Jawaban Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran

Jawaban Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran

Jawaban Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran – Pada pembahasan kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban menentukan isi dan sistematika surat lamaran yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

sebelumnya, bacalah terlebih dahulu contoh surat lamaran dan surat untuk teman, cermati dan tentukan isi dan sistematika dari masing-masing surat. Nanti sobat dapat membandingkan perbedaan antara keduanya.

Langsung saja, untuk pembahasan selengkapnya mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran Halaman 8

Penjenisan Surat Lamaran

Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis.

1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan.

2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini Riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah. Di dalam praktiknya, jenis yang sering dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, model ini lebih digemari oleh pelamar kerja karena suratnya tidak terlalu panjang. Di dalam surat lamaran pekerjaan akan ditemukan hal-hal penting yang harus dilampirkan. Sebagai seorang pelamar pekerjaan harus cermat di dalam menulis surat agar semua data menjadi argumentasi yang kuat. Di samping lampiran, segi lain yang harus dipahami seorang penulis surat lamaran pekerjaan adalah isi dan sistematika surat. Perhatikan contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Latihan 2.5 halaman 126 kelas 9

Balikpapan, 20 November 2015

Yth. Direktur CV Multimedia Utama

Jalan D.I. Panjaitan 57, Balikpapan

Dengan hormat,

Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 November 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk jabatan supervisor alat berat.

Adapun kualifikasi diri saya:

nama : Suroyo Sinambela, S.T.;

tempat, tanggal lahir : Tulungagung, 31 Oktober 1981;

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2 halaman 4 Wawancara Keluarga IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

pendidikan : S-1 Teknik Mesin;

alamat : Jalan Meratus Nomor 276, Balikpapan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

1. fotokopi ijazah,

2. daftar riwayat hidup, dan

3. surat keterangan catatan kriminal.

Besar harapan saya atas terkabulnya lamaran ini.

Hormat saya

Suroyo Sinambela, S.T.

Kegiatan 1

Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran

Setelah mencermati dan memahami surat lamaran pekerjaan pada uraian sebelumnya, cobalah kamu bandingkan dengan surat pribadi untuk teman berikut ini. Perbandingan dapat dilihat dari segi unsur surat sebagai jenis teks eksposisi. Tuliskan jawabanmu seperti pada kolom berikut ini! Sebagai pembanding, amati surat berikut ini!

Jayapura, 1 Maret 2015

Teruntuk Sahabatku, Arumi

di Jakarta

Perjalanan waktu rupanya tak seperti yang aku bayangkan. Dalam setahun, selepas kita bersama, aku merasa terlalu lama. Hari-hari yang selalu kita lewati begitu indah dan mengasyikkan. Namun, kini kita harus berpisah. Mudah-mudahan kamu dalam keadaan sehat dan selalu ceria. Sekali waktu aku ingin sekali berjumpa. Mudah-mudahan liburan akhir tahun ini aku bisa berkunjung ke Jakarta dan bisa bertemu denganmu.

Baca Juga :  Jawaban Menyusun Kritik Sastra

Salam,

Anggi Wanggai

Latihan

1. Bacalah kembali dengan cermat surat lamaran pekerjaan dan surat untuk teman di atas!

2. Kenali sistematika yang terdapat pada kedua surat tersebut, apa saja komponen-komponen di dalamnya!

3. Kenali bagian isi kedua surat tersebut, apa saja bagian-bagian isi surat!

Jawaban    :

Jenis SuratIsiSistematika
Surat LamaranNama, tempat dan tanggal lahir, Pendidikan, alamat, lampiran dokumen penting  seperti : fotocopi ijazah terakhir, daftar Riwayat hidup, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, sertifikat, pas foto.1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Lampiran dan Hal
3. Alamat surat
4. Salam pembuka
5. Isi
6. Lampiran
7. Penutup
8. Salam penutup
9. Tanda tangan dan nama terang
Surat untuk TemanMenanyakan kabar, mengungkap perasaan, memberitahukan keadaan, atau menyampaikan pesan tertentu.1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Nama penerima surat
3. Alamat penerima surat
4. Salam pembuka
5. Isi
6. Salam penutup
7. Tanda tangan dan nama pengirim

Kesimpulan  

Itulah pembahasan mengenai jawaban menentukan isi dan sistematika surat lamaran yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :