Jawaban Mengubah Teks Menjadi Teks Narasi

Jawaban Mengubah Teks Menjadi Teks Narasi

Jawaban Mengubah Teks Menjadi Teks Narasi – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban mengubah teks menjadi teks narasi yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 105.

Jawaban Mengubah Teks Menjadi Teks Narasi Halaman 105

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat baca terlebih dahulu teks di bawah lalu ubahlah menjadi teks narasi yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tanda baca yang tepat.

Mari kita simak bersama mengenai pembahasan selengkapnya jawaban mengubah teks menjadi teks narasi berikut ini.

Apakah kalian sudah memahami kedua bentuk teks tersebut? Jika sudah, kalian dapat berlatih menyusun sebuah teks negosiasi berbentuk narasi dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tanda baca yang tepat.

Untuk itu, cermati teks di bawah ini. Kemudian, ubahlah menjadi bentuk teks narasi yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tanda baca yang tepat!

Dalam suatu rapat OSIS SMA, pengurus sedang membahas penentuan jenis kegiatan untuk peringatan ulang tahun sekolah. Seluruh perwakilan kelas dan pengurus OSIS hadir pada kesempatan tersebut. Kegiatan rapat dibuka oleh ketua OSIS yang menyampaikan tujuan rapat adalah untuk menentukan jenis kegiatan yang diadakan pada peringatan ulang tahun sekolah nanti. Untuk itu, ketua OSIS meminta usulan dan pendapat seluruh perwakilan kelas atau pengurus OSIS. Pada saat itu, Rico dan teman-temannya mengajukan usul untuk mengadakan pentas seni musik. Akan tetapi, Siti dan beberapa teman tidak setuju dan lebih mengusulkan kegiatan pertandingan olahraga antarsekolah. Kedua belah pihak saling memberikan pendapat dan alasan masing-masing.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7.7 halaman 215 Pengaruh Gerak Bumi IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Fadli akhirnya mencoba menengahi. Ia mengusulkan agar sebelum peringatan ulang tahun sekolah, OSIS mengadakan pertandingan olahraga antarsekolah. Akan tetapi, pada saat pemberian hadiah juara pertandingan dan puncak hari ulang tahun sekolah, OSIS merayakannya dengan pentas seni musik agar lebih meriah. Usul tersebut disetujui dan

dapat diterima Rico dan Siti. Akhirnya, seluruh perwakilan kelas dan pengurus OSIS sepakat jika pada kesempatan ulang tahun sekolah kali ini mengadakan kegiatan pertandingan olahraga dan pentas seni musik. Ketua OSIS pun menutup rapat dan meminta pengurus terkait bidangnya masing-masing untuk mempersiapkan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 12 halaman 197 Lembaga Keuangan Mikro IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jawaban    :

Dalam suatu rapat OSIS SMA, pengurus sedang membahas penentuan jenis kegiatan untuk peringatan ulang tahun sekolah. Seluruh perwakilan kelas dan pengurus OSIS hadir pada kesempatan tersebut. Kegiatan rapat dibuka oleh ketua OSIS yang menyampaikan tujuan rapat adalah untuk menentukan jenis kegiatan yang diadakan pada peringatan ulang tahun sekolah nanti.

“Selamat siang teman – teman, rapat kali ini kita akan membahas mengenai persiapan menyambut hari ulang tahun sekolah. Adakah usulan kegiatan untuk menyambut peringatan ulang tahun sekolah?”tanya ketua OSIS.

“Bagaimana, kalau kita mengadakan pentas seni saja ?” ujar Riko dan teman-temannya.

“Kalau saya kurang setuju, bagaimana kalau sebaiknya kita mengadakan pertandingan  olahraga antarsekolah ?” ujar Siti dan teman – temannya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih halaman 64 kelas 8

“Begini saja, kita adakan pertandingan olahraga antarsekolah sebelum puncak acara peringatan ulang tahun sekolah. Untuk puncak acaranya, saat pembagian hadiah kita adakan pentas seni agar suasana lebih meriah”. Usulan Fadli

“Baiklah kalau begitu kita setuju”. Akhirnya Riko, Siti dan teman – temannya menyetujui usulan Fadli.

“Jadi, sudah diputuskan bahwa ada 2 kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah pertama pertandingan olahraga antarsekolah dan yang kedua pentas seni. Kalau begitu rapat kita hari ini selesai”. Ucap ketua OSIS.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban mengubah teks menjadi teks narasi yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 105.

Disclaimer : Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :