Lenovo Legion Y540

Lenovo Legion Y540, Laptop Gaming Ramping dan Ringan

Lenovo Legion Y540, Laptop Gaming Ramping dan Ringan – Legion Y540 adalah laptop gaming yang ramping dan ringan, relatif berbicara, yang mengemas desain yang masuk akal, matang, dan pada akhirnya tetap bergaya, bezel sempit, dan beberapa opsi konfigurasi. Lenovo berhati-hati untuk menawarkan fitur dan elemen desain yang masuk akal bagi para gamer.

Lenovo Legion Y540 adalah varian entry-level dari laptop Legion generasi terbaru Lenovo. Ini merupakan peningkatan dari pendahulunya – Lenovo Legion Y530 dalam hal prosesor, kartu grafis, dan tampilan. Lenovo menawarkan Lenovo Legion Y540 dengan beberapa opsi konfigurasi untuk dipilih. Namun, semua konfigurasinya berada di antara harga kelas menengah.

Lenovo Legion Y540

Desain Lenovo Legion Y540

Desain Lenovo Legion Y540 tidak memiliki kemewahan yang dikaitkan dengan kebanyakan laptop gaming. Legion Y540 memiliki pencahayaan di area yang sama dengan Legion Y740. Namun, berbeda dengan lampu RGB pada Legion Y740, kamu akan mendapatkan lampu putih pada Legion Y540. Lenovo telah membangun sasis laptop dengan plastik hitam. Meski terbuat dari plastik, laptop ini tetap terlihat seperti laptop premium.

Dibandingkan dengan rakitan logam dari laptop lain dalam kategori yang sama, rakitan plastik mungkin terlihat lebih rendah. Namun, sasis plastiknya terasa kokoh. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Lenovo telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membuat Legion Y540 terasa seperti laptop premium.

Baca Juga :  Daftar Fitur Unggulan WhatsApp Bisnis yang Perlu Diketahui

Kamu akan melihat logo Legion secara vertikal di tepi kiri tutup bertekstur melingkar. “Y” di tengah “O” menyala dalam cahaya putih. Kamu juga akan menemukan layar 15,6 inci. Layar ditopang oleh 2 engsel yang bisa berputar hingga 180 derajat. Layarnya sendiri dikelilingi oleh bezel tipis di sisi dan atasnya, kecuali bezel bawah. Bezel bawah lebih tebal karena menampung webcam.

Selain itu, di tengah atas webcam terdapat logo Legiun yang dicetak dengan warna perak. Seperti kebanyakan laptop, touchpad terletak di bawah keyboard. Touchpad mendukung driver Microsoft Precision dengan demikian, memungkinkan gerakan Windows 10 seperti gesekan dan cubit untuk memperbesar.

Laptop ini memiliki cukup banyak port dan sebagian besar port terletak di bagian belakang, mirip dengan penempatan port pada Lenovo Legion Y740. Di bagian belakang, kamu akan menemukan port USB Type-C, DisplayPort mini, port USB Type-A, dan HDMI. Selain itu, kamu juga akan menemukan port Gigabit LAN, konektor daya, dan slot kunci Kensington. Selanjutnya, di sebelah kiri, kamu akan menemukan port USB Type-A dan jack audio 3,5 mm. Terakhir, di sisi kanan laptop, kamu akan menemukan port USB Type-A lainnya.

Baca Juga :  Internet dan Perkembangannya

Performa Lenovo Legion Y540

Laptop ini memiliki dua opsi konfigurasi prosesor. Konfigurasi terkecilnya adalah prosesor Intel Core i5-9300H 4-core yang memiliki memori cache 8 MB. Apalagi prosesor Core i5 memiliki frekuensi dasar 2,40 GHz dan frekuensi maksimum 4,10 GHz. kamu juga bisa mendapatkan konfigurasi prosesor Intel Core i7-9750H 6-core dengan memori cache 12 MB. Prosesor Core i7 memiliki frekuensi dasar 2,6 GHz dan frekuensi maksimum 4,5 GHz. Pengguna dapat memilih salah satu konfigurasi CPU berdasarkan budget masing-masing.

Lenovo Legion Y540 juga dibekali dengan dua slot RAM yang mendukung hingga 32 GB RAM DDR4. Laptop ini mampu menangani penggunaan yang berat dan dapat kamu gunakan pada pekerjaan yang membutuhkan kinerja maksimal. Lenovo Legion Y540 mendukung drive ganda, oleh karena itu, pengguna dapat memilih konfigurasi dengan SSD PCIe atau HDD 5400 rpm. Selain itu, beberapa konfigurasi hadir dalam kombinasi HDD dan SSD. HDD dapat mengambil kapasitas penyimpanan maksimum 2 TB sedangkan SSD mengambil maksimum 1 TB.

Untuk grafis, Laptop ini menawarkan sejumlah konfigurasi GPU. kamu dapat membeli model laptop dengan NVIDIA GeForce GTX 1050 yang memiliki memori GDDR5 3 GB. Apalagi GPU GTX 1050 memiliki frekuensi dasar 1392 MHz dan frekuensi boost 1455 MHz. Selain itu, kamu bisa mendapatkan konfigurasi Lenovo Legion Y540 dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 MHz. GPU ini memiliki memori GDDR6 4 GB, frekuensi dasar 1410 MHz, dan frekuensi boost 1560 MHz.

Baca Juga :  Twibbon Hari Buruh 2021 Gratis

Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan konfigurasi dengan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti. NVIDIA GeForce GTX 1660 T memiliki memori GDDR6 6 GB, frekuensi dasar 1500 MHz, dan frekuensi boost 1580 MHz. Konfigurasi grafis tertinggi adalah NVIDIA GeForce RTX 2060. Ia memiliki memori GDDR6 6 GB, frekuensi dasar 1365 MHz, dan frekuensi boost 1680 MHz.

Legion Y540 memiliki estetika khas gamer, dengan sudut tajam dan lancip di samping, serta alas yang lebih panjang untuk mengakomodasi aliran udara yang lebih baik. Sayangnya, kami tidak dapat berbicara terlalu baik tentang kualitas build karena Lenovo memilih untuk menggunakan plastik ABS untuk bodi daripada Aluminium atau Magnesium Alloy. Jika kamu menyukai desain gamer yang besar, maka kamu akan menyukai tampilan dan nuansa Legion Y540. Selain itu kamu akan menikmati pengalaman mengetik di keyboard dengan konsistensi, sentuhan yang memuaskan, dan jarak tempuh yang baik. Touchpad, di sisi lain, meninggalkan lebih banyak yang diinginkan.

Baca Juga: