Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021

Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021

Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021 – Dengan gencarnya Pendidikan berbasis teknologi di Indonesia, Banyak sekolah mulai dari sekolah sampai dengan Sekolah Menengah ke atas melengkapi ruang kelas dengan mesin untuk siswa mereka. Memang perangkat ini semakin dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran.

Dan khusunya bagi orang tua akan muncul pertanyaan apakah (dan kapan) anak perlu dibelikan smartphone yang bisa membuat orang tua kekhawatir akan tanggung jawab, keamanan online, dan banyak lagi seperti waktu yang dihabiskan untuk bermain game. Dan tentunya dengan membeli  laptop  juga akan menimbulkan kekhawatiran yang sama.

Dengan satu perbedaan kecil. Pendidikan saat ini semakin maju dan siswa juga membutuhkan perangkat yang bisa digunakan untuk beragam hal sepeti menjelajah intenet untuk mencari materi, berbalas pesan dalam pembelajaran daring, bermain game, les online, sampai dengan ujian. Suka atau tidak suka, dunia semakin maju dalam hal teknologi.

Nah kali ini beritawarganet akan memberikan informasi Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021 yang bisa menjadi rekomendasi orang tua dalam membeli perangkat “mahal” ini.

Pertimbangan dalam membeli Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021

Selain dari fungsinya, dalam membeli Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021 tentunya membutuhkan banyak pertimbangan. Seperti yang kita ketahui bagi anak-anak, perangkat baik smartphone, tablet autaupun laptop ibarat “mainan baru”. Sehingga ada factor yang perlu diperhatikan ketika orang tua memutuskan untuk membelikan  putra-putri mereka laptop.

Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adaah keamana dan control orang tua, tahan lama, dan pastinya ramah anggaran. Namun kali ini beritawarganet akan berfokus pada anak anak pada rentang SD sampai dengan SMA. Namun jika sobat warganet ingin membelikan Anak Laptop yang juga bisa digunakan untuk bermain game selain membuat tugas. Tentunya membutuhkan Laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan tentunya lebih mahal.

Apakah ada pertimbangan lain yang bisa digunakan dalam membeli Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021? Tentu saja ada, agar Laptop yang nantinya dibeli bisa sesuai dengan anggraan dan juga kebutuhan, perlu juga mempertimbangkan beberapa hal seperti:

Baca Juga :  Review Tecno Camon 16 Premier

Sistem Operasi Mana yang Terbaik?

Pertimbangan ini bukanlah untuk membandingkan Mac atau Windows.  Yang jelas Laptop Apple baru tidak tersedia dengan harga yang murah. Bahkan sobat warganet mungkin harus merogoh kocek hingga 10 jutaan untuk mendapatkan Apple MacBook Air 2017 MQD32. Dan harga ini tentunya masih terlalu mahal untuk siswa sekolah dasar atau menengah. Namun jika sobat warganet adalah penggemar Apple tidak aka nada rekomendasi yang lain yang bisa diberikan.

Setelah Mac yang memiliki harga “mahal” tinggal dua pilihan tersisa disini yaitu Windows 10 dan Chrome OS, yang merupakan sistem operasi dari Google. Kita sudah mengetahui OS baru ini bisa menjalankan aplikasi web dalam browser Chrome. Bahkan Chrome OS juga bisa digunakan untuk  menjalankan aplikasi dari Google Play Store yang  dirancang untuk smartphone dan tablet Android, termasuk  didalamnya bisa menjalankan Microsoft Office . Ini adalah pilihan yang baik ketika dihadapkan pilihan antara control orang tua, bermain game dan mengerjakan tugas.

Berkat adanya mode Windows 10 S yang ditujukan untuk pasar pendidikan memang bisa juga menjadi pilhan bagus lainnya. Hal ini karena adanya peningkatan keamanan yang bisa mencegah penginstalan kecuali tersedia di Toko Microsoft. Hal ini artinya, orang tua memiliki kontrol untuk memblokir game dan aplikasi berdasarkan peringkat kontennya.

Kembali pada tujuan utama yaitu Pendidikan, Windows memang menjadi pilihan utama karena kebanyakan Lembaga di Indonesia masih menggunakan Apliaksi yang berbasis windows. Namun tidak menutup kemungkinan, sobat warganet memilih Chrome OS, karena beberapa Chromebook menyertakan fitur yang jelas ramah anak (seperti pelapis yang mudah digenggam, atau penutup layar yang berfungsi ganda sebagai papan tulis). 

Ukuran dan Portabilitas Laptop

Beberapa Chromebook dan laptop Windows yang murah memiliki keyboard anti tumpah, hal ini berarti Laptop ini mampu bertahan dari percikan air. Hal ini memang penting bagi anak-anak jika menginginka  Laptop yang bisa “bertahan lama”. Namun sobat warganet akan sedikit susah menemukan Laptop seperti itu dengan Anggaran yang terbatas.

Namun ada hal yang bisa menjadi perhatian utama yaitu portabilitas. Terutama bagi siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang berjalan kaki ke sekolah dengan ransel yang sarat dengan buku pelajaran yang berat. Tentunya sobat warganet tidak mau membebani bahu mereka dnegan Laptop berat. Sehingga laptop dengan ukuran dan berat yang ringan adalah pilihan yang cukup baik.

Baca Juga :  6 Laptop Gaming Tipis Terbaik Tahun 2021

Selain itu, daya tahan baterai juga harus menjadi perhatian yang menjadi factor yang bisa menjadi pertimbangan. Anak-anak akan membutuhkan Laptop dnegan daya tahan baterai seharian penuh di Sekolah paling tidak sampai dengan mereka pulang ( walaupun ada stop kontak disekolah). Setidaknya mereka tidak periu membawa beban tambahan seperti charger.

Spesifikasi Apa yang Harus Dimiliki Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021

Pertimbangan terakhir yang harus dilakuakn adalah adalah bagaimana anak-anak akan menggunakan laptop? Hal ini akan merujuk pada prosesor, penyimpanan, dan konfigurasi memori yang harus dipilih. Spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat anak bisa menggunakan Laptop dengan lancer.

Jika hanya digunakan untuk membuat tugas seperti membuat catatan, menulis makalah, atau membuat slide PowerPoint hanya membutuhkan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Hal ini berarti prosesor Intel Celeron atau Pentium saja sudah cukup. Namun sobat warganet juga bisa memilih beberapa model Chromebook yang menggunakan prosesor seluler AMD (Kecuali AMD Seri Ryzen) atau MediaTek, yang menjadi  Laptop dengan tingkat kinerja terendah.

Jika banyak digunakan untuk melakukan teleconference atau anak anak secara teratur mengikuti les dnegan melakukan streaming video pendidikan online. Sobat warganet bisa beralih pada Prosesor Intel Core i3 yang lebih tinggi dari Celeron. Lupakan Intel Core i5 atau i7 jika memiliki anggran yang terbatas walaupun pastinya memiliki kinerja lebih baik lagi.

Selain itu,laptop 2-in-1 yang dapat dikonversi atau dilepas, juga bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Laptop ini dapat berfungsi ganda sebagai tablet berkat engsel yang berputar 360 derajat, atau layar yang terlepas sepenuhnya dari keyboard. 

Walaupun kebanyakan Laptop hybrid dan konvertibel lebih mahal dari kisaran harga yang telah kita bahas. Namun sobat warganet bisa menemukan beberapa model berkualitas tinggi dengan harga yang sedikit terjangkau. Laptop ini adalah yang terbaik untuk anak-anak usia sekolah menengah. Hal ini dikarenakan tampilannya yang stylish dan modern.

Setelah menentukan prosesor, selanjutnya adalah memori dan penyimpanan yang diperlukan. Spesifikasi minimal umum adalah RAM 4GB SSD 64GB. Spesifikasi ini cukup untuk Chromebook (jika memilih Chromebook) Namun agak kurang bagi sobat warganet yang ingin menggunakan Windows. Sobat warganet pasti ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan menjadi 128GB. Hal inii dikarena file sistem operasi pada PC Windows 10 dapat memakan lebih dari 20GB yang berarti menyisakan penyimpanan internal sekitar 40GB. Pengecualian adalah jika sobat warganet memilih laptop dnengan HDD yang lebih lega namun lebih lambat dalam kinerja.

