Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman – Laptop sudah menjadi salah satu perangkat teknologi yang sudah menyatu dengan kehidupan sehari-hari. Setiap saat kita semakin sering berinteraksi dengan perangkat teknologi yang satu ini. Hal ini tentunya akan membuat Laptop kita cenderung berdebu dan terlihat kotor. Sehingga kadang kala kita memang harus membersihkan Laptop secara berkala. Laptop yang terlihat berdebu memang tidak secara langsung mempengaruhi performa Laptop, namun siapa sih yang tahan melihat layar Laptopnya berdebu dan terlihat kotor?

Salah satu bagian yang sering kita lihat kotor dan berdebu adalah layar. Layar juga merupakan salah satu bagian dari laptop yang harus rajin dibersihkan. Agak berbeda dengan keyboard laptop yang cenderung lebih mudah dibersihkan. Untuk membersihkan layar laptop memang agak sedikit lebih riskan dan juga harus berhati-hati. Jangan sampai pada saat membersihkan layar, jangan sampai pada saat membersihkan kita malah menggores layar Laptop.

Ada baiknya, sebelum sobat warganet melakukan pembersihan, sobat memeriksa jenis layar laptop yang dimiliki. Hal ini akan berguna untuk mengetahui langkah mana yang harus diambil untuk membersihkan Layar Laptop degan aman. Ada dua jenis layar laptop yang biasa ditemukan, yaitu layar laptop berlapis kaca dan layar laptop tanpa lapisan kaca.  Yang pertama adalah Layar laptop dengan lapisan kaca lebih kuat dan tahan terhadap kelembapan dari berbagai produk pembersih.

Baca Juga :  Cara Terbaik Memilih Layanan VPN Yang Tepat

Dan yang kedua ada layar laptop tanpa lapisan kaca akan lebih mudah rusak jika terkena produk-produk pembersih tertentu.  Sehingga, dengan mengetahui hal tersebut, kalian bisa menyiapkan kain berbahan dasar mikrofiber atau spons yang tidak akan merusak lapisan layar laptop kalian nantinya. Selanjutnya, kalian bisa juga menyiapkan lap pembersih, air, ataupun alkohol khusus yang digunakan untuk membersihkan barang-barang elektronik. Setelahnya, berikut ini adalah Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman

1. Matikan laptop terlebih dahulu

Cara Membersihkan Layar Laptop pertama adalah memastikan laptop sudah dimatikan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menghindari korsleting dari bahaya koneksi listrik. Selain itu, dengan mematikan laptop, kalian akan bisa melihat debu dan kotoran yang menempel di layar Laptop dengan lebih jelas. Dan hal ini akan membuat kalian akan lebih mudah untuk membersihkannya.

Baca Juga :  Link Download Aplikasi Tempo Pengantin Yang Sedang Viral Di Tiktok

2. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu

Setelah kalian memastikan laptop dalam keadaan mati, Cara Membersihkan Layar Laptop selanjutnya adalah dengan membersihkan debu yang berada di atas layar laptop. Kalian bisa menggunakan kain mikrofiber yang kering sehingga debu-debu dapat terangkat dan dibersihkan secara lebih baik. Dengan menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan alat-alat elektronik akan lebih baik daripada menggunakan kain katun biasa.

Selain itu, jangan usapkan kain dengan arah memutar dan menekan Layar. Bersihkanlah dengan arah menurun dan satu kali usap. Hal ini dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerusakan pada layar. Usahakan untuk membersihkan layar laptop dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih terhadap layar tersebut karena bisa meninggalkan goresan atau korsleting karena tekanan dari jari tersebut.

3. Membersihkan Noda yang ada pada Layar

Selain memperhatikan tekanan dalam mengelap layar Laptop, pastikan juga kalian membersihkan noda yang ada dengan menggunakan Spons berbahan lembut untuk membersihkan layar tersebut. Noda yang dibersihkan adalah noda yang tertinggal pada layar laptop. Jangan lupa untuk menggunakan dengan alkohol atau cairan pembersih Layar.

Ambil spons yang permukaannya lembut, sehingga tidak mengikis dan meninggalkan bekas pada layar laptop. Celupkan spons pada cairan pembersih atau air, dan peras sampai spons tidak meneteskan air lagi. Lalu, usaplah layar dengan spons tersebut secara hati-hati tanpa menyentuh bagian lubang-lubang pada layar yang berhubungan dengan sistem.

Baca Juga :  Daftar Aplikasi Trading Yang Terdaftar OJK

4. Pastikan layar kering sebelum menggunakannya

Sebelum kamu menggunakan laptop kembali, pastikan bahwa layar laptop tersebut sudah cukup kering dari bekas cairan pembersih tersebut untuk menghindari kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun atau cairan yang masih tersisa di layar tersebut bisa saja menimbulkan korsleting yang bisa merusak Laptop.

5. Biarkan layar kering secara alami

Yang perlu diperhatikan pada saat membersihkan layar laptop adalah hindari penggunaan alat seperti hairdryer untuk mengeringkan layar. Menggunakan hairdryer memang bisa membuat layar laptop kalian cepat kering. Namun, menggunakan hairdryer atau pembantu pengering lainnya juga dapat menyebabkan kerusakan komponen internal akibat suhu panas terhadap laptop tersebut. Jadi, lebih baik bersabarlah menunggu layar tersebut kering secara alami.

Itulah Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman sob. Cara ini tidak terlalu susah untuk dilakukan kok. Kalian juga bisa membersihkan layar laptop secara berkala, sehingga laptop kalian akan terlihat selalu bersih dan nyaman untuk digunakan. Kalian bisa menjadwalkan membersihkan layar setiap satu minggu sekali di akhir pekan misalnya. Semoga bermanfaat! [TR]