Usaha Laundry : Berapa Modal Yang Diperlukan?

Usaha Laundry : Berapa Modal Yang Diperlukan?

Usaha Laundry : Pengertian sampai dengan Modal Yang Diperlukan – Usaha jasa memang tidak bisa dipandang sebelah mata jika kita menggelutinya dengan baik. Ada banyak potensi bisnis yang menghadirkan cuan melimpah jika berbicara mengenai usaha jasa. Salah satunya adalah usaha laundry yang beberapa tahun belakangan ini semakin marak di kota-kota besar dan menjanjikan keuntungan berlipat-lipat.

Namun bagaimana sih cara buka usaha laundry yang tepat sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat? Kali ini berita warganet akan menjelaskan secara detail mulai dari pengertian usaha laundry sampai dengan berapa modal yang dibutuhkan.

Apa Itu Usaha Laundry?

Sesuai dengan bahasa, kata laundry adalah kata benda yang mengacu pada sebuah tempat yang digunakan untuk mencuci pakaian. Laundry juga bisa dihubungkan pada kegiatan mencuci bahan tekstil atau tempat untuk mencuci bahan tekstil. Jadi kata laundry sendiri memiliki arti kegiatan mencuci dan tempat mencuci pada waktu dan lokasi yang bersamaan. Sedangkan usaha laundry adalah sebuah usaha di bidang jasa yang menawarkan cuci pakaian dan sejenisnya yang umum digunakan oleh konsumen.

Usaha laundy biasanya sangat mudah ditemukan di daerah daerah yang ramai seperti perkotaan, lingkungan pabrik atau lingkungan sekolah dan kampus. Usaha ini biasanya dimanfaatkan oleh konsumen yang memang tidak memiliki waktu untuk mencuci bajunya sendiri karena kelelahan karena sudah bekerja seharian ataupun alasan lainnya. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat usaha laudry dengan mencucikan baju, menyetrika dan membuatnya rapi sebelum diambil kembali oleh si empunya pakaian.

Mengapa Usaha Laundry Dibutuhkan?

Ada beberapa hal yang membuat usaha laudry ini sangat berpotensi untuk dikembangkan. Dan Usaha Laundry ini bisa dibilang sangat dibutuhkan oleh masyarakat loh sob. Selain itu, ada beberapa alasan khusus yang membuat Usaha laudry dibutuhkan ditengah masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Masyarakat tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian setiap hari karena kesibukannya. Umumnya aktivitas yang padat seperti di kota besar menuntut adanya jasa laundry untuk mencuci baju kotor. Meski terlihat sederhana, tapi aktivitas mencuci pakaian kotor membutuhkan waktu dan tenaga ekstra mulai dari membilas, mencuci, menjemur, hingga menyetrika dan melipat.
  2. Dengan jasa yang praktis dan hasil yang memuaskan, waktu yang seharusnya digunakan untuk mencuci sendiri di rumah bisa digunakan untuk istirahat atau melakukan aktivitas produktif lainnya. Ini yang membuat banyak orang memilih untuk melaundry pakaian dan menggunakan waktu luang untuk istirahat atau bersenang-senang.
  3. Jasa laundry memiliki keahlian dalam membersihkan berbagai jenis pakaian dari segala jenis. Bisa dipahami bahwa tidak semua orang memiliki pemahaman tentang bagaimana mencuci jaket berbulu, jaket kulit, atau bahkan kain kebaya dengan banyak manik-manik. Untuk itulah jasa laundry sangat tepat untuk mengerjakannya secara profesional.

Jenis jenis Usaha Laundry

Usaha Laundry

Laundry Kiloan

Laundry jenis ini adalah laundry yang menggunakan perhitungan pada berat pakaian yang dicuci oleh konsumen. Sehingga pada umumnya pakaian yang akan dicucikan bercampur menjadi satu. Konsumen biasanya memilih jenis laundry ini karena baju-baju yang akan dicuci tidak memerlukan perhatian atau perlakuan khusus, contohnya seperti pakaian yang digunakan sehari-hari. Selain itu, konsumen yang memilih jenis laundry ini juga biasanya dikarenakan mencari opsi harga yang lebih murah. Oleh karena itu, jenis laundry kiloan ini lebih cocok berada di kawasan kost atau kontrakan mahasiswa dan karyawan.

