barulah Anda dapat membuka, menulis, dan mengirim e-mail. Hal berbeda akan Anda jumpai jika Anda mengirim e-mail dengan e-mail client. Untuk mengirim e-mail dengan e-mail client, Anda harus memunyai alamat email yang mendukung protokol POP3 dan SMTP. Alamat e-mail yang mendukung kedua protokol tersebut biasanya disediakan oleh penyedia layanan Internet (ISP). Beberapa penyedia email seperti Yahoo! Mail juga memberikan layanan POP3 gratis. Selain itu,

Anda harus menginstall aplikasi e-mail client. Evolution mail merupakan aplikasi e-mail client yang terdapat dalam paket installasi GNOME. Selain sebagai e-mail client, aplikasi ini dapat kita jadikan sebagai sebuah diary atau agenda kerja. Komponen agenda yang dimiliki Evolution antara lain:

  1. Mail, untuk mengirim dan membaca email
  2. Contact, sebagai address book atau buku alamat
  3. Calendar, sebagai time scheduler atau buku janji
  4. Memo, untuk membuat catatan-catatan penting
  5. Task, sebagai daftar agenda kerja
Baca Juga :  Berikut 8 Daftar Fitur Unggulan WhatsApp Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Untuk memulai Evolution mail, adalah pilih menu Application → Internet → Evolution.  Dengan Evolution, Anda dapat mendownload e-mail, kemudian membacanya tanpa harus terkoneksi ke Internet secara terus-menerus. Cara ini sangat menguntungkan pengguna Internet yang membayar biaya koneksi Internet berdasarkan waktu.

Thunderbird Mail

Thunderbird mail adalah perangkat lunak e-mail client yang juga dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Sejak dirilis pertama kali pada tanggal 7 Desember 2004, Thunderbird telah didownload lebih dari 50 juta kali. Bahkan pada 3 hari sejak diluncurkan, lebih dari 500 ribu orang telah mendownloadnya. Fungsi Thunderbird sebenarnya tidak berbeda dengan Evolution, yakni sebagai e-mail client agar pengguna Internet dapat mengelola emailnya dengan baik.

Tampilan Thunderbird dapat Anda lihat pada Gambar 6.11. Aplikasi e-mai client ini mengorganisir e-mail dalam bentuk folder-folder pada inbox. Anda dapat mengatur sendiri rule email. Sebagai contoh , Anda dapat membuat folder bernama sekolah. Kemudian Anda mengatur agar setiap email yang memiliki alamat @sma-jkt.sch.id masuk ke folder sekolah”. Dengan begitu, Anda lebih mudah memilih e-mail yang akan Anda baca. Selain berdasarkan alamat, rule lain yang dapat Anda pakai pada Thunderbird adalah subject email, tanggal pengiriman, to, CC dan lain sebagainya.

Pidgin

Pidgin termasuk dalam kategori software instant messenger, yaitu sebuah perangkat lunak untuk mengirim pesan singkat antara pengguna komputer. Sebelum bernama Pidgin, aplikasi ini bernama Gaim. Kegiatan mengirim pesan dengan instan messenger lebih populer disebut chatting. Berbeda dengan e-mail, pesan yang dikirim dengan instant messenger lebih mirip dengan SMS pada telepon seluler.

Baca Juga :  5 Daftar Aplikasi Untuk Nonton Film Terbaik

Seorang mengirim pesan, kemudian si penerima langsung membalasnya jika keduanya sama-sama online. Dapat dikatakan bahwa pesan yang dikirim menggunakan instant messanger bersifat realtime. Jendela Pidgin terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian user-user yang sedang online dan bagian untuk mengetikkan pesan. Untuk memulai chatting dengan user lain, klik ganda pada nama user yang Anda inginkan. Kemudian, ketikkan pesan pada jendela pesan dan <enter>. Sesaat kemudian, user tersebut akan mendapatkan pesan Anda, kemudian membalasnya.

Kopete

Instan messenger lain yang berjalan di Linux adalah Kopete. Aplikasi ini biasanya sudah masuk dalam paket paket GNOME. Untuk mengaktifkan Kopete, Anda dapat memilih menu Application → Internet → Kopete .  Seperti halnya instant messenger lain, jendea Kopete memiliki dua bagian, yakni bagian untuk menunjukkan user-user yang sedang online dan bagian untuk mengirim pesan. Anda cukup memilih user yang hendak Anda kirimi pesan, kemudian menulis pesan yang Anda ingin sampaikan. Jika user yang Anda kirimi pesan sedang online, Anda dapat segera mendapat balasan.