Baca Juga :  Berapa akun Gmail yang bisa kamu miliki?

Bagaimana Dengan Grafik dan Game?

Hanya karena Anda memilih di antara prosesor yang relatif lambat dan kapasitas memori yang terbatas tidak berarti bahwa bermain game tidak mungkin dilakukan saat anak anak menyelesaikan tugas sekolahnya. Beberapa permainan, tentu saja bisa sobat warganet sertakan. Ada banyak permainan yang juga mendidik saat ini.

Misalnya saja microsoft yang memiliki versi pendidikan dari game konstruksi open world Minecraft yang sangat populer  . Siswa dapat menggunakannya untuk menjelajahi, membuat, dan menuangkan kreatifitasnya dalam game sembari melepas penat yang diperoleh setelah mengerjakan tugas.

Minecraft dan game serupa lainnya akan berjalan pada sistem Core i3 dengan RAM 4GB. Namun sobat warganet akan membuat pengalaman itu jauh lebih menyenangkan dengan memilih laptop dengan 8GB. Jika mau, sobat warganet juga bisa meningkatkan spesifikasi dan tentunya harga untuk memilih laptop gaming   dengan chip grafis khusus seperti GeForce GTX, GeForce RTX, atau Radeon RX.

Jadi, Apa Laptop Terbaik untuk Anak di tahun 2021?

Yang perlu diperhatikan saat ini adalah membelikan putra atau putri sebuah laptop artinya memberi mereka portal ke internet dengan sisi positif dan negatifnya. Ada banyak pertimbangan yang sudah sobat warganet baca sebelumnya. Hak ini akan kembali pada masing masing (pertimbangkan juga guru anak-anak Anda) untuk memastikan Laptop ini akan membawa sisi postitif bagi mereka. 

Untungnya, Chromebook dan laptop Windows saat ini sudah  memiliki fitur kontrol orang tua , dan ukuran laptop yang relatif dan fitur yang ada pada perangkat saat ini hampir sama dengan Smartphone, sehingga akan memudahkan untuk memantau aktivitas dan menetapkan aturan dasar seperti melarang penggunaan komputer setelah pekerjaan rumah selesai. Berikut ini adalah daftarnya

LaptopOSProsesorStorageRAMGrafisHarga
Lenovo 300E ChromebookChrome OSAMD A4-9120C4GB Soldered DDR4-186632GB eMMC 5.1Integrated AMD Radeon R4 GraphicsMulai dari 4 Juta
Lenovo Ideapad 1 11IGL05Windows 10Intel® Celeron64GB EMMC4GB DDR4Intel® HD GraphicsMulai dari 5 Juta
LENOVO Ideapad SlimWindows 10 HomeAMD A6-9222e4 GB DDR4128 GB SSDAMD Radeon R4 GraphicsMulai dari 5 Juta
Acer Chromebook Spin 311Chrome OSDual Core AMD A4-9120C4GB DDR4 SDRAM32GB EMMCAMD Radeon™ R4 GraphicsMulai dari 5 Juta
HP Chromebook  x360 12bChrome OSIntel Celeron N40204GB DDR4128GBIntegrated Intel HD GraphicsMulai dari 6 Juta
HP Pavilion x360 14 LTE (2020)Windows 10 HomeIntel® Celeron® N40004GB DDR4500GB 5400 rpm SATAIntel® UHD Graphics 600Mulai dari 6 Juta
Microsoft Surface Go 2Windows 10 HomeIntel Pentium Gold 4425Y64GB eMMC4GBIntel UHD 615Mulai dari 6 Juta
Microsoft Surface Laptop GoWindows 10 HomeIntel Pentium 4415128GB SSD8GBIntel HD Graphics 615Mulai dari 7 Juta
MSI Modern 14Windows 10 HomeIntel® Core™ i3-10110U Processor256GB NVMe PCIe SSD8 GB DDR4Intel UHD GraphicMulai dari 8 Juta