Baca Juga :  Aplikasi desktop Microsoft 365 Dan 10 Edisi Yang Tersedia

Laundry konvensional

Jenis laundry ini menyediakan layanan cuci yang lebih spesifik, dengan perlakuan yang berbeda untuk setiap pakaian yang dicucikan oleh pelanggan. Mengingat cara penanganan yang lebih detail, tak heran jika jenis laundry ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada laundry kiloan. Selain itu, jenis laundry ini juga melayani dry clean. Jadi, modal yang diperlukan untuk membuat laundry ini sedikit lebih besar.

Laundry Khusus

Laundry jenis ini adalah tren baru yang berkembang seiring daya beli masyarakat yang lebih baik. Alasan lahirnya laundry Khusus ini tidak lain karena para pemilik barang barang seperti sepatu atau helm premium membutuhkan layanan cuci yang terpercaya. Selain itu ada juga yang memang membuka laundry khusus ini karena konsumen membutuhkan alat alat yang memadai misalnya saja adalah laundry karpet, atau laundry sofa yang sudah semakin menjamur keberadaannya di Indonesia.

Laundry bisnis

Jenis laundry ini tidak menyasar konsumen biasa, melainkan konsumen dari badan usaha. Biasanya, yang menjadi klien laundry ini adalah perusahaan yang mencucikan seragam karyawannya. Untuk membuka jenis laundry ini tentu saja butuh modal yang lebih besar karena jumlah pakaian yang dicuci akan sangat banyak. Setiap perusahaan pun memiliki kebutuhannya masing-masing, sehingga Kamu harus menyediakan beragam perlengkapan laundry tambahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Laundry hotel

Laundry ini bekerja sama dengan pihak hotel untuk mencucikan seluruh perlengkapan kamar dan juga pakaian tamu. Jenis landry ini membutuhkan perhatian ekstra karena sensitivitas dari klien. Mengingat semua hotel berusaha memberikan pelayanan terbaik, maka Kamu pun juga akan dituntut untuk memberikan layanan yang sama.

Laundry express

Jenis laundry satu ini memiliki flow kerja yang sedikit berbeda dengan laundry pada umumnya karena mengedepankan aspek kecepatan. Artinya, laundry express membutuhkan perlengkapan cuci yang lebih banyak daripada laundry konvensional. Jumlah pegawai yang ada pun harus lebih banyak untuk memastikan proses operasional berjalan harmonis tanpa kendala.

Tips Membuka Usaha Laundry

Usaha Laundry

Nah, setelah membahas mulai dari pengertian jenis jenis dan seluk beluk usaha laundry. Sobat warganet bisa nih mencoba membuka usaha laundry untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan. Namun, sebelumnya ada beberapa tips yang harus sobat warganet baca sebelum membuka usaha laundry sendiri. Tentunya sobat warganet harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk usaha laundry agar bisa berjalan dengan baik. Dan berikut ini adalah Tips untuk membuka usaha laundry baik rumahan maupun skala besar dari nol.

1. Tentukan Jenis Usaha Laundry yang Kamu Inginkan

Sudah disebutkan di atas berbagai jenis usaha laundry yang mungkin bisa kamu pilih dan sesuai dengan minat dan kemampuan. Sobat warganet bisa memulainya dengan usaha laundry kiloan yang sederhana. Selain itu, Laundry kiloan biasanya sangat mudah untuk dilakukan karena seperti disebutkan diatas. Biasanya pakaian yang dicuci adalah pakaian pakaian yang biasa digunakan sehari-hari atau pakaian yang tidak memerlukan perlakuan khusus. Sehingga jika kamu adalah pemula kamu bisa belajar sedikit demi sedikit untuk mengembangkan bisnis usaha laundry ini menjadi Laundry konvensional.

Baca Juga :  KIA Rio 2022, Review Harga dan Spesifikasi Lengkap!

