Aplikasi Benchmark PC Paling Populer, Ini Daftarnya

Aplikasi Benchmark PC Paling Populer -. Banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan seseorang ketika ingin membeli PC, entah itu komputer desktop atau laptop. Bisa jadi orang akan melihat dari mereknya, lalu juga komponen apa saja yang digunakan, serta berapa kecepatan atau total kapasitas dari komponen tersebut.

Ketiga hal utama tersebut dapat menentukan keputusan akhir seseorang membeli PC, di samping juga segi harganya. Nah, sebenarnya terdapat satu hal lagi yang bisa dijadikan pertimbangan. Adalah jumlah skor yang diperoleh dari aplikasi benchmark PC. Reviewer atau para pengulas tentu tidak akan melewatkan jumlah sajian skor yang diberikan dari aplikasi benchmark PC ketika akan mengulas suatu produk.

Baca Juga : 10 Aplikasi Tercanggih Tahun 2021 Untuk Android

Misalnya saja, kamu belum puas dengan hasil tes dari seorang reviewer. Apalagi setelah kamu beli PC, ada beberapa komponen yang mungkin kamu ganti atau upgrade. Kalau sudah begitu, kamu perlu mengetesnya lagi sendiri untuk mengetahui skor benchmark (tolok ukur) terbaru dari PCrakitan mu.

Terdapat banyak sekali aplikasi benchmark PC yang beredar dan bisa kamu coba. Namun, dalam artikel ini,  sudah dipilihkan beberapa yang terbaik dan paling banyak digunakan oleh para reviewer. Apa saja nama aplikasinya? Berikut akan kami jelaskan satu per satu nama dan juga fungsinya.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Benchmark PC Paling Populer :

1. GeekBench

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 7

Pada HP Android, kamu mungkin mengenal Aplikasi GeekBench untuk mengetahui sejauh mana kemampuan singlecore dan multicore suatu chipset. Skor singlecore itu menggambarkan kemampuan HP dalam membuka sebuah aplikasi, sedangkan unuk skor multicore berkaitan dengan kemampuan untuk multitasking.

Pada aplikasi versi PC, fungsi GeekBench juga sama. Namun, kamu juga dapat menguji kemampuan dari CPU dan GPU dengan berbagai skenario. Skenario itu seperti halnya rendering HTML5, enkripsi, ray tracing (sejenis rendering), dan juga lain sebagainya. Kemampuan RAM ketika sedang menangani sebuah pekerjaan yang berat juga bisa dilihat menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga :  Aplikasi Game Penghasil Uang 2021

Pada dasarnya, Aplikasi Geekbench ini adalah aplikasi yang berbayar. Namun, kamu dapat mencoba versi trial-nya atau uji coba terlebih dahulu.

Link download aplikasi ini dapat kamu akses di bawah ini

Dwonload GeekBench

2. Cinebench

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 11

Sudah Banyak orang di seluruh dunia mempercayakan Benchmark PC nya pada Aplikasi Cinebench bikinan Maxon untuk mengevaluasi kemampuan PC nya khususnya pada sektor CPU-nya.

Ya, karena aplikasi ini akan ‘menghajar’ CPU komputer kamu dengan skenario rendering gambar 3D dan 4D, berdasarkan kondisi nyata yang sebenar benarnya. Baik itu dalam keadaan single-thread maupun multithread. Lama waktu pengujian menggunakan aplikasi ini bervariasi, bisa 5-10 menit, tergantung kemampuan CPU kamu dan juga dipengaruhi RAM.

Setelah aplikasi ini selesai menguji, maka akan keluar skor benchmark dan peringkat berapa PC kamu Berada. Aplikasi Cinebench ini juga dapat menguji kemampuan rendering dari CPU kamu saja, atau kombinasi CPU dan juga GPU. Kabar baiknya lagi, aplikasi ini gratis. Untuk kamu pengguna sistem operasi Windows dapat mengunduhnya menggunakan link dibawah. Sedangkan kamu yang memakai MacOS bisa juga kok tinggal pilih Sistem operasi apa yang kamu gunakan dengan hanya mengklik link dibawah ini.

