Mengukur Kecepatan Akses Internet

Berita Warganet – Mengukur Kecepatan Akses Internet Untuk mengukur kecepatan akses internet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan benchmark dengan memanfaatkan jasa situs internet speed test (pengukuran kecepatan internet). Internet Speed Test akan memberikan data yang seakurat mungkin tentang berapa besar bandwidth yang tersedia untuk akses internet penggunanya.

Meskipun menggunakan akses broadband, handphone 3G, atau dial-up sekalipun, internet speed test akan membantu untuk mengetahui apakah pengguna internet mendapatkan kecepatan maksimal seperti yang dijanjikan oleh ISP atau operator seluler.

Untuk melakukan tes terhadap kecepatan akses internet dapat memanfaatkan jasa-jasa situs web pengukuran kecepatan internet berikut.

www.Speedtest.net

Inilah salah satu internet speed test terbaik yang pernah ada. Dengan berbagai pilihan lokasi yang tersedia, pengguna internet bisa leluasa melakukan tes kecepatan akses internet. Selain gratis, layanan ini juga menyediakan menu untuk mencatat tes-tes yang pernah dilakukan sebelumnya, serta dapat mengirimkan hasil tes tersebut ke teman atau sahabat sehingga mereka bisa tahu berapa kecepatan internet anda.

www.AuditmyPC.com

Satu lagi yang terbaik untuk menguji kecepatan internet adalah AuditmyPC. Layanan ini dapat mengukur kecepatan download maupun upload dari suatu koneksi internet. Tidak hanya itu, AuditmyPC juga menyediakan layanan untuk menguji kinerja dari Firewall yang digunakan, apakah efektif atau tidak.

CNET Bandwidth Meter Speed Test (www.cnet.com)

Alternatif lain untuk melakukan tes terhadap kecepatan internet dapat menggunakan situs web ini. Kecepatan akses internet di setiap negara berbeda-beda. Di Jepang, akses internet kecepatan tingginya bahkan diakui sebagai yang tercepat di dunia.

Saat ini internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler. Untuk ini telah digunakan beberapa protokol, diantaranya adalah WAP, GPRS, EDGE, UMTS, dan HSDPA.

  1. WAP (Wireless Aplication Protocol) merupakan hasil kerjasama antarindustri untuk membuat sebuah standar yang digunakan pada selular agar pengguna dapat mengakses halaman internet yang berformat WML (format data yang telah disederhanakan agar dapat diterima oleh selular). WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 Kbps.
  1. GPRS (General Packet Radio Service) merupakan salah satu standar komunikasi wireless untuk transfer data dalam GSM. GPRS memiliki kecepatan yang mencapai 115 Kbps.
  2. EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) merupakan suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistem wireless GSM. Dalam teorinya, kecepatan transfer data EDGE dapat mencapai 384 Kbps.
  1. UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) merupakan suatu sistem komunikasi wireless generasi ketiga (3G). UMTS memiliki kecepatan yang mencapai 2 Mbps.
  1. HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan suatu protokol transmisi data secara downlink (menerima) dalam jaringan UMTS/HSPA. HSDPA memiliki kecepatan yang mencapai 3,6 Mbps. Untuk dapat menggunakan protokol-protokol di atas pada telepon selular, maka harus mengaktifkan layanan dari operator selular dan melakukan pengaturan pada telepon seluler. Lihat lampiran 3 untuk mengetahui cara setting GPRS dan MMS semua operator di Indonesia.
Baca Juga :  Mengenal Perangkat Keras Masukan pada Komputer