Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger, Lengkap dan Terbaru 2021

Berita WarganetCara Membuat Blog di Blogger. Memiliki Sebuah blog yang bertrafik tinggi sekaligus benar – benar menghasilkan adalah cita – cita banyak blogger. Akan tetapi untuk sampai ke level tersebut tidaklah bisa kita dapatkan secara instan. Kali ini Berita Warganet akan share “ Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger, Lengkap Sampai Pengaitan Adsense”. Tutorial ini sangat cocok untuk mereka yang baru masuk kedunia bloging. Supaya lebih mudah tutorial kali ini kita akan fokus terlebih dahulu belajar membuat Blog menggunakan platform Blogger.com atau sub domain blogspot.com. Buat rekan – rekan yang ingin masuk kedunia blog, cara yang akan kami share merupakan cara termudah. Simak dan praktekan penjelasanya dari kami dari awal sampai akhir.

Mengapa Menggunakan Blogspot

Walau banyak Platform Gratis untuk membuat blog, Kami menyarankan ke blogger memang ada alasanya. Mengapa kami menyarankan menggunakan platform blogspot untuk para blogger pemula ? Kami menyarankan menggunakan platform blogger atau blogspot untuk membuat blog dengan alasan :

  1. Platform ini milik Google
  2. Bisa kita custom dengan Domain Milik Sendiri 
  3. Tidak memikirkan sewa hosting
  4. Lebih mudah mengaitkan ke adsense, bagi yang ingin mengaitkan 
  5. Lebih Simple dalam penggunaanya
  6. Sudah tersedia banyak template profesional 

Itulah beberapa alasan, mengapa kami menyarankan sobat warganet yang ingin terjun ke dunia blog dan masih awam, kami arahkan ke blogger. Dari 6 Keunggulan Blogger tersebut tentunya masih banyak keunggulan lainya. Tapi tetap ada kelemahan yang nantinya akan sobat temukan sendiri. Namun, untuk pemula menggunakan blogger adalah pilihan yang paling tepat.

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan sebelum Membuat Blog di Blogger.com

Untuk persiapan membuat blog di blogger.com tidaklah membutuhkan banyak modal. Intinya jika ingin menggunakan domain TLD sendiri maka sobat warganet harus menyiapkan domain sendiri, kita bisa membeli custom domain di penyedia domain.

Banyak penyedia domain di Indonesia, searching saja pilih saja yang sedang promo. Selain domain kebutuhan lain yang wajib ada jika ingin blog kita tampil lebih profesional adalah template premium, namun jika belum mampu blogspot sudah menyedian template versi gratisnya.

Dan banyak juga penyedia template yang menyediakan template gratis, cuma jika tujuan kita adalah untuk jangka panjang, maka investasi dengan membeli template premium adalah pilihan paling tepat.

Ok, setelah paham akan kebutuhan tadi. Kita langsung saja mempersiapkan terlebih dahulu blog yang akan kita pakai. Tahap pertama yaitu membuat blog di Blogger.com, bagaimana caranya ? simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Blog di Blogger dan Mementukan Niche Blog

Kesalahan banyak seorang blogger pemula adalah tidak memikirkan niche atau topik apa yang nantinya akan di kembangkan. Sebetulnya hal ini wajar, sebab mereka juga belum tahu apa yang akan mereka kerjakan. Tapi dengan artikel ini semoga para pemula lebih tertata tahap demi tahap dalam pembuatan blognya.

Untuk tahap awal sebelum blog itu dibuat sebetulnya, sobat warganet perlu memikirkan topik apa yang nantinya akan diusung, topik atau niche blog contohnya seperti :

  • Niche Otomotif ( blog kita nantinya hanya akan fokus ke dunia otomotif )
  • Niche Bisnis
  • Nche Traveling
  • Niche Pendidikan
  • Niche Bloging dan SEO
  • Niche Pertanian
  • Niche Hobi dan topik lain yang sesuai dengan diri sobat.

Untuk lebih mudah kami sudah siapkan penjelasan tentang “ Cara Mudah Menentukan Niche Blog yang Tepat “ Cek > Selengkapnya

Baca Juga :  Cara Membuat Popular Post di Blogspot Seperti VioMagz

Membuat Akun Bloggger

Untuk membuat blog di blogspot.com sangat mudah, untuk langkah awal yaitu pembuatan  akun di bogger.com, bagaimana cara membuat akun blogspot ?

Berita Warganet sudah siapkan artikel tentang “ Cara Membuat Akun di Blogspot “ silahkan sobat bisa cek secara langsung. Bagimana cara membuat akun blog di blogger.com, simak saja…Selengkapnya

Langkah – langkah membuat blog di blogspot

1. Masuk ke akun google milik sobat, menggunakan akun yang sudah disiapkan.

2. Klik “ https://www.blogger.com/ “ kemudian >

3. Klik buat blog > Tulis Judul Blog > Buat alamat blog > ikuti prosesnya sampai selesai

4. Jadi Deh blog milik sobat

Tidak sampai 15 Menit blog milik sobat sudah jadi, artinya sampai tahap ini sobat sudah memeiliki alamat blog sendiri, dan sudah bisa diakses di Internet.

Untuk melihat blog sobat, sobat lihat bagian kiri dan cek paling bawah. Terus klik > Lihat Blog. Maka blog sobat akan bisa dilihat, namun sobat masih menggunakan versi gratis domain bawaan dari Blogger, jadi alamat blog sobat masih menggunakan sub domain .blogspot.com

Untuk hal ini, pada bagian custom domain akan berita warganet jelaskan lebih detail.

Kemudian kita masuk kebagian Seting, kita atur blog kita dari bagian seting.

Menu Pada Dashboard Blogger.com

Apa saja menu yang ada didalam dashboard blogger.com ? Berikut ini akan Berita Warganet jelaskan satu persatu.

Penjelasan Bagian – Bagian Menu pada Dashboard Blogger.com Dari Atas kebawah :

#1. Postingan > Bagian inilah tempat kita menulis dan mempublikasikan artikel yang kita buat dan akan kita publikasikan.

#2 Statistik > Pada bagian statistik, nantinya kita bisa melakukan pengecekan terkait trafik harian ( pengunjung blog )

#3  Komentar > Menu komentar adalah tempat kita melakukan pengecekan omentar yang masuk ke blog kita, kita bisa membalas komentar mereka juga bisa melalui menu tersebut.

#4 Penghasilan > Menu ini yang nantinya kita bisa menghubungkan situs atau blog kita dengan Adsense.

#5 Halaman > Halaman pada blogspot diperuntukan untuk artikel – artikel statis. Seperti untuk membuatahalaman Privacy Policy, About Us dan lainya.

#6 Tata Letak > Pada bagian ini kita bisa mengcustom tataletak standar bawaan Blogger.com

#7 Tema > Ini menu yang sudah Berita Warganet ceritakan dibagian awal. Jadi kita bisa lakukan custom menggunakan tema bloggsot yang kita miliki, baik pro maupun bukan. Template Profesional bisa sobat dapatkan di di ( Sugeng.id – Template Viomagz ) dan lainya.

#8 Setelan > Pada bagian ini kita akan cek satu persatu dan lakukan setingan untuk blog kita

Baca Juga :  Dapatkan Fitur Gratis di Hosting Trial cPanel

#9 Daftar Bacaan > Menu Blogger yang satu ini berisi blog – blog yang sudah kita ikuti

#10 Lihat Blog > Bagian ini tempat melihat blog yang sudah jadi

Cara Setting Dashboard Blogger.com

Untuk melakukan seting pada dashboard blogger kita akan awali dari bagian Tema atau template.

Kali ini Berita Warganet akan menggunakan sample tema premium yaitu Vomagz versi terbaru sebagai sample setingnya.

Setting Tema Blog di Blogger / Blogspot Kita

Bagaimana cara seting template blogspot. kita ikuti penjelasan berikut ini.

Sebetulnya bagian tema kita bisa memilik versi tema yang sudah tersedia disana, namun Berita Warganet akan bahasa lebih dalam lagi dengan menerapkan template premium  yaitu Vomagz.

Pada menu Tema terdapat beberapa sub tema yang ada seperti :

#1 Cadangkan > Jika sobat mengganti tema lama dan sudah berisi konten, maka pencadangan akan penting sekali.

#2 Pulihkan > Bagian inilah tempat kita gonta – ganti tema, tinggal uploud dengan tema kesukaan kita, maka akan berser dengan tampilan yang baru.

#3 Beralih Ke Tema Klasik > Menu ke 3 menjelaskan ke kita, jika kita menghendaki ke tampilan tema klasik klik bagian tersebut. Penampakan tema klasik generasi pertama seperti gambar dibawah ini.

#4 Edit HTML > Bagi yang sudah paham akan HTML , maka sobat bisa ganti tu tema melalui Edit HTML.

Cara Merubah Template Blogger

Pada bagian tema, kita bisa melakukan custom atau instal template sesuai keinginan kita dengan memanfaatkan bagian Pulihkan.

Sebelumnya sudah pernah Berita Warga Ulas bagaimana cara instal template Viomagz di blogspot kita. cek saja disini > Cara Mudah Menginstal Template VioMagz di Blog.

Cara Seting Menu Pada Blogspot Menggunakan HTML

Pada seting HTML kita bisa mengcustom menu template yang sudah kita instal di blog kita, sebagai sample kita contohkan seting menu menggunakan HTML pada Template Viomagz.

Untuk seting menu bisa sobat cek disini > Cara Membuat Menu Navigasi dengan Template ViogMagz

Untuk viomagz versi terbaru seting menu sudah ada pada bagian Tata Letak dan tetap meletakan kode Menu yang sudah ditentukan.

Setting Bagian Tata Letak

Pada bagian dashboard blogger khususnya di menu Tata Letak kita bisa melakukan seting tata letak, disini kita bisa menambah gadget mana yang akan dipakai dibagian sidebar, header maupun footer.

Pada bagian ini kita juga bisa mengatur atau merubah logo blogkita.

Pengaturan di Menu Setting atau Setelan

Pada dashboar blogger bagian inilah yang paling banyak harus kita atur, kita mulai saja dengan melihat menu – menunya.

# Pertama

Pada bagian paling atas di menu seting dashboar blogger terdapat ( Judul, Deskripsi, Bahasa blog, Pengaturan Konten Khusus Dewasa, ID Property Google Analytics dan Favicon )

Judul > Pengaturan bagian ini diisi dengan ” Judul Blog ” untuk judul blog tidak harus sama dengan nama sub domain blog. Artinya jika subdomain kita nomordua.blogspot.com misalnya, maka judul tidak harus menggunakan kata  ” Nomor Dua ” bisa kita gunakan Judul Apapun sesuai keinginan kita.

Deskripsi > Pada bagian deskripsi silahkan sobat warganet isi dengan keterangan blog milik sobat warga. Misal pengisian Deskripsi ( Blog ini berisi tutorial dan Tips Memasak Lengkap atau Blog Berita Terkini dan Terpercaya ) adapun pengisian sesuai yang sobat inginkan, akan tetapi lebih bagus masukan kata kunci utama dari blog sobat.

Baca Juga :  Cara Daftar Akun di Blogger untuk Membuat Website

Bahasa Blog > Bahasa Blog bebas mau memilih English atau bahasa Indonesia, sesuai kenyamanan saja.

Pengaturan Konten Khusus > Biarkan apa adanya jika konten tersebut tidak dikhususkan untuk dewasa.

ID Property GA > Untuk bagian ini diisi dengan ID Property dari Google Analityk yang sobat buat, SSobat bisa buat terlebih dahulu GA dan kemudian masukan IDnya kemenu tersebut untuk pelacakan.

Favicon > Favicon merupakan icon pada menubar, artinya bagian ini tempat meletakan icon dari blog kita dan nantinya akan terlihat dimenu bar pada mesin pencari. Dimana Letak Favicon nantinya. Cek keterangan gambar dibawah ini.

Untuk konvigurasi favicon ada persyaratanya cek gambar dibawah ini :

Gambar yang kita jadikan icon pada Favicon wajib Bujur sangkar ( 521 x 521 px misalnya ) dan kurang dari 100 Kb ukuran gambranya.

Keterangan lebih Lengkap cek disini : Cara Membuat Favicon Versi Terbaru di Blogger

Setelah bagian ini selesai kita lanjut ke bawahnya lagi

#Kedua

Pada bagian ini merupakan kelanjutan dari #Pertama.

Pada bagian ini terdiri dari ( Privasi dan Mempublikasikan )

Privasi > Bagian ini merupakan menu izin artinya kita bisa meenentuka konten kita dapat diakses oleh mesin telusur ataupun tidak

Memunlikasikan > menu ini merupakan menu dimana kita dapat alihkan domain, artinya saat kita membeli domain ( TLD seperti .com, .net, .co.id dan lainya ) kita bisa seting dibagian ini. ( Akan kita bahas lebih dalam )

Menu lain pada bagian seting akan kami update berkala ( Tunggu saja )

Ok, kita Lanjut di penyetingan lain.

Cara membuat Postingan di Blogspot

Untuk cara ini mudah saja, silahkan sobat klik bagian Postingan / Post > Tambah Postingan Baru / New Post

Akan muncul tampilan seperti diatas, kemudian silahkan isi Bagian Judul dan isi postingan.

Ada kalanya kita membutuhkan vidio sebagai pelengkap apa yang kita tulis, maka cara termudah adalah menyisipkan vidio dari youtube ke postingan kita, untuk memasukan vidio kedalam postingan pada blogspot sangat mudah bisa sobat pelajari caranya disini > cek Selengkapnya

untuk keterangan lebih detail akan BW share di postingan lain. Intinya bagian inilah yang digunakan untuk melakukan postingan baru.

Membuat Halaman Baru di Blogger.com

Bagian berikutnya yang tidak kalah penting adalah halaman statis, artinya tulisan atau konten yang terpublish disini bersifat statis tidak seperti post yang dinamis. Jadi untuk menampilkan kita harus menaruh pada menu atau link tertentu supaya orang lain bisa melihat.

Halaman Apa saja yang harus ada pada blog ?

  • Halaman Kontak – Cek Cara Membuatnya DISINI
  • Halaman Sitemap – Cek Cara Membuatnya DISINI
  • Halaman Privacy Policy – Cek Cara Membuatnya DISINI
  • Halaman About – Cek Cara Membuatnya DISINI
  • Halaman Disclaimer – Cek Cara Membuatnya DISINI

Selain Halaman diatas sobat juga bisa membuat halaman lain yang dibutuhkan, seperti halaman khusus menampilkan prestasi blog, link afiliate dan lainya.

Jadi pada dasarnya halaman – halaman ini bisa kita sembunyikan jika kita tidak menginginkan untuk dapat dilihat oleh pengunjung. Berbeda dengan postingan yang otomatis akan muncul.