Manfaat Layanan Internet Bagi Siswa

Berita Warganet – Manfaat Layanan Internet Bagi Siswa.  Layanan internet memiliki banyak manfaat. Berikut bebeerapa manfaat dari layanan internet :

Menyelesaikan Tugas-tugas Sekolah

Internet bisa digunakan untuk  menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan memanfaatkan internet.  Untuk mencari topik yang kalian butuhkan sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas-tugas ,  maka siswa dapat memanfaatkan fasilitas search engine untuk mencariya. Jika sudah menemukan informasi yang dibutuhkan, kemudian dapat mengambilnya (download) ke folder yang dikehendaki.

Jika siswa  menemukan kesulitan, mereka dapat berkonsultasi dengan teman, saudara, atau bapak/ibu guru kalian melalui e-mail atau mungkin supaya lebih santai dapat melalui chatting.

Para siswa juga dapat  mengirim tugas kalian atau file tertentu ke teman atau guru  melalui e-mail dengan fasilitas file attachment. Melalui surfing,  dapat menjelajah situs-situs web yang memiliki informasi yang dibutuhkan,

Di antara berjuta-juta situs web, ada situs yang menyediakan informasi berupa simulasi-simulasi suatu teori seperti pelajaran Fisika, Biologi, Matematika, dan lain-lain. Siswa dapat melakukan praktik dan latihan mengerjakan soal sekaligus mengetahui langsung hasilnya, menarik bukan? Situs web seperti ini termasuk ke dalam kategori e-laboratory (laboratorium elektronik).

Untuk melatih kemampuan bahasa dan meningkatkan pembendaharaan kata terutama bahasa inggris, para siswa  dapat mengunjungi situs web yang menyediakan fasilitas kamus dan terjemahan seperti www.bahasa.net, www.kopitime.com, dan lain-lain. Situs web seperti ini termasuk ke dalam kategori e-dictionary (kamus elektronik).

Mendownload File

Dalam meyelesaikan tugas-tugas sekolah, kadang-kadang membutuhkan untuk menyalin program dari internet, baik berupa program aplikasi, file data, informasi, file musik, maupun file video. Program gratis dapat didapatkan di situs-situs yang meyediakan program freeware (gratis).

Baca Juga :  Percobaan Siang dan Malam, Begini Ulasanya

Bagaimana cara mendownload file? Untuk dapat men-download file dari internet, terlebih dahulu harus mengunjungi situs web yang memuat informasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, kalian ingin mengunjungi situs yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai komputer, software, hardware, dan internet, serta kalian dapat men-download informasi yang kalian butuhkan. Buka link tertentu, kemudian klik tombol download. Jika tempat penyimpanan file download berada di situs web tersebut, maka kotak dialog Save As akan langsung muncul,  lalu tentukan tempat menyimpan file tersebut, lalu klik Save. Tetapi jika tempat penyimpanan file download berada di situs lain, maka ikuti perintah-perintah selanjutnya sampai muncul perintah download.

Chatting Menggunakan mIRC

Fasilitas internet yang bisa digunakan siswa dan pengguna lainnya adalah chatting.  Untuk melakukan kegiatan chatting ini terlebih dahulu harus sudah tersedia program chatting. Salah satu program chatting yang popular adalah mIRC. Jika dalam komputer kalian belum terdapat program ini, kalian dapat men-download dari internet. Selain menggunakan mIRC, chatting juga bisa dilakukan dengan Yahoo Messenger atau MSN Messenger. Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, chatting juga bisa dilakukan menggunakan handphone dengan aplikasi seperti E-buddy atau Nimbuzz.