2. Buat Perencanaan Bisnis atau Business Plan yang Matang

Han, setelah sobat warganet menentukan jenis bisnis laundry yang akan dijalankan. Langkah berikutnya yang harus dilakukan tentunya adalah dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jangan ada yang terlewat dan harus masuk ke dalam perencanaan bisnis. Kamu bisa melakukan riset seolah-olah kamu adalah pelanggan yang akan menggunakan jasamu. Coba simulasikan dari awal kamu mendapatkan setumpuk baju kotor dan bagaimana prosedur yang diterapkan hingga pakaian tersebut rapi dan siap digunakan oleh pelanggan.

3. Analisis Kompetitor

Jangan lupakan juga kompetitor yang ada. Usaha laundry adalah usaha yang bisa dibilang mudah untuk dilakukan dan dijalankan. Artinya, ketika sobat warganet akan membuka bisnis ini, tentunya akan menjumpai banyak kompetitor di sekitar. Maka yang perlu kamu lakukan adalah Analisis kompetitor yang ada di sekitarmu dan berikan keunggulan dari jasa yang akan kamu tawarkan. Perhatikan bagaimana mereka bekerja dan apa yang kurang dari mereka sehingga bisa menutupnya dengan jasa yang kamu tawarkan nanti.

4. Hitung dan Siapkan Modal Usaha

Tentunya hal paling penting tidak boleh dilupakan ya sob. Hal tersebut adalah modal usaha yang diperlukan. Kamu harus menghitung secara cermat rincian modal serta apa saja yang kamu butuhkan untuk memulai usaha laundry ini dan berapa total kebutuhan dananya. Jika modal yang kamu punya agak mepet, kamu bisa mencari paket usaha laundry pemula yang umumnya lebih terjangkau. Nantinya modal usaha ini akan berpengaruh pada keuntungan dan bagaimana pengembangan lebih lanjut bisnis laundry kalian.

5. Siapkan Layanan Antar Jemput

Memberikan layanan antar jemput merupakan salah satu strategi yang cukup mumpuni jika kamu mau bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya. Menjemput pakaian kotor dan mengantarkannya dalam keadaan bersih tentu akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan yang benar-benar sibuk untuk mengantarkan dan mengambil laundry ke lokasi usahamu. Kamu juga bisa menambahkan fitur layanan whatsapp dan gratis pengantaran untuk radius tertentu dari lokasi usaha.

6. Buat Strategi Marketing dengan Kreatif dan Tepat

Menggunakan strategi marketing yang kreatif dan unik tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan catatan tidak bertentangan dengan kaidah bisnis dan menjatuhkan kompetitor. Misalnya menggunakan banner yang unik dan menarik yang akan membuat konsumen penasaran, atau memberikan promo cuci 10 kg gratis 1 kg, serta promo lainnya yang bisa membuat pelanggan tertarik. Cara ini terbukti efektif untuk menjaga pelanggan agar tetap melakukan pencucian ulang dan tidak berpindah ke laundry kompetitor.

7. Gunakan Media Sosial untuk Marketing Secara Online

Ditengah gempuran teknologi seperti saat ini, Media sosial juga bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan bisnis laundry yang kamu buat sob. Posting keunggulan dari jasa laundry dan berbagai promo menarik sehingga para pelanggan bisa mengetahui kampanye promosi tersebut. Apalagi hampir setiap orang memiliki media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan promo promo yang ada di usaha laundrymu. Dengan cara ini, kamu bisa menjangkau banyak pelanggan baru lewat media sosial. Kamu juga bisa membuka usaha online laundry lewat aplikasi chat, dimana kamu bisa antar jemput pakaian pelanggan.

8. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi yang tepat juga harus kamu pertimbangkan dengan baik sob. Pertimbangan lokasi yang strategi sangat penting bagi usaha laundry. Kamu harus mempertimbangkan target pasar dengan usaha laundry yang sedang kamu rintis. Misalkan kamu membuka jasa laundry konvensional, pasti akan sangat potensial jika berada di sekitar kampus atau kompleks perkantoran. Perhatikan juga biaya sewa tempat usaha yang tidak membebani operasional dan justru akan merugikan.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Transaksi dan Langkah - Langkah Menganalisis Transaksi

Modal Awal Usaha Laundry

Usaha Laundry modal

Seperti yang dibahas sebelumnya, modal awal usaha laundy adalah hal yang penting untuk kamu siapkan. Lalu apa saja dan berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha laundry? Yuk kita bahas! Ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan untuk mengawali bisnis ini, diantaranya adalah sebagai berikut

Mesin cuci

Alat pertama yang harus ada adalah mesin cuci. Mesin cuci yang bisa Kamu gunakan adalah mesin cuci jenis top load atau mesin cuci front load. Kedua jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan juga budget kamu sob.

Harga untuk mesin cuci top load terbilang lebih murah, mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp4,5 juta. Namun, harga murah ini harus ditebus dengan ketidakpraktisannya. Di sisi lain, mesin cuci front load yang lebih praktis hadir dengan harga dan fitur yang lebih tinggi. Saat ini, Kamu bisa menemukan mesin cuci front load mulai dari harga Rp3,5 juta hingga Rp12 juta.

Mesin pengering

Walaupun kebanyakan mesin cuci sudah dilengkapi dengan fungsi pengering, namun bukan berarti kamu tidak membutuhkan mesin pengering. Alat satu ini bisa membantu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Untuk segi harga, mesin pengering ini memang terbilang cukup mahal. Saat ini Kamu bisa menemukan mesin pengering dalam berbagai varian dengan keunggulannya masing-masing. Harga yang dipatok pun mulai dari Rp3,6 juta hingga Rp12 juta.

Setrika dan papan setrika

Setrika menjadi perlengkapan wajib yang tak boleh Kamu lewatkan. Untuk setrika sendiri, harganya terbilang cukup murah. Setrika biasa bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp100 ribu hingga Rp300 ribu. Berbeda dengan setrika uap, harganya tentu lebih mahal karena memberikah hasil setrikaan yang lebih rapi dan lebih halus. Kamu bisa membeli setrika uap dengan harga mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta, tergantung merek dan fitur yang dimiliki.

Untuk papan setrika sendiri, harganya pun tak terlalu tinggi, tergantung jenis yang Kamu pilih. Kamu bisa memilih meja setrika yang terbuat dari bahan kayu untuk menghemat biaya. Sebab, meja setrika dari kayu ini biasanya tidak lebih dari Rp100 ribu untuk ukuran 100x36x60cm.

Sabun cuci dan pewangi laundry

Supaya hasil cuci jadi lebih bersih dan wangi, sabun cuci dan pewangi laundry harus Kamu siapkan. Sebagai referensi untuk Kamu, sabun cuci laundry per liter biasanya dibandrol dengan harga Rp20.000. Kalau pewangi sendiri, untuk ukuran 5 liter, bisa Kamu miliki dengan harga sekitar Rp125.000.

Jika dilihat satuan, harganya memang tampak relatif murah. Namun, karena Kamu butuh dalam jumlah yang banyak, harga kumulatifnya jadi cukup tinggi. Untuk menyiasatinya, sebaiknya Kamu membeli sabun dan pewangi dalam partai besar di produsennya langsung.

Plastik kemasan laundry

Untuk menjamin kebersihan hasil cucian sebelum sampai ke tangan pelanggan, Kamu perlu mengemas plastik-plastik tersebut dalam plastik. Beruntungnya, plastik kemasan untuk laundry ini cukup murah, yaitu mulai dari harga Rp10.000 untuk ukuran 250 gram. Tentu saja, harga plastik akan semakin tinggi untuk ukuran yang lebih besar.

Modal tersebut belum termasuk sewa kios dan juga pegawai. Untuk modal sewa bisa tidak ada jika kamu menggunakan rumah sendiri sob. Sama seperti modal untuk pegawai, jika kamu mengerjakannya sendiri tentu saja tidak ada biaya untuk membayar pegawai.

Pencarian Populer : TIPS CUAN ONLINE