Baca Juga :  Aplikasi Grafis dan Pemrograman pada Linux

Untuk MacOS

Untuk Windows

3. 3DMark

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 9

Sejak aplikasi Benchmark PC ini masih dibawah naungan Futuremark (perusahaan Finlandia), Aplikasi 3DMark sudah sangat populer digunakan untuk pengujian kemampuan GPU. Sekarang di bawah induk perusahaan baru yaitu Underwriters Laboratories, popularitas 3DMark masih tetap terjaga.

Aplikasi 3DMark singkatnya adalah sebuah aplikasi yang berfungsi memberi beban kerja pada GPU PC kamu, untuk melihat seperti apa efeknya. Nah, efek yang akan dipantau itu macam-macam. Mulai dari clock speedframe rate, temperatur, dan lain sebagainya. Beban kerja yang diberikan juga ada banyak macamnya.

Yang menariknya lagi, kamu bisa menyimpan, memvalidasi, dan juga membandingkan skor pengujian tersebut dengan perangkat milik orang lain secara online. 3D Mark terdapat dua versi, demo dan berbayar. Versi yang berbayar tentu punya fitur yang lebih lengkap. Namun, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba versi demo dengan mengunduhnya dengan hanya klik link di bawah ini.

Download 3DMark

4. AIDA64

10 Aplikasi Benchmark PC Terpopuler untuk Berbagai Platform 15

Dulu orang lebih mengenal aplikasi ini dengan sebutan Lavalyst Everest. Sejak perusahaan software yang bernama Finelwire mengakuisisi Lavalyst, aplikasi Everest berubah nama menjadi AIDA64. Terdapat tiga edisi AIDA64 yaitu untuk PC: Extreme, Business, dan Engineer. Untuk kamu apabila pengguna rumahan, pilih saja yang Extreme.

Informasi yang akan diberikan oleh AIDA64 benar-benar lengkap. Terdapat informasi mengenai sistem operasi, temperatur, daya, voltase, driver, dan yang terpenting tentu saja seluruh komponen yang terpasang di komputer kamu.

Baca Juga :  Download Video Tiktok Tanpa Watermark di www Snaptik.apk

Mengenai tool benchmark-nya, aplikasi AIDA64 berfokus pada uji kemampuan CPU. Terdapat banyak mode stressing yang disediakan. Selain itu pula, ada uji untuk kemampuan RAM. Menggunakan aplikasi AIDA64 sebenarnya menyenangkan.

Kamu tinggal klik “Start” saja, tak lama kemudian akan muncul skor dan langsung ditampilkan peringkat berapa device PC kamu. Masalahnya yaitu, aplikasi ini berbayar. Dan untuk versi gratisnya diberikan hanya selama 30 hari. Penasaran? kamu cukup klik link dibawah ini saja untuk mengunduhnya.

Download AIDA64

5. Crystal Disk Mark

Komponen yang juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui kecepatannya adalah hardisk atau SSD. Pasalnya, hardisk atau SSD ini juga menentukan waktu untuk memuat suatu file, ketika kamu akan membuka aplikasi apa pun. Proses booting nya juga dipengaruhi oleh kecepatan hardisk atau SSD yang kamu gunakan. Begitu juga dengan kemampuan copy-paste dan untuk memindahkan file.

Beberapa produsen hardisk atau SSD memang sudah mencantumkan berapa kecepatan tulis dan baca produknya. Namun, untuk kecepatan itu mungkin beda apabila dibandingkan dengan kondisi nyata, kamu butuh aplikasi seperti Crystal Disk Mark untuk memastikannya.

Ya, melaui aplikasi ini, kamu akan bisa mengetahui berapa kecepatan baca dan kecepatan tulis sekuensial. Skor kecepatannya dalam satuan MB/detik ditampilkan setelah hardisk atau SSD kamu melewati pengujian selama beberapa menit.

Aplikasi Crystal Disk Mark statusnya gratis dan mempunyai tiga edisi: Standar, Shizuku Edition, dan Tsukumo Tokka. Edisi pertama itu paling ringan, sedangkan dua edisi yang disebut terakhir berat karena menampilkan karakter yang akan menyambut kamu ketika aplikasi ini dibuka. Kamu bisa mengunduh Crystal Disk Mark dengan hanya mengklik link di bawah ini.

Dwonload Crystal Disk Mark