persediaan air sungai
persediaan air sungai

Kunci Jawaban Persediaan Air Sungai

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Persediaan Air Sungai. Sobat BW pernahkah kalian duduk di tepi sungai? Apakah air sungai volumenya sama setiap hari atau akan berkurang? Pada siang hari yang terik, panas matahari akan menguapkan air dari permukaan sungai. Apa akibatnya bagi persediaan air sungai?

 

persediaan air sungai
persediaan air sungai

Ayo Berdiskusi

Persediaan Air Sungai

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Dari mana asal persediaan air sungai?

Asal persediaan air sungai bisa berasal dari curah hujan yang terjadi dan jumlah air yang berasal dari suatu hulu sungai. Kenapa bisa dikatakan begitu? Mengingat bahwa curah hujan yang membentuk air-air bisa berkumpul untuk menjadi satu di sungai. Jadi,tak heran persediaan air sungai disebabkan curah hujan. Selain itu, air sungai itu juga bisa berasal dari wilayah yang sama. Misalnya, sungai di wilayah A bisa sampai memasuki wilayah B untuk memenuhi karena sungai yang ada di wilayah A dan di wilayah B berada di kawasan atau wilayah yang sama. Bisa dikatakan berasal juga dari berbagai tempat. Contohnya adalah laut, danau dan lainnya yang disebabkan karena adanya Hulu Sungai.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 3 Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?

Masyarakat-masyarakat disekitarlah yang memanfaatkan air sungai dalam mempergunakan air sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan air sungai. Selain masyarakat, tumbuhan dan hewan juga bisa mempergunakan air sungai dalam memenuhi kebutuhan untuk kehidupannya atau lebih tepatnya kelangsungan hidupnya.

 

3. Apa saja manfaat air sungai?

Memenuhi kebutuhan buat sehari-hari. Makhluk-makhluk yang ada di bumi membutuhkan air sungai dalam kelangsungan hidupnya.

Bisa mengairi yang berguna untuk mengaliri tanaman. Jadinya, petani tidak perlu susah-susah dalam mengangkut air untuk menyiram tanaman.

Sebagai sarana transportasi untuk ke pulau-pulau yang terpisahkan oleh perairan. Sarana transportasi yang bisa dipakai adalah perahu atau kapal. Tetapi, tidak bermodalkan perahu atau kapal saja. Melainkan air sungai juga yang ikut berperan mengaliri.

Sebagai lokasi pariwisata. Ada pula sungai yang bisa menjadi objek pariwisata yang bisa dikunjungi. Hal ini dikarenakan mungkin pemandangan di sekitar sungai yang indah.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Memahami Pembelajar Mandiri

4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu.

Tidak. Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.

 

5. Faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?

Curah Hujan ==> Jika adanya curah hujan yang tinggi, maka air sungai menjadi lebih banyak. Sebaliknya jika curah hujan di suatu wilayah rendah, maka  air sungai di wilayah tersebut akan sedikit.

Cuaca ==> Faktor cuaca jika di suatu wilayah memiliki musim kemarau yang panjang, maka persediaan air sungai bisa turun/sedikit dikarenakan musim kemarau menyebabkan air sungai menjadi mengering. Sebaliknya, kalau musim hujan akan membuat air sungai akan naik dan menjadi banyak.

Hulu Sungai ==> Hulu Sungai adalah alur sungai yang sudah menjadi bagian tertinggi. Hulu sungai bisa diartikan sebagai awal sumbernya air mengalir ke sungai. Jika terdapat adanya aliran sungai yang deras maka volume air sungai akan bisa menjadi naik/banyak. Sebaliknya, jika aliran sungai tidak deras, maka air sungai otomatis akan menjadi sedikit atau menurun.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Asal Mula Telaga Warna

Sungai merupakan salah satu sumber daya alam berupa air yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Coba Sobat BW bayangkan jika air sungai yang menguap karena sinar matahari tidak kemai lagi ke bumi, apa yang akan terjadi?

Sungai akan mengalami kekeringan dan kita tidak bisa kehilangan salah satu sumber daya air sehingga kita akan sulit mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu kita harus bersyukur bahwa air memiliki siklus air yang jika air menguap oleh terik matahari pada waktunya air akan kembali ke bumi dengan turunnya hujan.

Semoga bermanfaa ya..