Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang terletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut adalah

Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah

Dengan mempertimbangkan materi, proses, sumber belajar, dan juga media pembelajaran. Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang terletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut adalah:

A. Video
B. Gambar
C. Guru/Siswa
D. Boneka Peraga
E. Modul

Jawaban

C. Guru/Siswa

Pembahasan

Jawaban C guru/siswa sebagai media pembelajaran efektif dan efi sien. Gambar dan Boneka Peraga perlu bahan (biaya).

Baca Juga :  Jawaban Mencari Kata Penanda Urutan Waktu Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

Tujuan instruksional

Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan instruksional yang telah ditetapkan sebelumnya. Mungkin ada sejumlah alternative media yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan dan karakteristik media pembelajaran yang akan dipakai.

Keefektifan

Dari beberapa alternative media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling efektif (tepat guna) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Siswa

Apakah media yang dipilih sudah sesuai dengan kemampuan, perbendaharaan pengalaman, dan menarik perhatian siswa? Digunakan untuk siapa? Apakah secara individual atau kelompok kecil, kelas atau massa? Untuk kegiatan tatap muka atau jarak jauh?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.1 Matematika Kelas 8 Halaman 68 Semester 2 Bagian 2

Ketersediaan

Apakah media yang diperlukan itu sudah tersedia? Kalau belum, apakah media itu dapat diperoleh dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama siswa, meminjam, menyewa, membeli dan mungkin dapat “dropping” dari pemerintah.

Biaya pengadaan

Bila memerlukan biaya untuk pengadaan media, apakah tersedia biaya untuk itu? Apakah yang dikeluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil penggunaannya? Adakah media lain yang mungkin lebih murah, tetapi memiliki keefektifan setara?

Baca Juga :  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mempersiapkan Bahan Presentasi yang Baik, Apa Saja?

Kualitas teknis

Apakah media yang dipilih itu kualitasnya baik? Jika menggunakan media gambar misalnya, apakah memenuhi syarat sebagai media pembelajaran? Bagaimana keadaan daya tahan media yang dipilih itu?

Menurut Degeng, dkk (1993), pemilihan dan penggunaan sumber belajar haruslah didasarkan pada hal-hal berikut ini:

  1. Analisis karakteristik siswa.
  2. Adanya tujuan dan isi instruksional.
  3. Adanya strategi pengorganisasian pembelajaran.
  4. Adanya strategi penyampaian.
  5. Adanya strategi pengelolaan pembelajaran.
  6. Adanya pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.

You May Also Like