Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas kegiatan 1 menyusun rancangan garis besar suatu prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah teks Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin dengan seksama sehingga sobat dapat menjawab pertanyaan di bawah. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Kegiatan 1 Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur Halaman 25

Kegiatan 1

Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

Dengan mengetahui struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, mudah bagi kita untuk memahami maksud teks tersebut. Sebuah teks prosedur haruslah jelas. Untuk memperoleh kejelasan itu, kita dapat melakukannya sebagai berikut.

1. Mengartikan Kata-kata Sulit

Kata-kata yang dianggap sulit dapat kamu temukan maknanya melalui kamus. Arti kata yang berdasarkan kamus disebut dengan makna leksikal. Arti kata yang berdasarkan konteks kalimat disebut dengan makna struktural.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud dengan Mengintegrasikan? - SMA Informatika

2. Memaknai Maksud Teks secara Keseluruhan

Hal ini dilakukan untuk mengetahui topik umum beserta langkah-langkah yang ada di dalam suatu teks prosedur. Misalnya, teks tentang teknik berwawancara yang telah kamu pelajari sebelumnya. Topik umumnya adalah cara mengikuti suatu wawancara ketika melamar kerja. Topik tersebut meliputi beberapa langkah yang isinya mengarahkan seorang pencari kerja dalam mengikuti tes wawancara sehingga ia diterima di suatu perusahaan.

Tugas

  1. Bacalah dengan saksama teks berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin” di bawah ini! Kemudian, ikuti instruksi yang menyertainya!

Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin

Setiap orang tentu ingin pulang kantor tepat waktu. Sayangnya, ada saja hal yang membuat keinginan tersebut sulit terwujud, mulai dari mengantuk hingga tidak fokus mengerjakan satu hal. Padahal, jika kita bekerja dengan tepat, pulang telat takkan terjadi, lho. Berikut tiga cara supaya kita dapat pulang tepat waktu.

a. Skala Prioritas

Sesampainya di kantor, pasti setumpuk pekerjaan sudah menanti, mulai dari yang mudah hingga sulit, mendesak hingga santai. Pikirkanlah dengan mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu. Ini berarti kita harus pandai menentukan apa saja pekerjaan

Baca Juga :  Jawaban PMM Post Test Topik 5, Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

yang memang perlu diselesaikan hari itu juga.

b. Sedikit Berpikir

Percaya tidak, semakin sering hal kecil dipikirkan, akan semakin susah untuk kita menyelesaikannya. Ini biasanya terjadi karena kita berpikir bahwa pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan. Padahal sebenarnya pekerjaan ini bisa dikerjakan dalam waktu singkat. So, don’t think, just do!

c. Istirahat

Mengerjakan pekerjaan tanpa batas waktu tidak menjamin kita bisa segera pulang tepat waktu. Ketika tubuh dan otak bekerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu untuk beristirahat sejenak. Ada baiknya, isilah istirahat dengan hal yang tidak membuat kita lupa waktu, tetapi lakukan hal-hal yang membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

Nah, dengan begitu pekerjaan cepat selesai, kita bisa pulang tepat waktu dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan.

Setelah selesai membaca teks di atas, ikuti kegiatan berikut ini.

1. Secara berkelompok, catatlah kata-kata sulit yang ada di dalam teks tersebut!

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Konektivitas Internet pada Jaringan Nirkabel! Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Tentukanlah maksud dari isi teks tersebut!

3. Jelaskan pula arti penting teks tersebut bagi pembacanya!

4. Sajikanlah hasil kegiatanmu dalam rubrik penilaian berikut.

Jawaban    :

  1. Kata-kata sulit dalam teks : fokus, skala prioritas, So, don’t think, just do!
  2. Maksud dari teks di atas adalah memberikan motivasi agar tetap semangat melakukan aktivitas di hari senin.
  3. Pentingnya arti teks Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin bagi pembacanya yaitu agar pembaca termotivasi melalui beberapa cara yaitu membuat skala prioritas, sedikit berpikir (lakukan selebihnya), dan luangkan waktu yang cukup untuk istirahat.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas kegiatan 1 menyusun rancangan garis besar suatu prosedur yang terdapat pada Buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

You May Also Like