4 Langkah Penting Sebelum Online Agar PC Aman dari Spyware

4 Langkah Penting Sebelum Online Agar PC Anda Aman – Bila Anda terhubung ke internet, Tentu saja Anda memiliki resiko yang dapat membahayakan PC Anda. Itu dalah fakta yang harus Anda perhatikan. Dan itulah alasan software antivirus dan produk serupa lainnya dibuat. Tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi PC Anda. Bukan merupakan kesalahan Anda jika PC kesayangan terkena virus yang berasal dari internet, namun Anda juga tidak boleh mengabaikan keamanan dan harus mengambil metode pencegahan untuk menghentikan sebelum hal tersebut terjadi. Apa saja metode pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk melindungi PC Anda sebelum online? Simak ke 4 tipsnya berikut ini.

Menjaga PC Tetap Bersih

Langkah ini sangat penting untuk menjaga PC Anda tetap bersih. Bersih yang dimaksud disini adalah menjauhkannya atau membersihkannya dari ‘benda jahat dan berbahaya’ yang juga dikenal sebagai spyware, adware, malware atau virus. Jika Anda berselancar di jaringan internet dengan menggunakan PC. Ada banyak jenis objek berbahaya bertebaran di dunia maya. Namun tenang saja, beruntungnya ada juga obat untuk menjaga PC Anda tetap terlindungi dari hal-hal tersebut.

Gunakan Antivirus

Ada dua perangkat lunak yang paling penting dan harus Anda miliki. Software tersebut adalah adalah antivirus dan anti adware. Selain itu, Beberapa produk anti adware juga menyembuhkan spyware bukan hanya adware. Saat ini banyak perangkat lunak gratis yang dapat Anda gunakan dan Tidak perlu membeli perangkat lunak antivirus atau anti Adware. Namun tak salah juga jika Anda ingin menggunakan antivirus yang berbayar untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus memilih dua perangkat lunak yang akan melindungi PC Anda. Biasanya software Ini akan bekerja di latar belakang secara otomatis. Sehingga PC Anda akan selalu aman dari benda berbahaya tersebut.

Baca Juga :  Review Asus Zenfone 7 Pro

Jadwal Pemeliharaan

Perangkat lunak yang Anda pasang di PC tersebut akan memblokir spyware dan adware pada saat Anda online. Namun Anda juga harus menggunakan perangkat lunak tersebut saat Anda offline. Anda harus memindai PC dengan menggunakan kedua perangkat lunak tersebut setidaknya sekali setiap tiga minggu. Langkah ini akan membersihkan benda berbahaya. Benda-benda ini dapat membuat banyak kerusakan pada PC Anda walaupun dalam keadaam offline.

Pemindaian Keamanan

Pada langkah sebelumnya, telah disebutkan bahwa Anda memerlukan dua perangkat lunak untuk menjaga perlindungan berkelanjutan pada PC Anda. Pemindaian keamanan akan Anda perlukan Jika mengunduh perangkat lunak, film, gambar, video atau hal lainnya dari internet. Anda akan sangat disarankan untuk memindai item yang Anda undug tersebut sebelum membukanya, klik kanan pada file tersebut dan gunakan antivirus Anda untuk memindainya. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengaktifkan firewall pada PC Anda. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat membuka Kontrol Panel pada settingan atau pengaturan PC. Firewall juga merupakan perlindungan berkelanjutan yang sangat penting.

Itulah ke 4 Langkah Penting Sebelum Online Agar PC Anda Aman. Setelah Anda menginstal perangkat lunak Anda, ini melindungi PC Anda dan Anda mendapatkan kembali kebebasan yang layak Anda dapatkan. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.