Cara Menggabungkan Duplikat Kontak di Android

Cara Menggabungkan Duplikat Kontak di Android

Cara Menggabungkan Duplikat Kontak di Android – Jika sobat warganet masih ingat, jaman dahulu ketika kita akan menyimpan nomor seseorang, maka kontak akan disimpan ke kartu SIM ponselmu. Hal ini berarti bahwa jika Kamu kehilangan SIM, maka Kamu juga berpotensi kehilangan semua kontak yang kamu simpan sebelumnya. Walaupun menyimpan nomor ke dalam SIM Card akan memudahkanmu untuk mengimpor kontak dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Berkat kecanggihan teknologi dan berkembangnya ponsel, dan juga berkembangnya teknologi cloud. Urusan menyimpan kontak menjadi jauh lebih mudah dan lebih efisien dengan menyinkronkan kontakmu. Namun, kemungkinan besar jika Kamu telah menyimpan nomor yang sama untuk waktu yang sangat lama pada ponsel atau berpindah melalui beberapa telepon.

Baca Juga :  Etika Penggunaan TIK yang Kamu Harus Tahu

Secara tidak sadar Kamu mungkin akan mendapatkan nomor duplikat yang berasal dari akun cloud dalam proses sinkron. Jika dalam prosesnya Kamu menemukan bahwa sinkronisasi ini menghasilkan daftar kontak yang tampak sangat berantakan. Dan  kamu ingin merapikannya sedikit, begini bih, Cara Menggabungkan Duplikat Kontak di Android.

Cara Menggabungkan Duplikat Kontak di Android

  1. Langkah pertama merapikan daftar kontakmu adalah dengan membuka Androidmu, lalu luncurkan aplikasi Google Kontak (Aplikasi ini seharusnya menjadi default untuk sebagian besar ponsel Android, tetapi jika Kamu tidak memilikinya, kamu bisa mengunduhnya di sini)
  2. Selanjutnya, Ketuk ikon profilmu di sudut kanan atas aplikasi dan pastikan ini adalah akun yang ingin Kamu gunakan
  3. Gulir ke bawah dan di bagian bawah ketuk “Perbaiki & kelola”
  4. Ketuk “Gabungkan & perbaiki”
  5. Setelah itu, Ketuk “Gabungkan duplikat” (jika Kamu tidak melihat opsi ini, itu berarti Kamu tidak memiliki kontak yang menurut aplikasi dapat digabungkan)
  6. Ketuk pada pilihan  “Gabung” untuk menggabungkan satu kontak
  7. Ketuk “Gabungkan semua” jika Kamu ingin menggabungkan semua saran kontak duplikat yang disarankan, tetapi ada baiknya kamu meninjau pilihan ini terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika beberapa saran mungkin salah.
Baca Juga :  Attack on Titan Free Fire Crossover Yang ditunggu Pecinta Anime

Setelah penggabungan selesai, semua kontak duplikatmu akan hilang! Seperti yang disebutkan diatas, terkadang ponselmu mungkin tidak melihat opsi untuk menggabungkan kontak. Bisa jadi hal ini dikarenakan aplikasi kontak menganggap Kamu tidak memiliki kontak yang dapat digabung. Namun jika memang kamu mengetahuinya, maka kontak tersebut harus dirapikan dengan perubahan secara manual.

Baca Juga :  Komponen Dasar Jaringan Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.