Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021

Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021

Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 – PC atau Android? Bagaimana jika bisa menjalankan keduanya pada satu perangkat saja? Dengan menggunakan emulator, kalian bisa menjalankan Android di PC atau Laptop. Dan mungkin akan ada banyak alasan kenapa seseorang menjalankan emulator Android di PC mereka. Misalnya pengembang aplikasi mungkin mencoba menguji aplikasi mereka sebelum merilisnya ke pasar. Atau seorang gamer mungkin ingin menggunakan mouse dan keyboard untuk bermain game. Bagaimanapun alasanya, emulasi Android di PC bisa digunakan dengan mudah pada perangkat PC.

Perlu juga dicatat bahwa Windows akan mengizinkan penggunaan aplikasi Android asli mulai dari Windows 11 . Sedangkan. Windows 11 rencananya akan diluncurkan pada 6 Oktober 2021, Dan akan meluncurkan dukungan aplikasi Android dalam beberapa bulan setelahnya. Jadi masih ada waktu untuk kalian mencoba menggunakan emulator Android pada PC kalian. Apalagi jika PC kalian belum memenuhi prasyarat untuk diupgrade ke Windows 11.  Lalu apa saja Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 yang bisa kalian pakai di PC kalian? Sebelum membahas hal tersebut, kita bahas dulu apa yang bisa kalian lakukan dengan Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021.

Apa saja yang bisa dilakuka  dengan Emulator Android?

Paling tidak secara umum ada tiga kegunaan utama emulator. diantaranya adalah

Bermain Game Android di PC

Yang pertama adalah yang paling umum dan untuk bermain game. Gamer dapat menggunakan emulator di komputer agar game bisa lebih mudah dimainkan. Mereka tidak lagi pusing dengan masa pakai baterai pada smartphone karena PC akan dengan mudah membantu prosesnya. Selain itu dengan menggunakan PC kebanyaka akan  lebih mudah memainkan game karena tangan mereka ada di Keyboard atau Mouse yanga da.

Pengembangan Perangkat Lunak

Kasus penggunaan paling umum kedua adalah pengembangan. Pengembang aplikasi dan game Android suka menguji aplikasi dan game di sebanyak mungkin perangkat sebelum diluncurkan. Satu-satunya kelemahan untuk non-pengembang adalah aplikasi PC ini memakan cukup banyak ruang dengan instalasi Android Studio dan Android Software Development Kit (SDK) yang berukuran besar. Tentu saja, ini bukan masalah bagi pengembang yang sudah memiliki semua perangkat lunak yang diperlukan di mesin gahar mereka.

Baca Juga :  Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy A22 Bocor, Kemungkinan Diluncurkan Juni

Produktivitas

Jenis utama terakhir adalah produktivitas. Walaupun saat ini dengan menggunakan Chromebook lebih murah dan lebih baik untuk menggunakan aplikasi Android sebagai alat produktivitas adalah lintas platform. Dan juga ada banyak aplikasi atau software PC yang memiliki fungsi produktivitas yang lebih baik dari pada Emulator Android. Namun, tetap saja ada yang menggunakannya sebagai alat produktifitas karena user interface pada aplikasi Android biasaya lebih simpel. Meski begitu, di zaman sekarang ini, sebaiknya gunakan Chromebook (dengan spesifikasi yang cukup baik) jika kamu ingin menjalankan aplikasi Android di lingkungan laptop atau komputer.

Saat ini, tidak ada emulator yang menjalankan Android versi terbaru kecuali yang dibuat untuk pengembang. Untungnya, sebagian besar aplikasi dan game masih berfungsi pada versi Android yang lebih lama, jadi ini seharusnya tidak menjadi masalah besar. Namun, sebagian besar emulator saat ini berjalan di antara Android 7.0 Nougat dan Android 9.0 Pie. Berikut adalah daftar Emulator yang bisa kalian gunakan.

Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021

BlueStacks

BlueStacks dikenal oleh banyak pengguna sebagai pemain aplikasi Android terlengkap di pasar, dan dengan alasan yang bagus. Selain berjalan di Windows dan Mac, emulator ini hadir dengan banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman gamer. Fiturnya yang paling populer termasuk Alat Pemetaan Kunci untuk membuat skema kontrol yang disesuaikan, Manajer Instance di mana kamu dapat membuat beberapa instance emulator dan menjalankan beberapa game secara bersamaan, dan fitur kualitas hidup seperti Eco Mode, yang membantu mengurangi konsumsi sumber daya. saat menjalankan game yang paling menuntut. Bluestack juga merupakan emulator teraman di luar sana, dengan kepatuhan GDPR bersertifikat .

Versi terbaru, BlueStacks 5 , adalah emulator paling ringan dan tercepat yang pernah ada, menghadirkan game berkinerja tinggi bahkan pada perangkat kelas bawah. Versi terbaru ini mengatasi beberapa keluhan paling umum dari versi sebelumnya yaitu penggunaan sumber daya yang sangat besar, terutama saat dijalankan pada perangkat keras yang lebih rendah. BlueStacks memiliki komunitas lebih dari 500 juta gamer di seluruh dunia loh.

Baca Juga :  Spesifikasi Realme 8 Pro Muncul Sebelum Peluncuran

Genymotion

Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 yang kedua adalah Genymotion. Aplikasi Emulator Android ini sebagian besar digunakan oleh pengembang. Genymotion akan memungkinkan kamu menguji aplikasi yang kamu buat di berbagai perangkat tanpa memilikinya. kamu dapat mengonfigurasi emulator untuk berbagai perangkat dengan berbagai versi Android untuk membantu memenuhi kebutuhan kamu. Misalnya, kamu dapat menjalankan Nexus One dengan Android 4.2 atau Nexus 6 dengan Android 6.0. Dan kamu dapat dengan mudah beralih di antara perangkat tersebut dengan sangat mudah. Genymotion juga menawarkan layanannya secara gratis untuk penggunaan pribadi. Fiturnya yang paling berguna adalah ketersediaannya di komputer desktop dan cloud kamu.

Nox

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan Emulator Android Nox. Emulatior ini adalah emulator Android yang bisa kalian gunakan untuk bermain game di PC. Nox memiliki beberapa fitur termasuk pemetaan tombol pada keyboard, dukungan pengontrol yang sebenarnya, dan bahkan kemampuan untuk memetakan kontrol gerakan kunci. Misalnya, kamu dapat menetapkan fungsi untuk menggesek ke kanan ke tombol panah dan menggunakannya dalam game tanpa dukungan pengontrol perangkat keras yang sebenarnya. Hal ini bekerja dengan baik dan juga sepenuhnya gratis.

GameLoop

GameLoop, atau yang sebelumnya dikenal sebagai Tencent Gaming Buddy , adalah Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 yang dikhusukan untuk para gamer. Bahkan, Tencent menyebutnya sebagai emulator resmi untuk game yang dirilisnya seperti Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile. Tentu saja, GameLoop juga menampilkan permainan lain selain Tencent, walaupun koleksinya gamenya tidak sebanyak yang kamu bayangkan. Emulator diunduh dan diinstal dengan baik dan game juga bisa berjalan dengan baik. Game Loop adalah salah satu emulator game yang cukup baik dan menawarkan koleksi judul baru yang bagus. Plus, kontrol keyboard dan kinerjanya bagus.

LDPlayer

LDPlayer adalah emulator Android ringan yang berfokus pada kinerja game. Menjalankan Android Nougat 7.1, ia menampilkan serangkaian fitur berorientasi gamer yang biasa, termasuk kontrol pemetaan keyboard yang baik, multi-instance, makro, FPS tinggi, dan dukungan grafis. Ini mendukung banyak game, termasuk Epic Seven, Clash of Clans, Arknights, dan banyak lainnya. Emulator ini adalah salah satu dari sedikit emulator dalam daftar yang mendapat pembaruan aktif untuk meningkatkan kompatibilitas. Di versi terbaru, LDPlayer telah mengoptimalkan kelancaran Free Fire & Mobile Legends dan memperbaiki batasan perangkat di Moonlight Sculptor. Selain itu, LDPlayerjuga merupakan emulator lengkap untuk menggunakan TikTok, Instagram, dan aplikasi populer lainnya.

Baca Juga :  Call of Duty Mobile Season 3, Ada Peta Eksklusif Baru

Android Studio

Android Studio adalah konsol pengembangan default (lingkungan pengembangan terintegrasi, atau IDE) untuk Android. Muncul dengan banyak alat untuk membantu pengembang membuat aplikasi dan game khusus untuk Android. Ternyata, ada juga emulator bawaan yang dapat kamu gunakan untuk menguji aplikasi atau game kamu. Pengaturannya agak rumit sehingga tidak akan menarik bagi semua orang tetapi sejauh ini merupakan opsi tercepat dan paling kaya fitur dalam daftar ini. Kamu bisa menjalankan vanilla Android, mengunduh aplikasi dari Google Play Store seperti biasa, menambahkan peluncur dan keyboard khusus, dan meniru perangkat ukuran atau faktor lainnya yang kamu inginkan.

MeMU Emulator

Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 dalam daftar yang terakhir adalah MeMU emulator. Kamu juga bisa menggunakan Emulatro Android luar biasa yang tampaknya cukup cocok untuk para gamer. Salah satu fitur terbaiknya adalah dukungan untuk chipset AMD dan Intel. Sebagian besar bekerja pada prosesor AMD dan mendukung Android Jelly Bean, Kit Kat, dan Lollipop. Kamu bahkan dapat menjalankan beberapa instance sekaligus untuk beberapa game atau fitur pengujian. Aplikasi ini memang bertujuan untuk digunakan oleh para gamer. Seperti Bluestacks dan emulator serupa MeMu juga bisa digunakan sebagai alat produktivitas. Selain itu, Emulator ini memiliki Versi premium berjalan seharga $ 2,99 per bulan untuk menonaktifkan iklan, menambahkan lebih banyak opsi penyesuaian, dan mengaktifkan opsi dukungan premium. Emulator mendapat pembaruan secara cukup sering, sehingga kamu dapat melihat rilis terbaru yang diluncurkan.

Itulah beberapa Emulator Android terbaik PC dan Mac tahun 2021 yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluanmu mulai dari pengembangan aplikasi sampai dengan bermain game. Yang jelas dengan menggunakan Emulator kalian  bisa menggunakan 2 OS dalam 1 perangkat.