Jawaban Post Tes Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

Jawaban Post Tes Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

Jawaban Post Tes Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah – Sobat warganet, Pada modul ini, Bapak/Ibu akan mempelajari 4 hal yaitu (1) Empat pertanyaan refleksi rutin untuk menumbuhkan mengasah berpikir kritis (2) Peran berpikir kritis dalam langkah-langkah penyelesaian masalah (3) Peran lima praktik disiplin digital citizenship dalam mengasah keterampilan berpikir kritis. Dan (4) Memahami bahwa bentuk tingkat berpikir kritis paling tinggi adalah mengenali cara berpikir dan belajar diri sendiri.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2 halaman 232 Masalah Lingkungan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Daftar materi yang harus dipelajari adalah 4 pertanyaan refleksi,  Langkah2 problem solving, 5 disiplin berpikir kritis terhadap informasi Dan Metakognisi: berpikir tentang berpikir. Setelah mempelajari materi tersebut, barulah sobat warganet bisa mengerjakan soal post test Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah. Soal post test yang ada bisaanya akan diacak dan memiliki nomer yang berbeda pada tiap akun. Namun akan memiliki soal yang sama. Dan berikut ini adalah soal yang ada pada Modul 2.

1. Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan.

Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Kreativitas dan Inovasi

Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi …

  1. Apa yang saya pelajari?
  2. Apa yang saya sudah mengerti?
  3. Apa yang saya belum mengerti?
  4. Bagaimana supaya saya bisa mengerti?

Jawaban : d. Bagaimana supaya saya bisa mengerti?

2. Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …

  1. Menggagas alternatif solusi
  2. Menimbang alternatif solusi
  3. Mengimplementasi solusi
  4. Mengevaluasi solusi

Jawaban : a. Menggagas alternatif solusi

3. Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer.

Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI.

Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Macam Sumber Energi Alternatif

Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …

  1. pelan-pelan dan berefleksi
  2. terbuka terhadap sudut pandang lain
  3. antisipasi berbagai dampak
  4. bertanggung jawab terhadap keputusan

Jawaban: b. terbuka terhadap sudut pandang lain

4. Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia.

Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali …

  1. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?
  2. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?
  3. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?
  4. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Jawaban : c. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?

Demikianlah Jawaban Post Tes Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah yang dapat beritawarganet berikan. Semoga dapat membantu sobat guru dalam menyelesaikan pelatihan mandiri yang ada pada Platform Merdeka Mengajar. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

You May Also Like