Jawaban Tugas Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama

Jawaban Tugas Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama

Jawaban Tugas Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan pembahasan mengenai jawaban tugas menampilkan seorang tokoh dalam drama yang dibaca atau yang ditonton yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Setelah sobat membaca naskah drama berjudul Mahkamah, sobat harus mencatat nama-nama tokoh yang terdapat di dalamnya. Untuk pembahasan selengkapnya, langsung saja kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama Halaman 259

Kegiatan 2

Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama yang Dibaca atau yang Ditonton

Pementasan drama berawal dari suatu naskah (skenario). Dialog dan tata laku yang dipentaskan oleh para pemainnya, sesuai dengan cerita yang disusun sebelumnya oleh penulis naskah. Ide penyusunannya bisa berdasarkan pemikiran sang penulis. Dapat pula ide itu diambil dari cerpen, novel, dan karya-karya lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Letak Geografis Kabupaten di Jateng

Langkah-langkah menulis naskah drama tidak jauh berbeda dengan ketika menulis teks lainnya. Hal pertama yang perlu kita tentukan adalah tema atau pokok permasalahan (konlik) yang akan diungkap dalam drama tersebut. Misalnya, tentang cinta, tragedi kemanusiaan, dan konlik sosial.

Berikutnya adalah pengumpulan bahan. Berbeda dengan ketika menulis teks noniksi yang harus bersifat faktual (nyata), bahan untuk drama bisa berupa hasil imajinasi atau paduan dari fakta dan imajinasi. Bisa juga merupakan saduran dari karya-karya yang sudah ada, misalnya dari dongeng, cerpen, novel, hikayat, atau pengalaman nyata.

Supaya hasilnya lebih menarik dan apik, kita juga perlu menyusun kerangka atau stuktur alur ceritanya, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Alur cerita kemudian dikembangkan ke dalam cerita drama secara utuh. Selama proses pengembangan, kerangka tersebut bisa saja berubah. Sebabnya, bisa jadi selama proses tersebut, muncul inspirasi-inspirasi baru yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 11 halaman 34 Agen Sosialisasi IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Terkait dengan penyusunan dialog, di samping kita dapat membagi  ke dalam beberapa babak dan adegan, ada tiga elemen yang tidak boleh dilupakan. Ketiga elemen tersebut adalah tokoh, wawancang, dan kramagung.

1. Tokoh adalah pelaku yang mempunyai peran yang lebih dibandingkan pelaku-pelaku lain, sifatnya bisa protagonis atau antagonis.

2. Wawancang adalah dialog atau percakapan yang harus diucapkan oleh tokoh cerita.

3. Kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan, atau perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh. Dalam naskah drama, kramagung dituliskan dalam tanda kurung (biasanya dicetak miring).

Tugas

Bacalah teks drama di bawah ini!

Mahkamah

Karya: Asrul Sani

………

Setelah membaca naskah drama di atas, ikutilah instruksi di bawah ini!

1. Catatlah nama-mana tokoh yang terdapat pada naskah di atas berjudul “Mahkamah”!

2. Pilihlah salah satu tokoh dalam naskah drama tersebut!

Baca Juga :  Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh pada platfom Merdeka Mengajar

3. Demonstrasikanlah di depan kelas!

Jawaban       :

Nama-mana tokoh pada naskah berjudul “Mahkamah”

1. Pembela

2. Murni

3. Hakim Ketua

4. Penuntut Umum

5. Bahri

6. Hakim

7. Kapten Anwar.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas menampilkan seorang tokoh dalam drama yang dibaca atau yang ditonton yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang bersifat mutlak melainkan bersifat terbuka dan dapat dikembangkan. Pembahasan di atas diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :