Jawaban Tugas Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi

Jawaban Tugas Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas memahami informasi dalam teks eksplanasi halaman 51 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya sobat pahami terlebih dahulu mengenai teks eksplanasi, sehingga dapat mempermudah menjawab soal di bawah. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi Halaman 51

Perhatikan pula contoh lainnya di bawah ini!

Kalau memang sudah terkena anemia, jenis-jenis asupan alamiah seperti dari makanan, sudah tak praktis lagi. Ini disebabkan, makanan berzat besi perlu dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan itu tak memungkinkan. Makanya, asupan zat besi perlu ditambahkan sampai anemianya terkoreksi. Biasanya, mereka merasa sehat kembali setelah satu atau dua hari berikutnya jika mengonsumsi asupan zat besi. Namun, itu menghilangkan gejalanya saja. Padahal, penyakitnya masih ada sewaktu-waktu bisa muncul kembali. Oleh karena itu, agar anemia terkoreksi, dibutuhkan zat besi yang cukup sebagai cadangan di dalam tubuh. Cadangan zat besi itu berguna untuk mengganti sel darah merah yang hilang. Biasanya, asupan itu terus dikonsumsi selama satu–tiga bulan sampai anemianya terkoreksi betul.

Teks di atas juga tergolong ke dalam bentuk teks eksplanasi. Di dalamnya tergambar suatu paparan proses. Teks tersebut memaparkan secara kausalitas tentang proses penyembuhan penyakit anemia. Pembacanya pun memperoleh pemahaman yang sangat jelas tentang cara-cara penyembuhan penyakit itu. Dengan contoh di atas, teks yang menjelaskan suatu proses, urutan kegiatan yang bersifat kausalitas, dapat digolongkan

Baca Juga :  Jawaban Mencari Kata Kerja Pasif Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

ke dalam teks eksplanasi.

Tugas

1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

a. Apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?

b. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?

c. Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja?

d. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

e. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

2. Bacalah beberapa teks di bawah ini dengan cermat. Kemudian, tentukan manakah yang termasuk ke dalam teks eksplanasi. Setelah itu, secara berkelompok kemukakan alasan-alasannya!

a. Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah ini sekarang sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu melipatgandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan kualitasnya.

b. Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi adalah sektor-sektor di bidang pertanian. Misalnya, perikanan masih meningkat cukup mengesankan, yaitu 6,65 persen; demikian pula perkebunan, yang meningkat 6,46 persen. Walaupun terkena kebakaran sepanjang tahun, sector kehutanan masih tumbuh 2,95 persen. Secara umum, kontribusi dari sektor-sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 18,07 persen menjadi 18,04 persen. Padahal selama 30 tahun terakhir, pangsa sektor pertanian merosot dari tahun ke tahun.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7.7 halaman 215 Pengaruh Gerak Bumi IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

c. Sejak sekolah dasar aku dididik mandiri oleh ibuku. Pada saat aku berusia sebelas tahun ibuku mendidik aku supaya bisa mencari uang sendiri memenuhi kebutuhan sekolahku. Setiap berangkat sekolah ibuku menyertakan bermacam-macam buah satu tas untuk dijual di sekolah. Aku melakukannya dengan senang hati. Lama-kelamaan ibuku menyuruhku untuk membeli dan menjual sendiri tanpa harus dibantu siapa pun. Kegiatan semacam itu aku lakukan sampai sekarang meskipun aku sudah sekolah di SMA dengan barang-barang dagangan yang berbeda. Sekarang aku menjual pakaian dari mutu berkualitas rendah sampai dengan berkualitas tinggi. Yang paling mengesankan bagiku, sejak dulu sampai sekarang masih tetap ada pembeli setiaku.

d. Pohon anggur, di samping buahnya yang digunakan untuk pembuatan minuman, daunnya pun dapat digunakan sebagai bahan untuk pembersih wajah. Caranya, ambillah daun anggur secukupnya. Lalu, tumbuk sampai halus. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, ramuan tersebut kita dinginkan dan setelah dingin baru kita gunakan untuk membersihkan wajah. Insyaallah, kulit wajah kita akan kelihatan bersih dan berseri-seri.

e. Pada masa lalu bila seseorang ingin menabung atau mengambil uang di bank, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratannya. Demikian juga bila seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke bank tersebut

dengan memenuhi segala persyaratannya. Segala transaksi harus dilakukan di tempat bank itu berada. Sekarang, para nasabah bank dipermudah dengan teknik layanan baru. Bila mau mengadakan transaksi mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek saldo

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 25 halaman 193 Perpindahan Kelas Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

akhir hingga bayar rekening telepon, dan lain-lain dapat dilakukan dari jarak jauh tinggal tekan tombol. Telebanking merupakan inovasi baru untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.

3. Samakanlah jawaban dan alasan-alasan kelompokmu dengan kelompok yang lain. Kemudian, rumuskanlah simpulan dari setiap jawaban/ alasan-alasan yang dikemukakan oleh semua kelompok!

Jawaban    :

  1. a. Jika sebuah teks berisi jawaban atas pertanyaan mengapa atau bagaimana tentang fenomena alam atau sosial.

b. Memiliki struktur pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.

c. Teks eksplanasi disusun dari unsur pendahuluan dan perincian.

d. hubungan kasualitas adalah hubungan sebab akibat dengan penggunaan konjungsi kausal. Misal : karena, sebab, dll.

e. Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah sebagai bukti bahwa apa yang disampaikan dalam teks adalah suatu kebenaran.

2. Tabel Identifikasi

TeksJawaban Alasan
 YaBukan 
 a. V Merupakan teks eksplanasi karena terdapat sebab akibat.
 b.V Merupakan teks eksplanasi karena membahas isu sosial, mengandung hubungan sebab akibat, dan terdapat fakta.
 c. VBukan merupakan teks eksplanasi karena cerita pribadi.
 d. VBukan merupakan teks eksplanasi karena merupakan teks prosedur.
 e.V Merupakan teks eksplanasi karena mengandung sebab akibat.

3.

Tekssimpulan
a. Teks tersebut merupakan teks eksplanasi karena mengandung hubungan sebab akibat di ranah pertanian.
 b.Teks tersebut merupakan teks eksplanasi karena membahas isu sosial dan terdapat fakta, selain itu mengandung hubungan sebab akibat.
 c.Teks tersebut bukan teks eksplanasi karena subjektif dan merupakan cerita pribadi.
 d.Teks tersebut bukan teks eksplanasi karena karena mengandung tahapan-tahapan sehingga merupakan teks prosedur.
 e.Teks tersebut merupakan teks eksplanasi karena karena mengandung hubungan sebab akibat.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas memahami informasi dalam teks eksplanasi halaman 51 yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like