Bagaimana Cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya yang ada di Indonesia

Cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya yang ada di Indonesia

Bagaimana Cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya yang ada di Indonesia? – Untuk dapat memulai investasi saham, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Namun dalam memilih perusahaan sekuritas terpercaya tidak boleh sembarangan.

Hal ini agar sobat warganet dapat terhindar dari kerugian dalam berinvestasi dikarenakan investasi abal-abal yang sering ditawarkan oleh perusahaan sekuritas nakal Namun Bagaimana Cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya yang ada di Indonesia? Agar sobat warganet lebih mudah dalam memilih perusahaan sekuritas yang akan digunakan. Sobat warganet dapat membaca terlebih dahulu bebeapa tips berikut.

Baca Juga : Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Simak 5 Tipsnya!

Cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya

Setidaknya ada 5 hal yang berhasil berita warganet rangkum dari berbagai sumber mengenai cara memilih perusahaan sekuritas terpercaya di Indonesia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah

Perusahaan sekuritas terdaftar sebagai anggota bursa dan memiliki izin dari OJK

Keabsahan dari Perusahaan Sekuritas tentunya menjadi hal yang terpenting yang perlu diperhatikan. Perusahaan sekuritas atau broker saham yang sah dan aman untuk sobat warganet hanya perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan sekuritas yang sobat warganet pilih wajib terdaftar pada kedua badan tersebut.

Baca Juga :  Cara Daftar KIP Kuliah 2021 Agar Bisa Kuliah Gratis

Baca Juga : Twibbon Hari Keluarga Internasional 2021, International Day of Families

Sobat warganet dapat dengan mudah melihat jaminan keabsahan izin perusahaan sekuritas yang sobat warganet pilih dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini. Sobat dapat memeriksa nama perusahaan sekuritas tersebut tercantum sebagai anggota bursa pada situs resmi BEI. Dan akan lebih baik lagi jika sobat tidak mudah dan menghindari perusahaan sekuritas yang menawarkan investasi saham namun namanya tidak terdaftar di BEI maupun OJK.

Perusahaan sekuritas menyediakan aplikasi trading online

Dengan perkembangan teknologi saat ini sobat dapat melihat dan mengawasi lantai bursa dnegan mudah. Dengan menyediakan aplikasi trading online, sobat dapat dengan mudah melakukan beragam transaksi jual-beli saham. Sobat warganet dapat dengan mudah mengendalikan investasi melalui telepon seluler dan PC.

Yang perlu diperhatikan adalah tiap perusahaan sekuritas biasanya memiliki interface sendiri pada aplikasi online yang dimiliki. Oleh karenanya, Cara memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya kedua adalah dengan memilih Perusahaan sekuritas yang memiliki dan menyediakan aplikasi trading online yang mudah untuk sobat pahami dan gunakan dalam berinvestasi.

Baca Juga :  Tanda-Tanda Kerusakan Tanaman

Baca Juga : 5 Asusransi Jiwa Terpercaya di Indonesia 2021

Perusahaan sekuritas menetapkan fee yang transparan

Pada dasarnya, ada tiga jenis biaya trading saham yang mungkin perlu dibayar oleh investor kepada perusahaan sekuritas. Ketiga biaya itu adalah fee jual, fee beli, dan fee data pasar (di luar pajak dan meterai yang dipungut oleh pemerintah). Fee jual/beli berupa persentase tertentu yang akan dikenakan pada setiap transaksi jual/beli saham. Sedangkan fee data pasar biasanya berupa nominal rupiah tertentu yang perlu dibayar setiap bulan.

Baca Juga : 26 Daftar Entitas Investasi Ilegal Yang Dihentikan OJK Sampai April 2021

Yang perlu diperhatikan adalah Penerapan fee sangat bervariasi antar perusahaan sekuritas.  Dan Tarif fee jual/beli dan market info dapat berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Sobat warganet dapat dengan mudah mendapatkan informasi akurat dengan menanyakan secara langsung kepada Customer Service dari peusahaan sekuritas yang Sobat Warganet pilih.

Memperbolehkan pembukaan rekening efek sesuai Modal yang dimiliki

Dengan kampanye buka rekening murah mulai dari 100 ribu, Bursa Efek Indonesia memang mengkampanyekan pembukaan rekening efek dengan modal murah. Namun, tidak semua perusahaan sekuritas memiliki kebijakan tersebut. Ada pula perusahaan yang menetapkan syarat setoran awal mulai dari Rp1 juta, Rp3 juta, bahkan Rp10 juta atau lebih.

Baca Juga :  Yamaha V50, si Jadul Yang Lagi Gencar di Cari

Untuk itu, sobat warganet dapat memilih perusahaan sekuritas yang menetapkan modal awal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.  Tenang saja secara bertahap sobat dapat menguasai mengenai trading, disaat itu sobat dapat berpindah pada perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terbaik di Indonesia.

Baca Juga : SmartTV TCL Terbaik 2021 , Nobar Makin Asyik Nih!

Perusahaan sekuritas memiliki track record yang baik

Cara memilih perusahaan sekuritas yang terakhir adalah dengan mengetahui sejarah dari perusahaan sekuritas yang dipilih.  Sobat Warganet dapat bergabung dengan forum investor di media sosial seperti Facebook ataupun platform diskusi khusus trader seperti Stockbit, Sobat Warganet dapat dengan jelas mengetahui bahwa setiap perusahaan sekuritas Indonesia memiliki reputasi berbeda-beda. Reputasi ini bisa jadi baik maupun buruk.

Rekam jejak dari perusahaan sekuritas haruslah benar benar diperhatikan agar sobat warganet tidak mengalami hal -hal yang merugikan karena salah dalam memilih perusahaan sekuritas.