Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Simak Nih 5 Tipsnya

Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Simak 5 Tipsnya!

Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Simak Nih 5 Tipsnya! – Siapa sih yang tidak mau memiliki banyak uang dan memiliki kestabilan secara finansial? Tentu saja hal tersebut adalah impian dari sekian banyak orang. Dan mungkin salah satunya adalah sobat warganet sendiri. Nah, Apakah sobat warganet ingin menginvestasikan uang yang dimiliki agar uang tersebut dapat ‘bekerja’ untuk kita? beragam cara bisa digunakan agar uang kita bisa diinvestasikan dan dapat menghasilkan passive income yang lumayan untuk mencapai kestabilan ekonomi. Dan salah satu yang biasa digunakan sebagai jalan investasi adalah dengan cara investasi saham. Namun, memang jika membicarakan tentang saham. Seolah olah hal tersebut adalah hal yang menakutkan.

Padahal jika dipelajari dan dijalankan dengan serius, dan juga dengan cara investasi saham yang sederhana untuk mengawalinya. Sobat warganet dapat menghasilkan passive income yang lumayan dan tentunya dapat membantu sobat warganet untuk mencapai kestabilan finansial yang diidam-idamkan selama ini. Nah kali ini berita warga akan memberikan cara investasi saham yang mudah. Sehingga sobat warganet yang memiliki keinginan untuk mencoba dan menggeluti dunia investasi bisa mencobanya tanpa ragu lagi. Berikut ini langkah langkah yang dapat sobat warganet tiru!

Baca Juga : Twibbon Hari Keluarga Internasional 2021, International Day of Families

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi yang Kecil

Cara investasi saham yang pertama adalah dengan memilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil. Dan langkah nyata yang harus sobat warganet lakukan adalah dengan membuka rekening efek. Dan rekening efek tersebut adalah rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Nah, setelah sobat warganet sudah membuka rekening efek, sobat warganet bisa dengan segera memulai investasi saham. Caranya adalah dengan melakukan top-up dana  yang sobat persiapkan ke rekening efek.

Baca Juga :  Cara Menemukan Ponsel Android yang Hilang Dengan Mudah

Baca Juga : 5 Asusransi Jiwa Terpercaya di Indonesia 2021

Yang perlu diperhatikan disini adalah setiap kali sobat warganet bertransaksi membeli saham, maka perusahaan sekuritas tersebut biasanya akan memungut biaya transaksi. Dan biaya transaksi yang dipungut bisa berbeda pada  tiap perusahaan sekuritas. Biaya transaksi yang dipungut tersebut biasanya adalah 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Namun tidak jarang pula perusahaan sekuritas yang hanya memungut biaya 0,15% untuk pembelian dan 0,20% untuk penjualan.

Tentunya Agar keuntungan yang didapatkan semakin besar, tentu saja sobat warganet harus memperhatikan jumlah biaya transaksi perusahaan sekuritas yang dipilih. Dan biasanya jika sobat warganet memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil, hal tersebut juga akan memaksimalkan keuntungan yang dihasilkan. Namun yang perlu diperhatikan adalah besarnya biaya transaksi, biasanya akan menentukan kualitas pelayanan dan aplikasi perusahaan sekuritas tersebut. Saran terbaiknya adalah dengan memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang sesuai dengan budget atau dana yang dipersiapkan.

Baca Juga :  Pdf 86 Daftar Pinjol Ilegal Menurut OJK, Per April 2021

Pilih Saham Perbankan atau Consumer Goods

Cara Investasi saham yang kedua adalah dengan membeli saham dari perbankan dan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang consumer goods sebagai saham pertama. Hal tersebut adalah cara yang paling bijak dan tergolong paling aman untuk pengalaman bermain saham pertama kali. Jadi sobat warganet dapat mengambil saham-saham bank besar, manufaktur yang besar, consumer yang besar. Investasi saham pada sektor defensif adalah hal yang bagus bagi investor pemula

Baca Juga :  Twibbon Ramadhan 2021, Gratis dan Langsung Jadi di Twibbonize

Dengan memilih saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau consumer goods bisa dikatakan pilihan yang bijak. Hal ini dikarenakan perusahaan yang bergerak di kedua bidang tersebut dapat biasanya dianggap bisa mencetak laba signifikan tiap tahunnya. Hal ini menyebabkan harga saham biasanya akan sering mengalami kenaikan dan cenderung stabil. Sehingga akan aman bagi sobat warganet yang baru belajar dan bermain di bidang investasi saham.

Baca Juga : Harga Emas Batangan 24 Karat Hari Ini 10 Mei 2021

Mengetahui Waktu Yang Tepat untuk membeli saham

Prinsip yang paling sederhana dalam sektor saham adalah membeli saham ketika turun, dan menjualnya ketika naik. Walaupun begitu sobat warganet tentunya tidak boleh melakukannya secara asal-asalan. Sebagai trader pemula tentunya sobat warganet masih belum bisa memprediksi dan mengetahui sampai kapan saham akan turun. bisa jadi hari ini saham turun banyak, namun pada keesokan hari saham sudah naik. Atau, bisa juga terjadi hari ini harga saham turun, dan esok hari juga masih turun. Disini sobat warganet bisa membeli saham tersebut secara bertahap.
Keuntungan yang bisa diperoleh dari membeli saham secara bertahap adalah jika saham tersebut turun lagi, sobat warganet masih memiliki modal untuk membelinya kembali. Namun, Jika saham yang dibeli langsung naik, sobat warganet juga tidak ‘ketinggalan kereta’, karena sobat warganet sudah memiliki sahamnya.

Baca Juga :  Teknik Penyiraman Tanaman

Membeli Saham yang Dikeluarkan oleh BEI

Yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum sobat warganet membeli saham adalah memastikan bahwa saham yang akan dibeli terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Cara investasi saham ini memang sangat dianjurkan untuk pemula. Seperti yang kita ketahui bersama, BEI adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem serta sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek tersebut.

Sobat warganet dapat mencari informasi saham yang terdapat pada BEI melalui situs web resminya. Disana BEI akan menampilkan detail profil anggota bursa, partisipan, dan dealer utama sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi. Sobat dapat mengetahui segala macam informasi yang diperlukan sebelum sobat warganet memutuskan untuk membeli saham.

Memilih Investasi Jangka Panjang

Cara investasi saham yang terakhir adalah dengan memilih Investasi jangka panjang. Investasi saham adalah cara memperoleh passive Income yang cukup menjanjikan. Dan dalam berinvestasi pastinya sobat warganet menginginkan keuntungan. Sehingga sobat warganet dapat dengan mudah mencapai kestabilan ekonomi.

Dan biasanya, investasi saham dengan jangka panjang cenderung lebih aman dan menguntungkan. Selain itu, cara berinvestasi saham dengan investasi jangka panjang ini memiliki risiko yang lebih rendah apabila sobat warganet memilih perusahaan yang tepat.

Nah sob, demikianlah Cara Investasi Saham Bagi Pemula yang dirangkum dari berbagai sumber. Dan dapat sobat warganet perhatikan sebelum terjun dalam dunia trading. Semoga dapat bermanfaat!

Pencarian Populer : cara investasi saham pemula